Mangrove PIK Jakarta - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Jam Buka

Kawasan ibu kota Jakarta menyajikan banyak hal bagi wisatawan. Meskipun terkenal padat, penuh dengan gedung yang tinggi, di Jakarta juga banyak opsi wisata alam. Kepulauan Seribu sejauh ini tetap menjadi tujuan favorit. Lalu, ada Taman Mangrove Jakarta di Pantai Indah Kapuk. Mangrove PIK istilah populernya

Mangrove PIK Jakarta Utara
credit: unsplash.com/@dapiki

Jadi, tak perlu mengunjungi tempat yang jauh untuk sekedar menghabiskan masa liburan di akhir pekan. Wisata ke Taman Mangrove PIK adalah ide bagus. Objek wisata ini berada di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Sebelum Anda berangkat ke sana baca ulasannya berikut ini untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Wisata Mangrove Jakarta

Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk adalah nama lengkap objek wisata ini. Menempati area seluas 99,82 hektar di hutan Angke Kapuk dekat Pantai Indah Kapuk (PIK). Hutan Mangrove PIK adalah area konservasi mangrove sekaligus habitat aneka jenis burung air dan satwa lain yang dilindungi.

Kawasan ini menjadi objek wisata sejak 1997 dan berhasil memperlihatkan sisi lain Jakarta. Hadir sebagai surga hijau bagi warga ibu kota dan sekitarnya untuk sejenak menjauh dari penatnya rutinitas harian dan hiruk-pikuk perkotaan. Tempatnya nyaman dan ideal bagi semua wisatawan, termasuk wisata keluarga.

Di kawasan hutan Mangrove PIK, pengunjung bisa menjelajah hutan mangrove nan rindang, menghirup udara yang segar, serta bersantai sambil menikmati suasananya. Bahkan, objek wisata ini memungkinkan wisatawan menanam mangrove. Ada pilihan penanaman nostalgia, yang disertai dengan papan nama.

Selain itu, banyak aktivitas lain yang menarik, terutama di perairan. Pihak pengelola telah mempersiapkan berbagai wahana watersport. Anda bisa mencoba keseruan jelajah perairan dengan speed boat, perahu dayung, kano dan berbagai wahana air lain. Ada juga opsi sepeda air kodok yang tak kalah menariknya.

Bagi penyuka fotografi maupun selfie, wisata Mangrove PIK Jakarta memiliki banyak spot yang instagenic. Tidak jarang kawasan ini menjadi spot photoshoot prewedding dan model. Apapun kegiatan wisatanya, pastikan bertahan hingga senja tiba. Datanglah di sore hari agar bisa menyaksikan keindahan sunset.

Fasilitas Wisata di Taman Mangrove Jakarta
credit: instagram.com/tashatamasya

Fasilitas, Harga Tiket, dan Biaya Lain

Fasilitas wisata di Taman Mangrove Jakarta sangat lengkap dan memadai. Selain tersedia berbagai pilihan wahana air, ada juga fasilitas view point untuk melihat sunset, akses hutan yang sangat baik, dan sejumlah opsi tempat menginap. Menginap di area hutan mangrove tentunya akan memberi pengalaman menarik.

Harga penginapan di Mangrove PIK bervariasi karena ada beberapa jenis dengan fasilitas berbeda. Rumah tenda, harganya IDR 150K-200K. Untuk vila biayanya mulai IDR 500K-1,25 juta karena jenisnya beragam. Ada juga penginapan Rumah Bentang dengan tarif per malam kurang lebih IDR 4,5 juta - IDR 4,8 juta.

Sedangkan harga tiket masuk Mangrove PIK Jakarta untuk dewasa sebesar IDR 30K-35K dan anak-anak IDR 15K-20K. Harga tiket turis mancanegara IDR 150K-170K. Besaran harga tergantung hari biasa dan hari libur atau weekend. Biaya parkir kendaraan: sepeda motor IDR 5K, mobil IDR 10K, serta bus IDR 50K.

Biaya lain mencakup penggunaan wahana air. Speed boat IDR 350K (kapasitas 6 orang) dan IDR 450K (8 orang). Untuk perahu dayung IDR 100K yang berkapasitas hingga 4 penumpang. Sepeda air kodok dan kano sebesar IDR 100K (unit). Biaya tanam mangrove IDR 100K, adapun penanaman nostalgia IDR 500K.

Tidak ada biaya untuk foto memakai kamera smartphone dan drone. Tapi ada biaya foto menggunakan kamera poket, GoPro, dan Polaroid sebesar IDR 150K per kamera. Atau, IDR 300K untuk DSLR keperluan pribadi. Biaya photoshoot prewedding, produk, model, dll IDR 1,5 juta (termasuk perahu dayung + tenda).

Fasilitas di Taman Wisata Mangrove PIK Jakarta juga mencakup ruang pertemuan dan area gathering (indoor/outdoor). Bahkan, menyediakan paket pernikahan, shooting film/ sinetron/video clip, dll. Terkait biaya fasilitas tersebut Anda bisa melihat rinciannya di situs resmi Taman Mangrove PIK Jakarta, DI SINI.

Harga Tiket Masuk Wisata Mangrove PIK
credit: instagram.com/rahmatkuady

Lokasi dan Jam Buka Mangrove PIK

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk beralamat di Jalan Katamaran Indah 1, RT. 7, RT. 1/RW. 7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. Agar mudah, Anda bisa memanfaatkan Peta Lokasi. Jam operasional kawasan wisata alam ini adalah mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB.