Beranda
Banyuwangi
Daftar Menarik
Jawa Timur
Pantai
10 Pantai di Banyuwangi, yang Terindah & Menarik Dikunjungi

Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang mengoleksi banyak pantai menawan, selain Malang dan Pacitan. Panorama matahari terbit di pantai juga yang membuat kabupaten di ujung Pulau Jawa ini dijuluki "the sunrise of Java". Intinya pantai di Banyuwangi wajib masuk daftar wisata Anda.

Memang punya rencana liburan ke Banyuwangi, Jawa Timur? Untuk Anda yang membutuhkan referensi pantai Banyuwangi, di bawah ini sudah tersaji daftar rekomendasi spot wisata pantai Banyuwangi. Tentu tidak mencakup semua, hanya ada 10 pantai terbaik dan terindah yang wajib dikunjungi di Banyuwangi.

Pantai Bangsring di Banyuwangi

Pantai Bangsring termasuk objek wisata hits Banyuwangi, terutama sejak ada Bangsring Underwater di tengah perairannya. Destinasi wisata terbaik bagi penyuka snorkeling diving. Daya tarik bawah lautnya juga memungkinkan pengunjung berenang dengan hiu jinak. Serta, banyak juga wahana watersportnya.

HTM: Lihat di sini
Lokasi: Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Pulau Merah (Red Island)

Pantai Pulau Merah atau Red Island merupakan wisata pantai terkenal di Banyuwangi. Dengan pasir putih terhampar melengkung sepanjang 3 kilometer, pantai ini menawarkan ombak yang menawan. Salah satu lokasi selancar terbaik di Banyuwangi yang pada tahun 2013 menjadi spot even surfing taraf internasional.

HTM: IDR 10K
Lokasi: DesaSumberagung, Kec Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pantai Plengkung G-Land

Menempati kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Plengkung merupakan pantai Banyuwangi yang sangat populer di kalangan surfer dunia. Ini adalah surga bagi peselancar manapun berkat ombak yang bisa setinggi 8 meter sepanjang 2 kilometer. Juga, formasi gelombang tujuh susun yang dicari-cari surfer.

Lokasi: Dusun Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Sukamade TN Meru Betiri

Beberapa pantai indah di Banyuwangi berada di Taman Nasional Meru Betiri, salah satunya adalah Pantai Sukamade. Pantai ini termasuk dalam Triangle Diamonds atau tujuan wisata utama Banyuwangi, bersama Kawah Ijen dan Pantai Plengkung. Keindahan pantainya khas sebagai habitat penyu terbesar di Indonesia.

HTM: IDR 7,500 - 100K
Lokasi: Sukamade, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Watu Dodol Banyuwangi

Pantai Watu Dodol atau Grand Watu Dodol adalah wisata pantai yang pernah mengantar Banyuwangi menyabet predikat ASEAN Clean Tourist City 2018. Jadi, inilah pantai terbersih se-ASEAN. Spot snorkeling terbaik yang juga menawarkan sunrise terindah di Banyuwangi. Juga, kaya mitos, sejarah dan cerita mistis.

HTM: IDR 5K-350K
Lokasi: Jl. Situbondo-Banyuwangi, Bangsring, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Boom Marina Banyuwangi

Berjarak tidak jauh dari Kota Banyuwangi, Pantai Boom Marina termasuk destinasi wisata andalan yang meriah suasananya. Spot favorit muda-mudi Banyuwangi dengan berbagai spot foto instagramable dan banyak aktivitas menarik. Kaya fasilitas dan wahana, serta menawarkan sunrise ikonik yang menakjubkan.

HTM: IDR 5K
Lokasi: Kampung Mandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Rajegwesi TN Meru Betiri

Opsi pantai terbaik Banyuwangi berikutnya adalah Pantai Rajegwesi, salah satu pantai di Taman Nasional Betiri. Pantai cantik ini khas dengan suasana kampung nelayan, sehingga fasilitasnya cukup memadai. Pasirnya lembut dengan warna kecoklatan. Selain di Pantai Sukamade, di sinilah habitat penyu TN. Betiri.

HTM: IDR 7,500
Lokasi: Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pantai di Pulau Tabuhan

Bagi penggemar wisata bahari, liburan ke Banyuwangi pastikan juga melebar hingga ke Pulau Tabuhan. Pulau mungil terpencil ini sangat cantik menghiasi perairan Selat Bali. Pantainya begitu mengagumkan dengan pasir putih benderang. Tak hanya itu, taman bawah lautnya pun demikian memanjakan mata.

HTM: IDR 500K/sewa perahu, min. 10 org
Lokasi: Pulau Tabuhan, Bengkak, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Pantai Sobo Banyuwangi

Meski bukan termasuk wisata pantai populer di Banyuwangi, Pantai Sobo cukup menawarkan kekhasan panorama alam. Khususnya di pagi hari, matahari terbit di pantai ini begitu sedap dipandang mata. Cocok bagi traveler pecinta landscape photography. Spot ikonik di sini adalah bangunan yang menjorok ke laut.

HTM: -
Lokasi: Desa Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Teluk Hijau di Meru Betiri

Di antara pantai yang berada di Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Teluk Hijau atau Green Bay adalah satu yang paling menawan. Surga tersembunyi dengan perairan hijau tenang, serta punya air terjun. Pasir putihnya lebih lembut dari pasir pantai yang lainnya. Perlu berperahu dari Rajegwesi untuk mencapainya.

HTM: IDR 7,500 - 35K
Lokasi: Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Demikian daftar 10 rekomendasi pantai indah di Banyuwangi, Jawa Timur. Bila durasi wisata panjang dan ingin menjelajah pantai di Jawa Timur yang lain, lihat daftar wisata Pantai di Malang atau Pantai Pacitan. Apabila butuh tempat menginap di Banyuwangi, gunakanlah widget "Cari Hotel" yang ada di sisi kanan.