Pantai Panjang Bengkulu - Daya Tarik, Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Pantai adalah wisata alam yang paling banyak di Bengkulu. Begitulah adanya, karena sisi barat provinsi ini memang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, termasuk ibu kotanya, yakni Kota Bengkulu. Dari sekian pantai yang membatasi wilayah Bumi Raflesia ini, Pantai Panjang merupakan primadona wisatanya.

Pantai Panjang Kota Bengkulu
credit: instagram.com/omcuuu

Tentu, traveler pecinta pantai wajib berwisata ke Bengkulu. Memulai penjelajahan dari Pantai Panjang bisa dikatakan sebagai syarat utama. Lokasinya berjarak tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Sebelum benar-benar berangkat ke sana, baca info daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan rutenya dalam ulasan berikut ini.

Daya Tarik Objek Wisata Pantai Panjang

Sesuai namanya, pantai ini memanjang hingga 7 kilometer atau mungkin lebih, dengan lebar 500 meter. Kawasannya mencakup tiga kecamatan sekaligus, yakni Ratu Agung, Teluk Segara, dan Ratu Samban. Letaknya strategis di jalan utama Kota Bengkulu. Spot utamanya berada di Jalan Pariwisata, Ratu Samban.

Berkat lokasi dan daya tarik wisatanya, Pantai Panjang merupakan Tempat Wisata Bengkulu yang populer dan ikonik mewakili pariwisata di sana. Pantainya indah berpasir putih dengan tekstur lembut dan punya ruang terbuka yang teduh. Bukan oleh jajaran pohon kelapa, melainkan barisan pohon pinus dan cemara.

Selain pasir yang putih dengan vegetasi unik, laut menawarkan daya tarik tersendiri melalui ombak yang besar. Pantai Panjang Bengkulu memang termasuk pantai yang ideal sebagai lokasi surfing. Lebih dari itu, karena posisinya menghadap ke barat, pantai ini juga menjadi spot terbaik menikmati sunset di Bengkulu.

Suasananya cenderung meriah, khususnya saat sore menjelang senja. Momen matahari terbenam di sini begitu menarik perhatian siapa saja. Terutama di pusat wisatanya di Jl. Pariwisata yang sejauh ini menjadi spot paling instagenic. Spot foto terfavorit berlatar tulisan Pantai Panjang dengan sunset indah keemasan.

Salah satu yang menjadikan pantai ini disukai adalah banyaknya aktivitas yang menarik. Selain bersantai menikmati panorama pantai, wisatawan bisa berselancar, main voli pantai, main pasir, hingga naik delman menyusuri pesisirnya. Ada juga wahana air yang menarik serta berbagai spot foto bagi penggemar selfie.

Fasilitas Wisata di Pantai Panjang
credit: instagram.com/omcuuu

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Tak hanya indah dengan lokasi yang strategis, Pantai Panjang juga menyajikan fasilitas yang lengkap dan memadai. Lahan parkirnya sangat luas, banyak penjual makanan dan minuman, restoran, minimarket, kios pulsa dan handphone, toko oleh-oleh dan cinderamata. Bahkan, ada juga fasilitas kolam renang.

Fasilitas wisata lainnya meliputi jogging trek, spot foto, dan berbagai fitur penunjang aktivitas wisata lainnya. Ada juga Sport Center yang mencakup lapangan basket, sepakbola, badminton, tenis, hingga skateboard. Pusat perbelanjaan terbesar di Bengkulu pun berada di sekitar pantai ini, yakni Bencoolen Mall.

Semua kebutuhan wisatawan hampir bisa terpenuhi di kawasan wisata ini. Bila butuh tempat menginap, banyak opsi penginapan dan hotel mulai dari yang murah hingga mewah. Harga mulai di bawah 100 ribu hingga 500 ribu. Harga tiket masuk Pantai Panjang? gratis dan bisa dikunjungi kapan saja, buka 24 jam.

Harga Tiket Masuk Panjang Beach Bengkulu
credit: instagram.com/omcuuu

Rute Lokasi Pantai Panjang di Bengkulu

Karena garis pantainya yang panjang, kawasan wisata ini berada di tiga kecamatan. Meski demikian, untuk pusat wisatanya beralamatkan di Jalan Pariwisata, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Jaraknya kurang lebih 3-4 kilometer dari pusat Kota Bengkulu dengan akses jalan yang sangat mudah.

Dari pusat Kota Bengkulu, hanya perlu berkendara kurang lebih 10-15 menit untuk mencapai lokasi Pantai Panjang Bengkulu. Selain itu, berbagai opsi transportasi umum tersedia di kota seperti bus, taksi, mobil sewaan, dll. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa gunakan peta lokasinya, DI SINI.