Pantai Sebalang Lampung, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Lampung merupakan destinasi yang menarik bagi pecinta wisata bahari. Banyak pulau dan pantai indah di sana. Pulau Pahawang misalnya, yang populer berkat pesona bawah lautnya. Pantai Tanjung Setia terkenal di kalangan surfer dunia. Selain itu, ada juga Pantai Sebalang yang viral karena kemeriahan suasananya.

Pantai Sebalang Lampung
credit: instagram.com/paltra54

Khususnya jika ada rencana liburan ke Lampung Selatan, Pantai Sebalang wajib masuk daftar kunjungan Anda. Lokasinya berada di Dusun Sebalang, Tarahan, Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Untuk info lebih rinci terkait daya tarik wisata, fasilitas, rute, serta harga tiket masuknya, baca ulasannya di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Sebalang Lampung

Menempati pesisir pantai barat Lampung Selatan, Pantai Sebalang adalah pantai indah dengan suasana meriah. Sekilas serupa dengan suasana pantai di pesisir selatan Bali. Karena menghadap ke barat, pantai ini cocok dikunjungi di sore hari. Pemandangan sunset yang menawan adalah daya tarik utama pantai ini.

Pantai ini termasuk salah satu tempat wisata viral di Lampung, terutama sejak adanya sebuah kafe di tepi pantai. Berbekal lanskap sunset yang menakjubkan, kafe di Pantai Sebalang mengusung konsep seperti di pantai Bali. Mirip Pantai Double Six atau Echo Beach Canggu. Ideal sebagai tempat nongkrong sore hari.

Pada dasarnya, Pantai Sebalang sendiri sangat indah. Pasirnya terhampar landai luas memanjang. Perairan dangkalnya cukup luas sehingga cocok untuk bermain air. Meski demikian, pantai ini memang populer sebagai tempat bersantai atau nongkrong menikmati sore hari, khususnya ketika senja mulai menjelang.

Karena ideal sebagai spot nongkrong, pantai ini pun menjadi tempat wisata hits. Destinasi baru traveler milenial di Lampung yang suka tempat wisata kekinian. Termasuk bagi mereka yang suka swafoto atau selfie, di sini banyak spot foto yang instagramable. Wisata pantai ini pun suasananya lebih hidup saat malam hari.

Fasilitas Wisata di Sebalang Beach Lampung
credit: instagram.com/widya_deea

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Popularitas wisata Pantai Sebalang Lampung justru melejit berkat fasilitas berupa kafe tepi pantai. Kafe ini terhubung langsung ke tepi pantai dengan berbagai fitur menarik. Selain booth container, tempat meracik aneka menu makanan dan minuman, di sini ada fitur bean bag, payung, serta beberapa aksesoris lainnya.

Suasananya semakin hidup saat malam hari berkat adanya pernak-pernik lampu yang tertata sedemikian rupa. Menu makanan dan minumannya pun beragam. Fasilitas lainnya terbilang lengkap, meliputi tempat ibadah berupa mushola, area parkir yang luas, toilet. Dan untuk camping, persewaan alat kemah tersedia.

Yang disayangkan adalah akses jalan kurang memadai. Banyak lubang, lebih parah lagi jika datang musim hujan. Cenderung gelap saat malam karena tanpa penerangan di jalan. Harga tiket Pantai Sebalang IDR 20K, tapi ini belum termasuk biaya parkir. Serta, beberapa fasilitas juga berbayar. Sewa peralatannya kira-kira IDR 50K.

Harga Tiket Masuk Pantai Sebalang
credit: instagram.com/lia_mama_asakha

Rute Lokasi Pantai Sebalang Lampung

Pantai Sebalang Lampung berlokasi di Dusun Sebalang, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Berjarak kurang lebih 29 kilometer atau 55 menit berkendara dari Bandar Lampung ke selatan melalui Jalan Lintas Sumatra. Jaraknya cukup dekat dengan Pantai Pasir Putih, sekira 5 kilometer.

Apabila sudah tiba di sekitar Pantai Pasir Putih, lanjutkan perjalanan hingga mendapati jalan yang sedikit menanjak. Bila menemukan papan PT. Adhi di sisi kanan jalan, Anda akan mendapati petunjuk jalan yang mengarah ke pantai ini. Ikuti petunjuk arah tersebut hingga tiba di lokasi pantai ini. Gunakan Peta Lokasi.