Beranda
Destinasi Wisata
Lampung
Lampung Selatan
Pantai
Pantai Kedu Kalianda - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Dengan wilayah yang sebagian besar berbatasan dengan perairan laut, Lampung memiliki banyak sekali pantai yang menawan. Kabupaten Lampung Selatan merupakan salah satu daerah yang kaya akan objek wisata pantai di Lampung. Dan, Pantai Kedu Kalianda termasuk pantai indah yang populer dikunjungi wisatawan di sana.

Bila punya rencana liburan ke Lampung Selatan, Pantai Kedu Kalianda merupakan pantai wajib di kunjungi selain Pantai Sebalang dan Pantai Pasir Putih Lampung. Lokasinya berada di Way Urang, Kec. Kalianda, Lampung Selatan. Untuk informasi mengenai rute, fasilitas, dan harga tiket masuknya, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Pantai Kedu Kalianda Lampung

Pantai Kedu merupakan salah satu ruas pantai yang berlokasi tidak jauh dari pusat Kalianda, ibu kota Kabupaten Lampung Selatan. Garis pantainya yang panjang mencakup beberapa ruas pantai yang secara terpisah menjadi objek wisata tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Kedu Warna yang di sebelah utara pantai ini.

Menempati sisi timur Teluk Lampung, pantai ini menawarkan indahnya bentang perairan Selat Sunda yang membatasi bagian selatan Provinsi Lampung. Pemandangan lautnya yang membentang luas berhiaskan sejumlah pulau kecil yang tersebar di Teluk Lampung. Kemegahan Gunung Krakatau juga turut menjadi latar di kejauhan.

Pesisir pantainya menyajikan hamparan pasir yang landai berwarna benderang. Pasirnya pun terhampar cukup luas dan panjang sehingga memungkinkan wisatawan melakukan berbagai aktivitas yang menarik di atasnya. Selain itu, pantai ini juga terkenal sebagai spot terbaik menikmati sunset karena menghadap ke barat.

Dalam sejarah, Pantai Kedu di Kalianda sebenarnya sudah cukup lama menjadi tempat wisata. Namun, tsunami yang terjadi di Selat Sunda pada tahun 2018 telah memporak-porandakan pantainya. Baru pada akhir tahun 2020 pantai ini kembali dibuka dengan wajah baru yang lebih bersih dan kaya akan fasilitas dan wahana.

Dengan pemandangan bahari yang menakjubkan dan latar Gunung Rajabasa yang megah menjulang, pantai ini bangkit menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Lampung. Populer di kalangan milenial karena menyajikan berbagai fasilitas modern kekinian. Tempat nongkrong favorit dengan banyak spot foto yang instagenik.

Salah satu spot ikonik di pantai ini adalah kapal yang terdampar di bibir pantai. Khususnya bagi para traveler penyuka fotografi dan selfie, kapal tersebut bisa menjadi spot foto yang instagramable. Apalagi bila berlatar indahnya sunset. Latar langit senja yang khas keemasan akan membuat hasil foto lebih epik.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Kedu Kalianda adalah sore hari karena eksotika sunset atau matahari terbenam di sini memang mengagumkan. Namun, pantai ini senantiasa indah di sepanjang waktu. Sunrise pagi hari pun sedap di pandang mata. Camping bisa menjadi pilihan yang bagus agar bisa lebih puas menikmatinya.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Berkat usaha pemerintah dan masyarakat setempat, Pantai Kedu beserta Pantai Kedu Warna Kalianda, kembali hadir dengan fasilitas yang lebih bagus dan lengkap. Dengan konsep wisata kekinian, di kawasan pantai ini tersedia banyak modern seperti bean bag hingga gazebo kayu yang sekaligus menjadi spot foto instagramable.

Selain itu tersedia aneka wahana wisata, salah satunya adalah ATV dan delman jika pengunjung ingin menjelajahi pantainya. Sebagai tempat nongkrong favorit di Kalianda, di sini banyak kafe atau stand makanan dan minuman. Terlebih ketika malam hari tiba, suasananya lebih meriah dengan pernak-pernik lampu warna-warni.

Fasilitas wisata lainnya meliputi hammock, tempat ibadah berupa mushola, area parkir yang luas, toilet atau kamar mandi dan penyewaan tikar. Harga tiket masuk Pantai Kedu di Kalianda sekitar Rp 15.000-25.000 termasuk parkir. Biaya camping sekitar Rp 30.000 termasuk gazebo, parkir, barbeque, dan fasilitas lainnya.

Rute Lokasi Pantai Kedu Lampung Selatan

Kawasan Pantai Kedu berlokasi di Jalan Sinar Laut, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Lokasinya strategis dan berjarak dekat dari Kota Kalianda, sekitar 3 kilometer atau 7 menit perjalanan berkendara. Atau, sekira 1 jam dari Kota Bandar Lampung. Gunakanlah Peta Lokasi.