Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Barat
Pangandaran
Citumang Body Rafting Pangandaran, Fasilitas dan Harga Tiket

Pangandaran Jawa Barat bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan bagi para pecinta alam. Terlebih bagi Anda yang suka wisata air, kabupaten ini memiliki sejumlah objek wisata sungai yang terkenal. Selain di Green Canyon, Anda bisa coba Citumang Body Rafting untuk mendapat sensasi yang pastinya berbeda.

Jika memang ada rencana ke Pangandaran, sempatkan mampir ke kawasan wisata Citumang. Lokasinya berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat. Untuk info lebih lengkap mengenai daya tarik wisata, fasilitas, rute lokasi, biaya dan harga tiket masuk, baca ulasannya berikut ini.

Daya Tarik Citumang Body Rafting

Body Rafting merupakan salah satu olahraga air yang pada prinsipnya mirip dengan rafting atau arung jeram, namun bodyrafting tidak memakai rakit dan dayung. Istilah lainnya Canyoning atau Canyoneering. Lalu, ada juga sebutan Full Body Rafting yang merujuk pada Bodyrafting dengan peralatan yang lengkap.

Pangandaran populer sebagai destinasi untuk melakukan kegiatan tersebut. Dan, Citumang Green Valley merupakan tempat terbaik untuk aktivitas body rafting, selain di Green Canyon Pangandaran. Citumang adalah sungai jernih dengan debit sedang yang membelah hutan dengan lansekap eksotis menakjubkan.

Citumang Body Rafting memungkinkan wisatawan bertualang menelusuri aliran sungai. Bermain air dan berenang sambil mengagumi eksotika hutan jati yang berusia ratusan tahun. Saking tuanya, ada akar-akar pohon yang membentuk ornamen alami dengan bebatuan di tepi sungainya yang berair bening kebiruan.

Menurut cerita penduduk setempat, dulu di sini terdapat aliran sungai bawah tanah. Yang pasti, suasana khas hutan sangat kental di Citumang, lanskapnya pun menawan. Bukan hanya itu, sederetan air terjun dan goa juga turut melengkapi pemandangan sungai di kawasan Green Valley Citumang Pangandaran.

Jalur yang dilalui dalam kegiatan body rafting di Citumang Green Valley kira-kira lebih dari satu kilometer panjangnya. Selain body rafting, beberapa kegiatan wisata yang menarik dilakukan adalah River Tubbing, Tracking, serta Outbond. Wisatawan juga bisa camping dengan mendirikan tenda di kawasan wisata ini.

Bahkan, saat ini juga ada kolam terapi ikan di lokasinya. Kegiatan lainnya, bisa uji adrenaline dengan cliff jumping, melompat dari ketinggian ke sungai. Ada beberapa spot dengan kedalaman yang berbeda, 3-12 meter. Bagi traveler pecinta fotografi tentunya banyak spot foto instagramable di Citumang Pangandaran.

{next}

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Kawasan wisata Citumang Green Valley sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Ada warung makanan, area parkir, gazebo, tempat ibadah mushola, kamar mandi atau ruang ganti, dan lain-lain. Bila membutuhkan tempat menginap, tersedia sejumlah penginapan berupa homestay di sekitar lokasi wisata.

Harga tiket masuk objek wisata Citumang berbeda di hari biasa dan hari libur. Untuk wisatawan Nusantara sebesar Rp 19.000-24.000, sedangkan turis mancanegara sebesar Rp 24.000-29.000. Harga tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pihak pengelola. Biaya lain untuk parkir kendaraan.

Adapun harga Citumang Body Rafting, mulai dari Rp 85.000-125.000. Harga sudah termasuk tiket masuk Citumang Green Valley, perlengkapan body rafting, guide (pemandu), dry bag dan dokumentasi. Selain itu sudah mencakup asuransi, terapi ikan, hingga makan nasi liwet. Harga ini berlaku untuk minimal 10 orang.

Rute Lokasi Citumang Green Valley

Bila ingin mencoba sensasi body rafting di Citumang, wisatawan bisa menuju ke Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 16 kilometer atau 26 menit berkendara dari Tugu Marlin Pangandaran. Jaraknya yang kurang lebih sama dari Green Canyon Cukang Taneuh Cijulang.

Bila menggunakan transportasi umum, bisa pergi ke Terminal Pangandaran naik angkutan umum jurusan Pangandara - Cijulang dan turun di Cibenda. Kemudian naik ojek ke Citumang Parkir 1 maupun Parkir 2. Jaraknya kurang lebih 5-8 kilometer atau sekira 10-15 menit untuk tiba di tempat parkir. Lihat Peta Lokasi.