Pulau Kakaban Kaltim - Daya Tarik Wisata & Cara ke Kakaban Island

Salah satunya melalui keberadaan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur menjadi tujuan wisata bahari yang terkenal mendunia. Sekitar 30 pulau berada di kepulauan tersebut, termasuk Pulau Maratua yang mempesona. Kecamatan Maratua juga mencakup Pulau Kakaban yang istimewa.

Pulau Kakaban Derawan Berau Kaltim
credit: instagram.com/aryawiznu

Bagi Anda pecinta wisata bahari, Pulau Kakaban bisa menjadi destinasi terbaik kali ini. Dahulu pulau ini termasuk dalam gugusan Pulau Derawan, kini secara administratif masuk Kecamatan Maratua, tepatnya di Kampung Payung-payung. Jika ingin berlibur ke sana, baca ulasan berikut untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Wisata Pulau Kakaban

Pulau Kakaban merupakan pulau wisata yang terkenal di Kepulauan Derawan, selain Pulau Maratua, Pulau Derawan, dan Pulau Sangalaki. Luasnya 774,2 hektare, tapi hanya sekitar 20% area yang berupa daratan. Selebihnya berupa danau besar yang terkurung oleh daratan yang menjadi daya tarik utama di pulau ini.

Danau Kakaban nan Eksotik

Danau Kakaban merupakan danau prasejarah, yakni zaman peralihan Holosin. Air laut yang terperangkap di sini tidak bisa keluar karena tertahan oleh dinding terjal setinggi 50 meter dengan luas 5 km². Sejak 2 juta tahun lalu, air laut di danau Pulau Kakaban terus bertambah tercampur air dari tanah dan air hujan.

Oleh karena bercampur dengan air tanah dan air hujan, airnya menjadi lebih tawar ketimbang air laut di sekitarnya. Perubahan dan evolusi yang sangat lama memungkinkan fauna laut di danau beradaptasi dan menciptakan ekosistem yang unik. Danau seperti ini hanya ada dua di dunia dan hanya satu di Indonesia.

Surga Biologis di Indonesia

Danau seperti di Kakaban Island terdapat di Eil Malk, Palau, Kepulauan Micronesia. Ubur-ubur merupakan fauna khas kedua danau tersebut. Ubur-uburnya pun unik, survive selama ribuan tahun membuat mereka berjalan terbalik, kaki ke atas kepala ke bawah. Serta, punya cahaya yang lebih berwarna saat malam hari.

Setidaknya, ada 4 jenis ubur-ubur yang hidup di Pulau Kakaban Berau. Menariknya, mereka tak berbahaya bagi manusia lantaran tidak menyengat. Fauna lain meliputi anemon putih, berbagai jenis ikan, ular laut, teripang, bunga karang, kepiting, beberapa jenis kerang. Dan, berbagai hewan lain belum teridentifikasi.

Biaya Wisata ke Pulau Kakaban Derawan
credit: Riza Nugraha, CC BY 2.0

Pesona Alam nan Menawan

Pulau Kakaban sangat indah, luar dalam. Istilah Kakaban dalam bahasa daerah berarti "memeluk" yang mengisyaratkan suatu pulau yang seolah memeluk danau. Pulau yang tak berpenghuni ini begitu alami dengan daratan yang rimbun oleh hutan. Lautnya yang jernih berwarna hijau kebiruan mengagumkan.

Pantai berpasir putih bersih memanjang, melengkapi indahnya pemandangan. Berlibur di Pulau Kakaban Berau, Anda seolah sedang berada di surga. Terutama jika suka aktivitas air, Anda bisa berenang maupun snorkeling. Selami danau yang tenang untuk mengagumi warna-warni ribuan ubur-ubur yang menawan.

Hanya saja perlu diperhatikan, pastikan tidak memakai sunblock atau krim lain karena zat kimianya bisa mencemari habitat fauna di danau. Jangan memegang ubur-ubur atau pakai alat bantu kaki katak yang bisa melukai mereka. Juga, pastikan tidak melompat ketika masuki danau, berenanglah dengan tenang.

Suka diving? Kepulauan Derawan menyajikan kerajaan bawah laut, salah satu yang terindah di Indonesia. Berada di area kepulauan tersebut, Pulau Kakaban terkenal dengan palung laut yang menawan. Kegiatan lain, bisa bermain di pantai atau melebar hingga di Kehe Daeng, laguna indah tersembunyi di balik goa.

Cara ke Kakaban Derawan Islands
credit: pixabay.com/arhnue

Fasilitas Wisata di Pulau Kakaban

Pulau Kakaban di Kepulauan Derawan merupakan cagar alam Kalimantan Timur. Pulau purbakala ini juga sebagai cagar budaya yang diusulkan sebagai salah satu warisan dunia ke UNESCO. Oleh karena itu demi menjaga alamnya agar tetap lestari, fasilitas wisata minim karena ada larangan mendirikan bangunan.

Fasilitasnya hanya dermaga dan penjual makanan terbatas di pintu masuk. Ada juga toilet dan jembatan ulin akses ke danau, perlu trekking 500 meter menanjak 45 derajat. Artinya wisatawan boleh berkunjung tanpa menginap karena tidak ada penginapan dan listrik. Tiket masuk? hanya berupa uang kebersihan.

Biaya dan Cara ke Kakaban Island

Lokasi: Kampung Payung-Payung, Kec. Maratua, Kab. Berau, Kalimantan Timur. Peta

Cara ke Kakaban Island bisa Anda mulai dengan mencapai Bandara Kalimarau. Lalu, lanjut ke Pelabuhan Tanjung Batu melalui perjalanan darat dalam durasi 2-3 jam. Jika menyewa mobil, tarifnya sekitar IDR 450K sekali jalan. Kunjungan ke pulau ini umumnya menjadi satu paket 4 pulau di Kepulauan Derawan.

Dari Pelabuhan Tanjung Batu ke Pulau Derawan, naik speedboat kurang lebih 30 menit, tarifnya kurang lebih IDR 350K dengan kapasitas 3 orang. Sedangkan apabila ingin island hopping menjelajahi pulau di Kepulauan Derawan, bisa menyewa speedboat dengan tarif mulai IDR 1200K, kapasitas 15 penumpang.

Biaya wisata ke Pulau Kakaban bisa lebih murah jika bersama rombongan atau melalui jasa paket wisata open trip Kepulauan Derawan. Banyak penyedia jasa tersebut dengan harga yang bervariasi, mulai dari IDR 1800K untuk 3 hari 2 malam. Sebagian layanan wisata juga ada yang menyertakan Labuan Cermin.