Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Goa Cina Malang - Sejarah, Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Pantai Goa Cina merupakan satu di antara sekian wisata pantai populer yang ada di kawasan Malang Raya. Pantai yang dulunya bernama Pantai Rowo Indah ini bisa Anda kunjungi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Fenomena dan Daya Tarik Wisata

Seperti umumnya Pantai Malang yang seluruhnya berada di garis pantai selatan, Pantai Goa Cina memiliki ombak yang besar. Panoramanya yang khas menawarkan daya tarik tersendiri. Semakin indah dengan tiga pulau di tengahnya, Pulau Bantengan, Pulau Goa China dan Pulau Nyonya.

Goa Cina adalah pantai yang asri. Berbagai macam pepohonan termasuk pohon tutup, cembirit, ketapang berjajar rapi dan semakin mempercantik alam pantai ini. Keberadaan pohon-pohon tersebut sangat ideal dijadikan tempat berteduh, sembari menikmati jernihnya air di bibir pantai.

Salah satu yang menjadi daya tarik Goa Cina adalah keberadaan fenomena alam yang langka. Sering terjadi gelombang bersimpangan tak karuan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Menariknya, gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya.

Karena arus gelombang yang begitu kuat sehingga menimbulkan suara yang bergemuruh. Bahkan karena ombak yang begitu besar, tidak ada pelayan yang berani bersandar di Goa Cina. Sejauh ini, pantai ini hanya menjadi jalur lalu lintas nelayan yang menuju ke Pantai Sendang Biru.

Sejarah Pantai Goa Cina Malang

Seperti yang tersebut di awal, pantai ini dulunya bernama Pantai Rowo Indah. Pergantian nama menjadi Goa China berawal dari peristiwa kematian seorang pertapa China di dalam goa yang ada di kawasan pantai. Goa tersebut terletak 50 meter di sebelah kanan dan berada di bukit karang.

Hingga saat ini, tidak ada catatan resmi tentang tahun tragedi kematian tersebut, namun banyak warga di sekitar yang menyakini kejadian tersebut terjadi 20 tahunan yang lalu. Seiring dengan populernya peristiwa itu, pantai ini lebih dikenal dengan nama Goa Cina ketimbang Rowo Indah.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu wisata pantai terkenal di Kabupaten Malang, pantai ini telah dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk para wisatawan yang datang. Fasilitas yang tersedia meliputi warung makan, tempat beribadah, masjid, kamar mandi umum, serta tempat parkir yang cukup luas.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 15.000
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4 ++Rp 10.000
Note: harga tiket masuk Pantai Goa Cina yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute ke Pantai Goa Cina Malang

  1. Rute Pertama : Dari Kota Malang ke arah Turen. Belok ke arah selatan menuju ke daerah Sumermanjing Wetan. Lalu, meneruskan perjalanan ke arah Pantai Sendang Biru sampai menemukan sebuah pertigaan di Jalur Lintas Selatan. Pilih ke arah kanan untuk menuju Goa Cina. Jalur ini sudah beraspal namun harus naik turun gunung.
  2. Rute Kedua : Kota Malang ke Kepanjen. Kemudian lanjutkan ke arah Pagak, terus ke daerah Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Gondanglegi dan melanjutkan ke Bantur. Dari Bantur, lanjut ke arah Balekambang. Sampai perempatan belok ke kiri menuju Pantai Goa Cina. Jalur ini beraspal, namun lebih bagus. Peta Rute.