Air Terjun di Lombok Utara - 10 Air Terjun Indah dan Wajib Dikunjungi

Keindahan alam merupakan daya tarik utama wisata di Pulau Lombok. Setiap daerah di sana punya ragam lanskap alam yang menakjubkan, termasuk di Kabupaten Lombok Utara. Meski pesona bahari Kepulauan Gili tetaplah menjadi menu utama, keindahan air terjun di Lombok Utara pun sangat wajib untuk dipertimbangkan.

Air Terjun di Lombok Utara
credit: Yon illahi, CC BY-SA 4.0

Sebagai kabupaten termuda di Nusa Tenggara Barat, Lombok Utara merupakan surga wisata air terjun di Pulau Lombok. Sebagian air terjun terkenal di Lombok berada di kabupaten ini. Namun, banyak juga yang masih tersembunyi. Berikut daftar rekomendasi air terjun Lombok Utara yang terindah dan wajib sobat kunjungi.

Air Terjun Sendang Gile Senaru

Air Terjun Sendang Gile Senaru
credit: instagram.com/laluzeka_jaya

Berada di jalur pendakian Gunung Rinjani di Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah objek wisata alam terkenal di Lombok. Dari ketinggian tebing sekira 30 meteran, air jatuh terbagi menjadi dua tingkat. Udaranya sejuk menenangkan, damai hutan mengiringi Anda sepanjang jalan hingga tiba di air terjunnya.
Tiket Masuk: IDR 10K
Lokasi: Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Peta

Tiu Teja Waterfall Lombok Utara

Tiu Teja Waterfall Lombok Utara
credit: instagram.com/lalu_puri_

Meski termasuk air terjun tersembunyi, Air Terjun Tiu Teja menawarkan keindahan yang wajib diminati. Desain alam memungkinkan air jatuh terbelah jadi dua, semakin sempurna ketika besar debit airnya. Karena itu air terjun berketinggian kurang lebih 50 meter ini juga menyandang nama air terjun kembar Tiu Teja.
Tiket Masuk: IDR 8K-13K (termasuk parkir)
Lokasi: Santong, Kayangan, Lombok Utara, NTB. Peta

Air Terjun Tiu Kelep di Senaru

Air Terjun Tiu Kelep Lombok
credit: unsplash.com/@benijanos

Berada di kaki Gunung Rinjani, Air Terjun Tiu Kelep adalah wisata alam terkenal di Lombok. Berjarak kurang lebih 45 menit trekking dari Sendang Gile, Tiu Kelep hadir dengan satu air terjun utama. Namun, air yang terjun di Tiu Kelep terlihat unik dan sangat eksotik karena berhias jajaran air terjun yang lebih rendah.
Tiket Masuk: IDR 10K
Lokasi: Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Peta

Wisata Air Terjun Tiu Sekeper

Wisata Air Terjun Tiu Sekeper
credit: instagram.com/lalu_puri_

Terkhusus jika Anda punya gairah petualang yang tinggi, Tiu Sekeper adalah salah satu air terjun Lombok Utara yang menarik dikunjungi. Dengan tinggi mencapai 100 meter, Air Terjun Tiu Sekeper tampil sebagai yang tertinggi di Lombok. Hanya saja, butuh trekking hingga 6 jam ke dalam hutan untuk bisa mencapainya.
Tiket Masuk: IDR 8K-13K (termasuk parkir)
Lokasi: Santong, Kayangan, Lombok Utara, NTB. Peta

Tiu Ngumbak di Lombok Utara

Fasilitas dan Harga Tiket Air Terjun Tiu Ngumbak
credit: instagram.com/lalu_puri_

Apabila sobat juga menyukai eksotika budaya, kunjungi Air Terjun Tiu Ngumbak. Bertualang ke air terjun ini, Anda akan melalui Kampung Adat Beleq di Desa Gumantar, desa tertua di Lombok Utara. Air terjun ini berdampingan. Satunya rendah, satunya lagi jatuh dari tebing yang menjulang. Sekitar 40 meter tingginya.
Tiket Masuk: -
Lokasi: Beleq, Gumantar, Kayangan, Lombok Utara, NTB. Peta

Tiu Bombong di Desa Santong

Air Terjun Tiu Bombong Lombok
credit: instagram.com/lalu_puri_

Di sekitar desa Santong tersebar sejumlah air terjun indah, Air Terjun Tiu Bombong adalah salah satunya. Sekilas mirip dengan Tiu Teja, air terjun kembar pun jadi julukannya. Namun, tebingnya cekung ke dalam sehingga air yang jatuh nampak jauh. Perlu trekking sekitar satu jam dari dusun terakhir untuk mencapainya.
Tiket Masuk: -
Lokasi: Sempakoq, Santong, Kayangan, KLU, NTB. Peta

Air Terjun Kalianjah Sambik Elen

Air Terjun Kalianjah
credit: instagram.com/adhy_nata

Dari sekian objek wisata air terjun di Lombok Utara, air terjun Kalianjah adalah salah satu yang banyak peminatnya. Untuk mencapainya cukup mudah, tiket masuknya murah meriah. Dan yang pasti, air terjun ini sangatlah indah. Debit airnya cukup besar bergemuruh. Warna airnya lebih putih karena bercampur belerang.
Tiket Masuk: IDR 2K-3K
Lokasi: Lenggem Sari, Sambik Elen, Bayan, KLU, NTB. Peta

Air Terjun Tiu Lawean Gumantar

Air Terjun Tiu Lawean Gumantar
credit: instagram.com/laluzeka_jaya

Tiu Lawean juga merupakan sudut keindahan di sekitar Desa Gumantar. Jika nekat ke sini, siapkan energi 1 jam berjalan kaki melalui medan ekstrim menjelajah bukit dan menyusuri sungai. Ada bonus air terjun lain bernama Tiu Grasing dalam perjalanan tersebut. Saran terbaik mintalah jasa pemandu dari warga setempat.
Tiket Masuk: -
Lokasi: Beleq, Gumantar, Kayangan, Lombok Utara, NTB. Peta

Wisata Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga Lombok Utara
credit: instagram.com/laluzeka_jaya

Berpetualang menjelajah air terjun di Lombok Utara, mampir juga ke Kerta Gangga. Area ini punya setidaknya 3 air terjun. Yang pertama, yang tertinggi memiliki kemiringan 45 derajat. Air terjun kedua seolah berada di dalam goa, airnya mengalir hingga tiba di air terjun ketiga. Namun, yang terakhir ini cukup jauh lokasinya.
Tiket Masuk: 5K
Lokasi: Kertaharja, Genggelang, Gangga, KLU, NTB. Peta

Air Terjun Tiu Pupus di Lombok

Air Terjun Tiu Pupus Lombok
credit: instagram.com/semet__

Berlokasi cukup dekat dengan Kerta Gangga, Air Terjun Tiu Pupus menawan dengan daya tarik tersendiri. Selain indah, Tiu Pupus juga menawarkan kebermanfaatan bagi petani di sekitarnya. Dengan tinggi 40-50 meter, airnya jatuh tertampung di sebuah bendungan. Dari air inilah pengairan sawah petani tercukupi.
Tiket Masuk: sukarela
Lokasi: Kerurak, Genggelang, Gangga, KLU, NTB. Peta
Demikian daftar rekomendasi wisata air terjun di Lombok Utara. Tentu, yang tersebut di atas belumlah mencakup semua air terjun yang ada di sana. Apabila durasi wisata kali ini panjang, bisa juga mampir ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Atau, melebar ke Kabupaten Lombok Tengah, menjelajahi Pantai di Mandalika.


EmoticonEmoticon