Beranda
Destinasi Wisata
Pantai
Sumatera Utara
Tapanuli
Pantai Binasi Tapanuli Tengah - Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Pantai merupakan opsi destinasi wisata alam terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia. Cocok untuk siapa saja termasuk untuk liburan keluarga. Terlebih jika aksesnya mudah, tidak jauh dari jalan utama. Pantai Binasi Tapanuli Tengah (Tapteng) salah satunya. Objek wisata andalan yang indah dan meriah suasananya.

Bagi para traveler pecinta bahari, Tapanuli Tengah memang wajib didatangi. Wilayahnya yang berbatasan dengan Samudra Indonesia, memiliki garis pantai yang panjang mencapai 200 kilometer. Pantai Binasi di Sorkam Barat termasuk yang terkenal, selain Pantai Pandan yang ada di wilayah ibu kota Tapanuli Tengah.

Daya Tarik Pantai Binasi Tapteng

Pantai Binasi adalah pantai yang asri berpasir lembut benderang yang terhampar landai dan memanjang. Gelombang air yang jernih cukup tenang, sementara birunya lautan terbentang sejauh mata memandang. Semilir angin yang menerpa barisan kelapa dan cemara turut menghadirkan suasana yang menenangkan.

Komposisi alamnya sudah sedemikian cantik sehingga memang layak dikagumi dan diminati. Panorama Pantai Binasi senantiasa memikat sepanjang hari, namun menjadi lebih sempurna seiring senja perlahan tiba. Karena terletak di pesisir barat Pulau Sumatera, sunset di Binasi terasa istimewa memanjakan mata.

Sekedar bersantai menikmati cantiknya pantai ini dan suasananya yang khas, semestinya cukup untuk meremajakan pikiran siapa saja. Di kejauhan, bentang laut juga berhias Kepulauan Mursala yang indah. Pulau Kalimantung juga berada di sana. Bila durasi liburan kali ini panjang, Anda wajib mengunjunginya.

Menjelajahi pesisir juga merupakan aktivitas menarik. Susuri tepi pantainya untuk menemukan panorama dari sisi yang berbeda. Khususnya bagi pecinta fotografi dan selfie, banyak spot foto yang instagramable. Intinya, Anda bisa melakukan banyak kegiatan dan bertahan sembari menanti indahnya sunset menjelang.

Dan apabila kali ini adalah liburan keluarga, anak-anak bisa leluasa bermain air dan pasir. Berenang di sini sangatlah menyenangkan dan aman karena ombak yang bersahabat. Aktivitas wisata lain yang pastinya menarik adalah berburu kuliner. Menu seafood Pantai Binasi terkenal enak dan harganya pun terjangkau.

Pantai Binasi di Sorkam bisa dikunjungi kapan saja. Namun waktu terbaik adalah sore hari, selain karena tidak terlalu terik, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam. Apabila tidak suka keramaian, usahakan berkunjung ke sini di hari biasa karena akhir pekan atau hari libur cenderung ramai.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai tempat wisata yang terkenal di Tapanuli Tengah, Pantai Binasi Sorkam hadir dengan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Untuk menunjang aktivitas wisata, tersedia beberapa gazebo untuk istirahat dan bersantai. Ada juga penyewaan alat pelampung untuk wisatawan yang ingin berenang dengan aman.

Di kawasan pantai, banyak berjajar penjual atau warung makanan dan minuman yang terkenal enak dan murah. Fasilitas lainnya mencakup kamar mandi atau toilet umum, area parkir kendaraan yang luas, dan tempat ibadah berupa mushola. Ada juga jasa perahu bila ingin menjelajahi pulau-pulau di sekitar perairan lautnya.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Pantai Binasi? seperti umumnya wisata pantai di Tapanuli Tengah, tidak ada biaya masuk ke pantai ini. Biaya mungkin untuk parkir kendaraan yang berkisar Rp 5.000 - Rp 15.000. Biaya lainnya untuk menyewa pelampung dan jasa perahu untuk island hopping ke pulau sekitar.

Rute Pantai Binasi Tapanuli Tengah

Kawasan pantai ini berlokasi di Jalan Sibolga-Barus, Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Kurang lebih 55 kilometer atau 1,5 jam berkendara dari Kota Pandan, ibu kota Tapanuli Tengah. Lebih dekat jika berangkat dari Kota Sibolga. Rutenya mudah, tinggal pakai Peta Lokasi.