Pantai Bengkulu - 10+ Wisata Pantai Indah dan Terkenal di Bengkulu

Bagi para traveler, pariwisata Bengkulu menjanjikan berbagai pengalaman. Tidak hanya wisata sejarah dan budaya, pemandangan alam di Bengkulu juga elok mempesona. Selain gunung-gunung yang menjulang tinggi serta danau-danau indah menenangkan, objek wisata pantai Bengkulu pun begitu mengagumkan.

Pantai Bengkulu
Pantai Panjang, credit: instagram.com/exa_fr

Di bawah ini telah tersaji daftar pantai indah di Bengkulu. Tentu, belum mencakup semua dan tidak juga mengesampingkan keindahan pantai lain yang tidak masuk di dalamnya. Daftar pantai ini hanya sebagai pengantar. Agar, Anda mendapat gambaran awal sebelum benar-benar berangkat dan tiba di Bengkulu.

Pantai Jakat Kota Bengkulu

Pantai Jakat Kota Bengkulu
credit: instagram.com/omcuuu

Pantai Jakat (Zakat) adalah pantai rakyat yang ideal untuk menghilangkan penat. Berada di sekitar pusat kota, dekat dengan Benteng Marlborough yang bersejarah. Mudah mencapainya. Ini adalah satu di antara tempat wisata yang selalu ramai di Kota Bengkulu karena memiliki beragam wahana dan fasilitas wisata.

Peta Lokasi: Bajak, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: Rp5.000 (parkir)

Pantai Panjang di Bengkulu

Pantai Panjang di Bengkulu
credit: instagram.com/omcuuu

Bisa dikatakan bahwa inilah pantai yang paling ikonik di Bengkulu. Pantai Panjang, nama sederhana untuk mencitrakan pasir putihnya yang landai memanjang sejauh 7 km. Hampir tanpa pohon kelapa, tapi teduh oleh pohon pinus dan cemara. Ini adalah kawasan wisata utama, lengkap fasilitasnya, mall pun tersedia.

Peta Lokasi: Kec. Ratu Agung, Kec. Teluk Segara, Kec. Ratu Samban. Peta
Tiket Masuk: Rp2.000 (parkir)

Wisata Pantai Tapak Paderi

Wisata Pantai Tapak Paderi
credit: instagram.com/omcuuu

Tapak Paderi juga merupakan pantai populer di pusat kota. Dekat dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Pesona alam dan kemeriahan wisatanya pun memikat. Pantai Tapak Paderi hadir memadukan wisata alam dan sejarah. Di sinilah pelabuhan laut pertama di Bengkulu, hanya beberapa meter dari Fort Marlborough.

Peta Lokasi: Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: Rp5.000 (orang) / Rp2.000 (parkir)

Pantai Sungai Suci Bengkulu

Pantai Sungai Suci Bengkulu
credit: instagram.com/omcuuu

Di kabupaten Bengkulu Tengah, Anda bisa mengunjungi Pantai Sungai Suci yang eksotik. Meski ada istilah "sungai" pada namanya, tidak ada sungai pada kenyataannya. Yang ada hanyalah pulau kecil sebagai spot ideal menyaksikan luasnya Samudera Hindia. Tenang saja! tersedia jembatan gantung untuk mencapainya.

Peta Lokasi: Pasar Pedati, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: ± Rp3.000 (orang) / Rp5.000 (jembatan)

Wisata Pantai Padang Betuah

Wisata Pantai Padang Betuah
credit: instagram.com/omcuuu

Masih di Bengkulu Tengah, melebarlah ke Pantai Padang Betuah yang terkenal dengan gulungan ombak yang menawan. Sudah biasa? bagaimana jika ada Danau Gedang yang menakjubkan di dekat pantainya?. Bahkan lebih dari itu, komposisi tebing-tebing curam turut menyempurnakan eksotika pesisir pantainya.

Peta Lokasi: Pasar Pedati, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: ± Rp3.000 (orang) / Rp5.000 (jembatan)

Pantai Pasar Bawah Manna

Pantai Pasar Bawah Manna
credit: instagram.com/mettriy_12

Di kabupaten Bengkulu Selatan, meluncurlah Anda ke Manna. Di sana ada Pantai Pasar Bawah nan meriah, jujugan muda-mudi sekitar Kota Manna. Saking seringnya dikunjungi oleh mereka, ada yang mengatakan bahwa pantai ini menyimpan seribu kenangan asmara. Momen sunset di sini selalu ditunggu dan dirindu.

Peta Lokasi: Pasar Bawah, Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: -

Pantai Bengkenang Manna

Pantai Bengkenang Manna
credit: instagram.com/tegesan_kretek

Sekira 10 menit berkendara dari Pasar Bawah, Anda juga bisa mendapati Pantai Bengkenang yang indah. Tinggi jajaran pohon kelapa di pesisirnya senantiasa mengabarkan semilir lembut angin pantainya. Lokasi pantai ini terletak di dekat perkampungan warga. Ada Sungai Bengkenang yang mengalir di sekitarnya.

Peta Lokasi: Tj. Besar, Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: -

Pantai Way Hawang Kaur

Pantai Way Hawang Kaur
credit: instagram.com/fredy_yoan

Di ujung timur Bengkulu, temukanlah Desa Way Hawang dan nikmati pantai berpasir putih membentang. Sekitar 15 km dari Kota Bintuhan. Hanya beberapa meter dari jalan lintas barat Sumatera. Satu hal yang ikonik dari Pantai Way Hawang adalah karang seperti perahu. Di sini juga ada pusat penangkaran penyu.

Peta Lokasi: Maje, Way Hawang, Kaur, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: -

Pantai Linau Kaur Bengkulu

Pantai Linau Kaur Bengkulu
credit: instagram.com/adibmubaraq

Sekitar 4 km dari Pantai Way Hawang, ada Pantai Linau dengan ekosistem pasir putih kecoklatan yang menakjubkan. Bening airnya bak kaca menyimpan pesona lain di bawah lautnya. Linau juga merupakan pantai teluk tempat bersandar beraneka kapal. Apabila datang ke sini, jangan lupa menyantap Sate Gurita.

Peta Lokasi: Jalan Lintas Barat, Linau, Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: -

Pantai Laguna Samudera

Pantai Laguna Samudera
credit: instagram.com/omcuuu

Pantai Laguna Samudera adalah pantai asri yang layak dikagumi. Kecantikan alamnya tersaji tidak terlalu jauh dari perbatasan, Lampung dan Bengkulu. Putih landai hamparan pasirnya, bersih jernih bentangan air lautnya, menenangkan suasananya, cukup memadai pula fasilitasnya. Spot foto dan penginapan juga ada.

Peta Lokasi: Desa Merpas, Kec. Nasal, Kabupaten Kaur, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: -

Pantai di Pulau Enggano

Pantai di Pulau Enggano
credit: instagram.com/exa_fr

Pastikan durasi petualangan Anda panjang. Setidaknya, hingga tiba di pulau terluar di Samudera Hindia. Pulau Enggano namanya. Pantainya indah dengan ombak besar yang ideal bagi peselancar. Lebih dari itu, pesona bawah lautnya pun mengagumkan. Snorkeling diving merupakan aktivitas yang wajib dilakukan.

Peta Lokasi: Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Peta
Tiket Masuk: Rp59.000 - Rp100.000 (penyeberangan)

Demikian daftar beberapa rekomendasi objek wisata pantai di Bengkulu. Bisa juga melihat daftar Tempat Wisata di Bengkulu jika ingin pilihan tempat wisata yang lainnya. Selebihnya, apabila butuh penginapan atau hotel di Bengkulu, manfaatkan fitur "Cari Hotel" yang tersedia di sebelah kanan. Selamat berwisata!