Pulau Bawah Anambas, Daya Tarik Wisata dan Cara ke Bawah Island

Dalam peta pariwisata Indonesia, Kepulauan Anambas yang mencakup ratusan pulau adalah salah satu tujuan wisata bahari terkenal di mancanegara. Di antara sekian pulau yang tersebar di perairan Anambas, Pulau Bawah termasuk pulau yang menjadi pusat perhatian. Destinasi wisata favorit bagi wisatawan dunia

Pulau Bawah Anambas Kepulauan Riau
credit: unsplash.com/@bawahreserve

Jika memang ada rencana liburan ke Kepulauan Anambas, pertimbangkan juga melebar ke Pulau Bawah. Secara administratif, lokasinya di Kiabu, Kiantan Selatan, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri). Baca info lengkap terkait daya tarik, fasilitas, biaya, serta cara ke pulau cantik ini melalui ulasan berikut.

Daya Tarik Wisata Pulau Bawah

Pulau Bawah adalah wilayah konservasi berupa kepulauan di Kepulauan Anambas. Di kalangan wisatawan Indonesia, kepulauan ini bisa dikatakan tersembunyi karena belum banyak yang mengetahui. Sebaliknya, keberadaannya terkenal di luar negeri. Bawah Reserve adalah nama yang lebih populer mewakili pulau ini.

Dengan area seluas 300 hektar, Pulau Bawah atau Bawah Reserve di Anambas merupakan ekowisata yang terdiri dari enam pulau. Tidak hanya itu, di wilayahnya juga terdapat 3 laguna dan kurang lebih 13 pantai yang indah. Di sini, wisatawan juga bisa menjelajahi hutan hujan nan rimbun seluas lebih dari 100 hektar.

Berkat keindahannya, pulau ini pernah mendapat penghargaan sebagai pulau tropis terbaik di Asia dari CNN Travel. Benar-benar indah, tak hanya menyajikan gugusan pulau yang cantik dengan pantai berpasir putih bersih dan laguna yang menawan, daya tarik bawah lautnya juga benar-benar memanjakan mata.

Segala jenis aktivitas wisata bahari bisa terealisasikan di sini. Bersantai atau menyusuri pantai yang indah, island hopping, snorkeling, diving, berenang, dan masih banyak lagi. Ada juga kelas memasak dan yoga. Satu-satunya kegiatan terlarang di sini adalah memancing atau menangkap ikan demi kelestarian alam.

Biaya Wisata ke Bawah Island Anambas Kepri
credit: unsplash.com/@bawahreserve

Fasilitas dan Biaya Akomodasi

Sebagai tujuan wisata bergengsi bertaraf internasional, Pulau Bawah di Anambas hadir dengan fasilitas mewah kelas atas. Terdapat 35 bungalow yang terbagi menjadi beberapa tipe. Ada yang terletak dekat pantai, di tepi pantai, serta ada juga Overwater Bungalow yang dirancang terapung di perairan dangkal.

Untuk menjaga privasi para tamu, jarak tiap bungalow diatur tidak terlalu berdekatan. Di masing-masing bungalow sudah dilengkapi dengan fitur yang memadai dan mewah. Ada pendingin ruangan AC, brankas, coffee maker, bathtub, hairdryer, alat mandi. Serta, memiliki balkon hingga menyediakan internet nirkabel.

Selain itu, fasilitas resort pun mewah. Di areanya sudah ada bar dan restoran, Aura Wellness Center, serta jetty yang ikonik. Lalu, ada juga kolam renang, pusat kebugaran, dan berbagai fasilitas penunjang aktivitas wisata seperti diving, snorkeling, kano, paddleboard. Tersedia juga fitur perahu untuk island hopping, dll.

Pulau Bawah Anambas termasuk destinasi wisata eksklusif yang menuntut budget mahal untuk menikmati pesona alamnya. Karena hadir dengan konsep ecopark atau ekowisata, resor di Bawah Reserve dibangun sedemikian rupa seolah menyatu dengan alam. Bangunan umumnya terbuat dari bahan kayu dan bambu

Bila ingin liburan dan bermalam di Bawah Reserve Anambas, perlu persiapkan anggaran setidaknya Rp 25 juta untuk tipe Garden Suite. Rp 30 juta untuk kamar Beach Suite dan Rp 36 juta untuk kamar Overwater Bungalow. Serta Rp 132 juta untuk villa dengan 4 tempat tidur dan dilengkapi dengan fitur infinity pool.

Informasi terbaru menyebutkan bahwa pada tahun 2022 akan ada fasilitas berupa tempat tinggal khusus dewasa di sebuah pulau yang belum tersentuh sebelumnya, di Pulau Elang. Tarifnya demikian fantastis, kabarnya sekitar Rp 299 juta per malam. Biaya itu mencakup aktivitas serta fasilitas mewah dan eksklusif.

Cara Menuju ke Pulau Bawah Kepulauan Anambas
credit: unsplash.com/@bawahreserve

Cara Menuju ke Bawah Reserve

Wisata Pulau Bawah berlokasi di Kecamatan Siantan Selatan, Kepulauan Anambas, Kepri. Lihat Peta Lokasi. Untuk mencapainya, Anda bisa memulainya dari Bandara di Kota Batam. Berikutnya, pesawat amfibi milik resort yang berkapasitas 10 orang akan menjemput Anda. Sekitar 80 menit untuk menuju ke pulau ini.