Pantai Telok Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Banyak pantai indah di Malang yang sebagian besar tidak diketahui banyak orang. Sebagian memang tersembunyi karena aksesnya yang tidak bersahabat. Sebagian lain adalah pantai baru yang muncul seiring pembangunan Jalur Lintas Selatan. Selain Pantai Jolangkung, ada juga Pantai Telok yang amat menakjubkan.

Pantai Telok Malang
credit: instagram.com/rifkydoglekk

Intinya, sebagai pecinta pantai Anda tak akan pernah kehabisan stok pantai di Malang. Tak perlu juga bersusah payah menjelajahi Pantai Tersembunyi di Malang. Jajaran pantai indah sudah bisa Anda nikmati di tepi Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang. Pantai Telok bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk petualangan Anda kali ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Telok Malang

Pantai Nglengguk merupakan nama lain dari pantai ini. Meski tidak terlalu lebar, pantainya berpasir putih, lembut, dan cenderung bersih karena jarang terjamah. Garis pantainya sempit terbatasi oleh benteng perbukitan berselimut rimbun kehijauan. Suasana pantainya benar-benar alami dan sepi, seolah pantai pribadi.

Berwisata ke pantai ini, Anda bisa melakukan banyak hal, kecuali berenang. Ombak pantai ini tetap mengusung karakteristik gelombang laut pantai selatan yang besar dan berbahaya. Di sini Anda bisa bersantai sambil menikmati suasana dan panorama. Penduduk setempat suka memancing di sini, jika suka lakukanlah.

Apabila punya energi berlebih, salah satu ide bagus adalah menjelajah. Mendaki bukit agar bisa mendapatkan sudut pandang keindahan yang lebih sempurna. Di antara sekian bukit yang membentengi pantai ini, salah satu yang paling ikonik adalah bukit yang menjorok ke laut di sisi barat. Bentuknya seperti kura-kura raksasa.

Bagi para penggemar landscape photography, Pantai Telok Malang Selatan memiliki banyak sudut menawan yang layak Anda abadikan. Ini juga berarti cocok bagi pecinta selfie. Selebihnya, melebarlah ke pantai tetangga. Misalnya, ke Pantai Parang Dowo di bagian timur pantai ini yang berada persis di tepi Jalan Lingkar Selatan.

Harga Tiket Masuk Telok Beach Malang
credit: instagram.com/rifkydoglekk

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Pantai Telok Malang selatan masih alami dan belum resmi beroperasi sebagai objek wisata. Karena itu, belum tersedia fasilitas wisata di pantai ini. Pastikan membawa bekal makanan dan minuman. Tidak banyak pohon peneduh sehingga cenderung panas ketika siang hari. Tak ada biaya (gratis) untuk masuk pantai ini.

Namun untuk memasuki Pantai Telok, jalur umumnya adalah melalui Pantai Parangdowo. Harga tiket masuk Pantai Parang Dowo IDR 10K. Di pantai ini bisa Anda parkir kendaraan. Area parkir luas dan bisa menampung mobil. Fasilitasnya pun bagus, ada penjual makanan, toilet, gazebo, homestay, dan lain sebagainya.

Rute ke Pantai Telok di Malang Selatan
credit: instagram.com/rifkydoglekk

Rute ke Pantai Telok di Malang Selatan

Lokasi Pantai Telok berada di Desa Gajahrejo, Gedangan, Malang. Kurang lebih 65 kilometer jaraknya dari pusat Kota Malang atau sekitar 2 jam duras berkendara. Anda bisa memakai rute Pantai Sendang Biru melalui Gadang dan Turen. Ikuti arah ke Sendang Biru hingga tiba di pertigaan (1 kilometer sebelum pantainya).

Di pertigaan tersebut terdapat petunjuk arah ke beberapa pantai. Ikuti papan petunjuk yang mengarah ke Pantai Goa Cina atau Pantai Bajul Mati. Teruskan perjalanan dan akan melewati beberapa pantai di tepi Jalan Lintas Selatan. Saat sampai di Pantai Jolangkung, Pantai Parang Dowo ada di sebelah barat pantai tersebut.

Berikutnya, masuklah ke Pantai Parang Dowo dan memarkir kendaraan di sana. Dari pantai ini, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki. Trekking mendaki bukit yang ada di sisi barat Pantai Parangdowo. Di balik bukit kecil itulah Pantai Telok berada. Jadi, selamat berwisata dan pastikan jaga kebersihan. Manfaatkanlah Peta Lokasi.