Beranda
Danau
Gunung
Samosir
Sumatera Utara
Bukit Sibea Bea Samosir - Daya Tarik, Fasilitas, Tiket, dan Rute

Kabupaten Samosir merupakan tujuan utama wisata Sumatera Utara, terutama di kawasan sekitar Danau Toba. Beberapa tempat wisata terbaik Danau Toba berada di sana, termasuk Pusuk Buhit dan Bukit Holbung yang terkenal. Tidak hanya itu, kini juga ada Bukit Sibea Bea Samosir yang pesonanya viral di media sosial.

Apabila punya rencana wisata ke Danau Toba, khususnya Samosir, jangan lupa mengunjungi Bukit Sibea-bea. Lokasinya terletak di Turpuk Sihotang, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatra Utara. Mengenai informasi detail terkait daya tarik wisata, harga tiket masuk, fasilitas, serta rutenya lanjutkan membaca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Bukit Sibea Bea Samosir

Bukit Sibea Bea merupakan satu dari sekian banyak tempat terbaik menikmati Danau Toba. Sipira Nauli juga termasuk di antaranya. Meski sama-sama menyajikan lanskap Danau Toba, setiap spot tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Demikian juga dengan Bukit Sibea-bea yang terbilang tempat wisata baru di Samosir.

Sejak resmi dibuka untuk umum pada kisaran 2021 yang lalu, wisata Sibea Bea benar-benar menjadi pusat perhatian. Selain karena latar danau dan perbukitan yang begitu indah, bukit ini viral karena jalanan berliku yang khas dan eksotik. Kelok 8 Bukit Sibea Bea namanya, jalurnya menurun menghadap ke Danau Toba.

Salah satunya sejak Kelok 8 viral di unggahan media sosial, Bukit Sibeabea menjadi tempat wisata hits di Sumatera Utara. Menjadi salah satu spot foto paling instagramable di Danau Toba yang diburu traveler penyuka landscape photography. Ideal juga bagi traveler milenial yang gemar mencari spot swafoto atau selfie.

Sebenarnya, Bukit Sibea Bea Samosir adalah destinasi wisata religi. Ikon utamanya berupa Patung Yesus Kristus. Dengan penataan serta konsep modern, patung tersebut ditempatkan di puncak bukit. Ketinggiannya 61 meter. Sehingga, patung di Bukit Sibea-bea bakal menjadi Patung Yesus Kristus yang tertinggi di dunia.

Perpaduan Kelok 8, Patung Yesus Kristus, dan indahnya pemandangan Danau Toba menjadikan Bukit Sibea-bea demikian diminati. Bahkan, bukit dengan ketinggian 1.021 mdpl ini sudah terkenal sebelum resmi dibuka sebagai objek wisata. Berbagai spot foto instagenik seakan menjadi magnet yang memikat banyak orang.

Aktivitas favorit wisatawan di Bukit Sibeabea Samosir tentu saja menikmati pemandangan, meresapi udara dan suasananya. Jelajahi kawasan ini agar menemukan keindahan dari sudut yang berbeda. Waktu ideal adalah pagi atau sore hari karena bukit ini juga merupakan spot terbaik menyaksikan sunrise dan sunset.

{next}

Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka

Bukit Sibea Bea Samosir adalah objek wisata baru Danau Toba yang semestinya saat ini telah sepenuhnya rampung pembangunannya. Karena penataan lokasi menyeluruh kabarnya selesai pada bulan Juni yang lalu. Sementara itu, proses pembangunan patung sudah lebih dulu selesai, sejak bulan September 2021 lalu.

Jalan berkelok di Kelok 8 Bukit Sibea Bea pun sudah baik beraspal mulus. Walaupun belum benar-benar memadai, ada beberapa fasilitas umum di lokasi, seperti area parkir kendaraan, toilet, tempat duduk untuk istirahat dll. Harga tiket masuk Bukit Sibea Bea untuk sepeda motor sebesar Rp 20.000, mobil Rp 50.000.

Lokasi dan Rute Bukit Sibea-bea di Samosir

Kawasan wisata Bukit Sibea-bea beralamat di wilayah Turpuk Sihotang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kurang Lebih 6 kilometer dari Bukit Holbung, tempat camping terpopuler di Samosir. Apabila Anda berangkat dari Kota Medan, perlu berkendara sekira 6 jam, jaraknya kira-kira 197 kilometer.

Anda bisa memulai perjalanan melalui Jalan Jamin Ginting menggunakan rute Tanah Karo, Merek, dan Sidikalang. Dengan waktu tempuh yang lebih lama, bisa juga menggunakan rute melalui jalan tol Medan-Tebing Tinggi menuju ke Pematang Siantar, Perapat, Merek, hingga ke Sidikalang. Agar mudah, lihat Peta Lokasi.