Beranda
Bali
Buleleng
Destinasi Wisata
Pantai
Pemuteran Beach Bali - Spot Snorkeling Diving Terkenal di Bali

Topik utama Pulau Bali adalah wisata dan pantai merupakan objek wisata andalan yang menjadikan pulau ini terkenal mendunia. Tidak hanya di bagian selatan, pesisir pantai utara Bali pun mengagumkan. Selain Pantai Lovina yang khas dengan lumba-lumba, di utara Bali juga ada Pemuteran Beach yang mempesona.

Terutama bila Anda merencanakan liburan ke Pulau Menjangan, jadikan Pantai Pemuteran sebagai satu paket karena jaraknya tidak jauh. Sama-sama berada di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Ketahui info detail terkait daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan rute Desa Pemuteran dalam ulasan berikut.

Daya Tarik Desa Wisata Pemuteran Bali

Pemuteran merupakan desa wisata di pesisir utara Bali yang kaya akan pesona. Pemuteran Beach atau Pantai Pemuteran hanyalah satu dari sekian daya tariknya. Pemandangan alamnya juga berhiaskan latar pegunungan hijau ketika musim hujan. Meski cenderung gersang, tapi tetap eksotis di musim kemarau.

Dalam peta pariwisata Bali, Desa Pemuteran di Buleleng adalah destinasi terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Dalam hal ini, Pemuteran Beach merupakan wisata andalan yang popularitasnya mendunia. Daya tariknya terutama menonjol di kedalaman perairan. Salah satu spot snorkeling diving terbaik di Bali.

Keindahan bawah laut Pantai Pemuteran Bali sangat menakjubkan. Bahkan pernah meraih UNWTO (UN World Tourism Organization) Award dari PBB. Sebelumnya juga menyabet 5 penghargaan nasional dan internasional terkait terumbu karang. Dan, termasuk yang paling berhasil dalam implementasi teknologi Biorock.

Biorock adalah teknologi mempercepat pertumbuhan terumbu karang hingga delapan kali lebih cepat. Di Indonesia, Biorock sudah diterapkan di beberapa titik, dan yang paling berhasil adalah di Teluk Pemuteran Buleleng. Intinya, Pemuteran Beach laksana surga bagi para wisatawan pecinta aktivitas snorkeling dan diving.

Total 30 spot snorkeling dan diving di Pantai Pemuteran Bali yang mencakup sekitar 80% jenis terumbu karang dunia. Underwater Temple Garden adalah spot paling terkenal, favorit diver karena keindahannya yang cenderung misterius. Eksotis mengagumkan dengan aneka koleksi arca di dasar lautnya yang jernih.

Tak hanya snorkeling diving, aktivitas wisata di Pemuteran Beach sangatlah banyak. Bersantai menikmati suasana pantainya yang damai dan tenang juga merupakan ide bagus. Bermain di pasirnya yang landai, berenang di perairan yang tenang. Atau, bisa juga jelajahi pesisir dan temukan sudut keindahan yang berbeda.

Jangan lupa datang ke penangkaran penyu di Reef Seen Diver Resort. Di sini Anda bisa cari tahu apapun tentang penyu hingga ikut serta dalam kegiatan pelepasan penyu. Bila suka trekking, kunjungi Bukit Kursi Pemuteran dengan Pura Bukit Kursi di puncaknya. Demikian indah pemandangan laut dari puncak bukit ini.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Desa Pemuteran Buleleng merupakan destinasi wisata Bali yang terkenal di kalangan turis mancanegara. Karena itu, fasilitasnya terbilang lengkap dan memadai. Namun, tentu tidak selengkap pantai populer di selatan Bali. Pembangunan fasilitas terbentur aturan adat yang membatasi adanya bangunan di pinggir pantai.

Semua fasilitas wisata tersedia dalam jumlah terbatas, termasuk operator diving, pedagang, penginapan atau hotel. Bila butuh penginapan, di Desa Pemuteran hanya ada sekitar 12 hotel. Yang lain lebih berupa homestay. Akses jalan Desa Pemuteran bagus. Harga tiket masuk Pemuteran Beach? gratis, tanpa biaya.

Bila ingin menyelami kerajaan bawah laut di Pantai Pemuteran dengan snorkeling, bisa mencoba spot Biorock Pemuteran. Untuk biaya snorkeling, harganya kurang lebih sama dengan aktivitas snorkeling di Bali lainnya. Sewa peralatan snorkeling seharga IDR 50.000, dan ada biaya tambahan IDR 25.000 untuk pelampung.

Rute Lokasi Pemuteran Beach Buleleng

Pemuteran Beach berlokasi di Desa Wisata Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Kurang lebih 50 kilometer atau 1 jam berkendara dari Singaraja, ibukota Buleleng. Sekira 3 jam apabila berangkat dari Denpasar dengan menggunakan rute melalui Jalan Singaraja-Gilimanuk. Lihat Peta Lokasi.

Bila datang dari Pulau Jawa. Setibanya di Pelabuhan Gilimanuk, Pemuteran berjarak cukup dekat. Kurang lebih 32 kilometer atau 40 menit perjalanan berkendara. Rutenya dari Jalan Raya Denpasar - Gilimanuk belok ke kiri di persimpangan Tugu Cekik menuju ke Jalan Singaraja-Gilimanuk hingga tiba di Desa Pemuteran.