Bengkulu Daftar Menarik Kuliner

Kuliner Khas Bengkulu - 10 Makanan Tradisional dari Bengkulu

0 Komentar
Beranda
Bengkulu
Daftar Menarik
Kuliner
Kuliner Khas Bengkulu - 10 Makanan Tradisional dari Bengkulu

Wisata ke Bengkulu adalah ide bagus. Anda akan menemukan banyak tempat bersejarah di Bumi Rafflesia tersebut. Atau, apabila suka berwisata alam, banyak Pantai Indah di Bengkulu yang siap mengajak Anda berpetualang. Yang pasti jangan lupa, aneka kuliner khas Bengkulu juga siap memanjakan lidah siapa saja.

Kawasan Anggut Atas merupakan tempat populer untuk berburu oleh-oleh khas Bengkulu. Selain batik, kain tenun, serta beraneka kerajinan tangan, sentra oleh-oleh tersebut juga menjadi pusat kuliner khas Bengkulu. Apa saja nama kuliner tradisional khas Bengkulu? berikut 10 makanan yang wajib Anda coba.

Kue Tradisional Bay Tat

Bay Tat merupakan nama kue tradisional khas Bengkulu, salah satu oleh-oleh paling populer dan menjadi favorit masyarakat. Perihal namanya "bay" berarti induk dan "tat" merupakan ejaan lokal untuk "tart". Jadi, ini adalah kue tartnya masyarakat Bengkulu. Bentuk kue Bay Tat ada yang bundar dan ada yang persegi.

Dalam bentuknya yang pipih agak tebal, kue ini memiliki tekstur lembut dengan citarasa gurih, manis, dan asam. Selai nanas dan aroma kelapa yang kuat menjadi ciri khasnya. Karena ada yang berbentuk bundar, tak sedikit orang menyebut kue yang dulunya makanan para bangsawan ini "pizza-nya orang Bengkulu".

Pendap Khas Bengkulu

Makanan tradisional Bengkulu yang juga wajib dicicipi adalah pendap. Berupa olahan ikan dengan bumbu khusus dan kelapa parut yang dimasak dalam bungkusan daun talas. Proses masaknya lama, hingga 8 jam untuk memastikan ikan benar-benar masak, bumbu meresap, dan daun talas tak lagi menyebabkan gatal.

Pendap cocok sebagai lauk makan nasi karena rasanya yang gurih dan pedas. Pada masa silam, makanan ini menjadi salah satu sajian kuliner dalam upacara adat. Dan saat ini, pendap merupakan salah satu lauk favorit dalam sesi makan keluarga. Juga, sebagai salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang sangat populer.

Lempuk Durian Bengkulu

Sebagai salah satu daerah penghasil durian di Indonesia, Bengkulu juga memiliki jajanan hasil olahan duria. Lempuk Durian namanya. Kuliner khas Bengkulu ini merupakan sejenis dodol dari daging buah durian. Teksturnya padat, namun kenyal dan manis dengan dominasi rasa dan aroma durian yang khas.

Seperti halnya Bay Tat, Lempuk Durianjuga merupakan jajanan populer dan paling diminati. Tentu, hanya bagi mereka yang menyukai durian, karena tidak semua orang menyukai buah tersebut. Mendapatkannya pun sangatlah mudah, khususnya jika Anda berkunjung ke kawasan Anggut Atas di pusat Kota Bengkulu.

{next}

Kuliner Gulai Kemba’ang

Liburan ke Bengkulu, pastikan juga mencicipi lezatnya kuliner Gulai Kemba'ang khas Bengkulu. Gulai iga sapi dengan paduan bumbu rempah pilihan dan kuah santan. Efek kunyit menjadikan kuahnya berwarna kuning khas. Tekstur dagingnya lembut, secara keseluruhan rasanya gurih, lezat dan menggugah selera.

Gulai Kemba'ang ini juga merupakan makanan favorit masyarakat Bengkulu sebagai teman makan nasi. Sering kali makanan ini menjadi menu spesial pada waktu atau acara spesial, pada bulan Ramadhan dan Lebaran. Bila ingin mencicipinya, banyak warung-warung tradisional Bengkulu yang kini menyediakannya.

Gulai Pisang Bengkulu

Kuliner khas Bengkulu selanjutnya adalah Gulai Pisang. Unik, karena olahan buah pisang biasanya banyak berupa makanan manis atau keripik. Orang Bengkulu yang kreatif memungkinkan buah ini diolah menjadi gulai. Bahkan ini bukan makanan baru, tapi kuliner yang berusia tua sebagai peninggalan nenek moyang.

Sayangnya, kini Gulai Pisang Bengkulu tergolong makanan langka karena masyarakat sudah jarang yang memasaknya. Meski begitu, bukan berarti tak ada sama sekali. Jika mau mencicipinya, Anda bisa datang ke Rumah Makan Bunga. Lokasinya di Jalan Ratu Agung No. 4, RT/RW 04/09, Penurunan, Kota Bengkulu.

Kue Lepek Binti Bengkulu

Lepek Binti adalah jenis kue basah tradisional. Sekilas bentuknya mirip Kue Nagasari karena sama-sama dibungkus daun pisang tapi bahan pembuatan dan rasanya beda. Bahannya adalah tepung ketan, garam dan santan. Isian memakai daging giling berbumbu khusus dengan tambahan lengkuas dan daun salam.

Kuliner Lema Khas Kepahiang

Kuliner tradisional khas Bengkulu juga termasuk Lema yang merupakan makanan tradisional suku Rejang. Lema terdiri dari cincangan rebung bercampur ikan mujair dan sepat. Adonan tersebut selanjutnya akan melalui proses fermentasi kurang lebih tiga hari sebelum siap masak dan menjadi lauk saat makan nasi.

Meskipun makanan tradisional Bengkulu ini menghasilkan aroma yang kurang sedap namun banyak yang menyukainya. Aroma dan cita rasa kuliner khas Bengkulu ini demikian unik, selera khas Sumatera dengan rasa cenderung asam dan pedas. Masyarakat Bengkulu memasak makanan ini bersama santan dan ikan.

{next}

Bagar Hiu Khas Bengkulu

Bagar Hiu termasuk kuliner khas Bengkulu yang langka. Sulit mendapatkannya, kecuali hari-hari tertentu, Ramadhan misalnya. Seperti namanya, Bagar Hiu adalah lauk daging ikan hiu. Ada yang bilang, Bagar Hiu merupakan salah satu makanan kesukaan Bung Karno ketika beliau diasingkan oleh Belanda ke Bengkulu.

Yang membuat makanan ini langka, selain karena harga daging hiu yang mahal, butuh keahlian khusus untuk memasaknya. Bagar Hiu termasuk dalam kategori gulai yang mirip dengan rendang khas Padang. Sebagai pembeda, jika kuah rendang Padang berbahan santan, Bagar Hiu memakai kelapa yang disangrai.

Lemang Tapai Bengkulu

Jika orang Minangkabau memiliki malamang sebagai tradisi memasak lemang, masyarakat Bengkulu juga punya tradisi serupa, yakni "Lemang Tapaian". Lemang Tapai sebenarnya merujuk pada dua jenis makanan berbeda yakni lemang dan tapai. Tapi, kedua makanan tersebut telah mentradisi dinikmati bersama-sama.

Bahan lemang adalah beras ketan, santan dan garam yang dimasak dalam bambu berlapis daun pisang lalu dibakar berjejer dengan bara api. Adapun Tapai adalah campuran beras ketan hitam dan putih yang diaron dan dikukus. Tidak hanya itu, tapai juga akan melalui proses fermentasi selama 2 hari 2 malam.

Perut Punai Khas Bengkulu

Makanan tradisional Bengkulu yang terakhir dalam daftar ini adalah Kue Perut Punai. Namanya merujuk bentuknya yang seperti perut burung Punai. Mirip Perut Ayam khas Jawa, namun lebih kecil. Rasanya lezat dengan 2 varian, yakni rasa yang manis berbalut gula aren dan rasa asin yang gurih dari adonan tepung.

Kue Perut Punai merupakan jenis kue kering dari tepung beras, salah satu jajanan kesukaan masyarakat Bengkulu. Sama halnya dengan Bay Tat dan Lempuk Durian, kue ini juga menjadi oleh-oleh khas Bengkulu yang populer. Mudah mendapatkannya. Nikmati kue ini enaknya bersama segelas kopi atau teh hangat.

Jadi, tentukan makanan mana yang akan masuk dalam daftar buruan Anda. Semuanya? ide yang bagus dan perlu sedikit usaha, terutama jika mau mencicipi kuliner yang terbilang langka. Baca juga Tempat Wisata Bengkulu. Apabila membutuhkan penginapan atau hotel, lihat daftarnya melalui tautan, DI SINI.