Beranda
Banyumas
Danau
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Telaga Kumpe Banyumas - Info Harga Tiket, Fasilitas dan Rute

Khususnya untuk traveler penyuka wisata alam, Kabupaten Banyumas memiliki beraneka pilihan tempat yang cantik dan pastinya menarik dikunjungi. Air terjun termasuk opsi wisata yang banyak tersebar di areanya. Selain itu, ada sejumlah telaga yang asri berseri. Telaga Kumpe adalah salah satu yang terindah di sana.

Berjarak kurang lebih 30 menit berkendara dari air terjun Curug Cipendok yang terkenal, Anda bisa mendatangi objek wisata alam berupa danau ini di Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Gununglurah. Untuk info rute, fasilitas, dan harga tiket Telaga Kumpe Banyumas, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Telaga Kumpe Banyumas

Telaga Kumpe merupakan danau yang indah dengan suasana yang tenang, dan pemandangan alam yang benar-benar memanjakan mata. Objek wisata ini ideal bagi siapapun yang ingin healing, sejenak menjauh dari keramaian, melepaskan penat dari rutinitas harian. Tempat yang sempurna untuk menyembuhan diri.

Sejauh mata memandang hanyalah keindahan melalui perairan telaga yang luas berlatar hijau rindang pepohonan. Suasana alam khas pegunungan yang damai menenangkan begitu mendominasi, didukung udara yang bersih dan cenderung dingin. Siang hari yang terik pun tak terlalu terasa berkat kesejukan udaranya.

Sebagai tujuan liburan keluarga, telaga ini adalah tempat piknik yang sempurna. Sekedar bersantai menikmati suasana dan mengagumi keindahan alam menjadi aktivitas wisata yang biasa dilakukan. Bisa juga memancing maupun memberi makan ikan karena Telaga Kumpe juga merupakan habitat bagi ragam jenis ikan.

Tidak hanya itu, banyak kegiatan menarik lainnya, satu diantaranya menjelajahi perairan dengan perahu sampan yang sejauh ini menjadi daya tarik utamanya. Anda bisa mengarungi telaga yang tenang dalam nuansa yang damai, sembari menemukan sudut yang layak diabadikan dengan smartphone maupun kamera.

Terutama untuk traveler kekinian penyuka fotografi dan selfie, pastinya banyak spot foto yang instagramable di Telaga Kumpe Banyumas. Objek wisata ini juga meliputi beberapa petilasan yang bisa wisatawan kunjungi. Ada Petilasan Mbah Sapu Jagat, Petilasan Watu Rajut, Petilasan Rantansari, dan lain sebagainya.

Demikianlah adanya, sejarah Telaga Kumpe Cilongok memang kental dengan hal-hal yang berbau mistis, mitos, dan legenda. Pun demikian dengan namanya, Kumpe merujuk pada tanaman air yang dikatakan hanya ada di sini dan berjenis perempuan. Adapun Kumpe yang berjenis laki-laki terdapat di Telaga Ranjeng.

Istilah Kumpe merupakan singkatan dari kata bahasa Jawa, yakni "dikum dan dipe" artinya direndam dan dijemur. dikum karena akarnya ada di bawah air, dipe karena daunnya dijemur di atas air. Dalam legenda, telaga ini adalah jejak kaki Bima saat ingin meletakkan Gunung Slamet sebagai paku tonggak Pulau Jawa.

{next}

Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka

Fasilitas wisata di kawasan telaga ini sudah lengkap memadai. Untuk menunjang aktivitas wisatawan, tersedia wahana air berupa perahu sampan, beberapa spot foto yang instagenik, serta spot wisata lain berupa petilasan. Fasilitas yang lain meliputi mushola, area istirahat berupa gazebo, toilet dan area parkir yang luas.

Selain itu banyak warung makanan dan minuman. Tersedia juga camping ground bagi mereka yang suka berkemah. Selebihnya, perihal harga tiket masuk Telaga Kumpe, wisatawan hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000. Biaya lain untuk parkir Rp 2.000 - Rp 5.000. Jam buka mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Lokasi dan Rute ke Telaga Kumpe Cilongok

Telaga Kumpe beralamat di Dusun III, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sekira 34 kilometer atau 1 jam berkendara apabila Anda berangkat dari kawasan Alun-Alun Banyumas. Atau, 40 menit bila berangkat dari Purwokerto dengan menempuh jarak kurang lebih 20 kilometer.

Rute dari Alun-Alun Banyumas bisa melalui Jl. Jaya Sirayu menuju Jl Raya Notog lalu ke Jl. Endep-Notog. Lanjut perjalanan di Jl. Panusupan, Jl. Raya Jatibasa dan Jl. Raya Sudirama menuju Jl. Kalimanggis Raya. Lalu, belok ke Jl. Raya Sambirata terus ke Jl. Glempang menuju telaga. Untuk mempermudah, lihat Peta Lokasi.