Pulau Togean - Daya Tarik, Fasilitas, dan Cara ke Kepulauan Togean

Bagi traveler penggemar wisata bahari, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengoleksi banyak pulau-pulau yang menawan. Tidak hanya Pulau Sombori di Morowali, Sulawesi Tengah juga menawarkan keindahan Taman Nasional Kepulauan Togean. Pulau Togean merupakan salah satu pulau besar di taman nasional tersebut.

Pulau Togean Kepulauan Togian Sulawesi Tengah
credit: instagram.com/hardyzk

Sebuah ide yang sempurna jika Kepulauan Togean memang menjadi destinasi liburan Anda kali ini. Secara administratif, kepulauan ini berada di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng. Info mengenai daya tarik, fasilitas wisata, akomodasi, dan cara menuju ke lokasi Pulau Togean, bisa Anda temukan melalui ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Kepulauan Togean

Menempati perairan Teluk Tomini, Kepulauan Togean mencakup 6 pulau besar serta sekitar 60 pulau kecil. Gugusan pulau indah itu tersebar sepanjang kurang lebih 100 kilometer. Pulau besar di area ini meliputi Pulau Togean, Pulau Batudaka, Pulau Talatako, Pulau Walae Bae, Pulau Walae Kodi (kecil), dan Pulau Poat.

Togean adalah kepulauan dengan penduduk multietnis, tapi yang paling dominan adalah Suku Togean, Bobongko, dan Saluan. Suku lain termasuk Suku Bajo, Bare'e, Gorontalo, Bugis, Bada, Kaili, dan suku-suku lain. Mereka yang mendiami kepulauan ini terdistribusikan hampir menyeluruh di semua pulau yang ada.

Status Togean sebagai taman nasional diresmikan tahun 2004. Sedangkan pada Juni 2019, UNESCO telah menetapkannya sebagai Cagar Biosfer ke-16 di Indonesia. Selain pulau dengan border pantai yang indah, pesona alam Kepulauan Togean juga meliputi pegunungan, mangrove, serta sangat kaya terumbu karang.

Mengenai keindahan bawah laut, kepulauan ini terkenal kaya akan terumbu karang dan biota laut yang langka dan dilindungi. Bahkan, termasuk bagian dari ekosistem terumbu karang penting di dalam "coral triangle" yang wilayahnya mencakup Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Jepang, dan Australia.

Pantai di Taman Nasional Kepulauan Togean
credit: instagram.com/hardyzk

Keragaman terumbu karang dan kehidupan bawah laut merupakan salah satu daya tarik utama di Togean. Snorkeling dan diving menjadi aktivitas favorit karena terdapat banyak sekali spot penyelaman. Selain itu, wisatawan bisa melakukan kegiatan memancing, menjelajah alam hutan, mendaki gunung, dan lain-lain.

Lebih dari itu di Taman Nasional Kepulauan Togean juga ada Danau Mariona. Ini adalah danau dengan ubur-ubur yang tanpa sengat seperti halnya yang ada di danau Pulau Kakaban Kepulauan Derawan dan di Danau Lenkamana Pulau Misool Raja Ampat. Wisatawan bisa berenang dan lebih dekat dengan mereka.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Kepulauan Togean. Island hopping juga menjadi aktivitas yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berinteraksi mengenal lebih dekat penduduk lokal hingga mencicipi kuliner lokalnya. Jangan lupa, bermain atau menjelajahi pantai serta menikmati keindahan sunrise sunset.

Biaya Wisata Pulau Togean Sulawesi Tengah
credit: instagram.com/hardyzk

Fasilitas Wisata di Kepulauan Togean

Fasilitas wisata Pulau Togean memadai, kecuali listrik masih terbatas. Penerangan biasanya hanya sampai tengah malam. Banyak opsi penginapan dengan harga yang bervariasi mulai harga IDR 200K. Selain jenis dan fasilitas, harga tergantung low dan high season. Umumnya penginapan sudah termasuk makan 3x.

Selain di Pulau Togean, opsi tempat menginap juga tersebar di beberapa pulau yang lainnya. Fasilitas lain adalah alat transportasi berupa kapal untuk menunjang kegiatan island hopping, snorkeling, dan diving. Harga sewa kapal berkisar IDR 425K-550K berkapasitas 6-8 orang. Sewa alat snorkeling sekitar IDR 50K.

Fasilitas Wisata Kepulauan Togean Teluk Tomini
credit: instagram.com/hardyzk

Cara Mencapai Pulau Togean Sulteng

Ada dua rute atau cara menuju ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Pertama, Anda bisa mulai dari Kota Palu kemudian naik pesawat ke Ampana. Dari Ampana naik kapal ke Wakai di Kepulauan Togean dalam durasi kurang lebih 5 jam. Biaya tiket kapal sekitar IDR 150K.

Opsi yang kedua, Anda bisa berlibur ke Pulau Togean dengan memulainya dengan terbang ke Gorontalo. Lalu, menuju pelabuhan Ferry dan melakukan perjalanan laut selama 12 jam menuju ke Wakai. Harga tiket Ferry adalah IDR 64K (ekonomi, non-AC), IDR 89K (bisnis), dan IDR 500K (kabin/4 org). Lihat Peta Lokasi.