Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Air Terjun Sendang Gile, Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, Rute

Air Terjun Sendang Gile. Wisata Lombok menonjol melalui keindahan alamnya yang menakjubkan. Wisata bahari merupakan primadonanya, terutama melalui ketiga Pulau Gili di barat lautnya. Namun, jika pantai bukan selera Anda, bisa juga mencoba meluncur ke daerah dataran tingginya.

Taman Nasional Gunung Rinjani selalu siap sedia menampung pecinta keindahan alam. Datanglah, tidak perlu sampai ke puncak Rinjani yang populer itu. Bahkan di sekitar pintu masuknya saja, Anda bisa menemukan objek wisata air terjun yang hijau mempesona, Sendang Gile Waterfall namanya.

Daya Tarik Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile bisa Anda kunjungi di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, NTB. Dari dasar sungainya, air terjun ini berketinggian sekitar 31 meter dengan dua tingkatan. Desain alam membentuknya sempurna hingga memicu decak kagum siapa pun yang berada di sekitarnya.

Masyarakat menyebut air terjun ini "Batu Ko'" atau batu kerbau. Perihal nama Sendang Gile, ada cerita tentang pemburuan singa gila yang lari ke hutan setelah mengacaukan kampung. Oleh penduduk, singa gila itu diberi sebutan sengang gile. Namun, lambat laun pelafalannya menjadi sendang gile.

Berkunjung ke air terjun Sendang Gile berarti bersiap melakukan petualangan alam dalam nuansa penuh rasa ketakjuban. Kesan petualangan pastinya unik bagi masing-masing traveler, termasuk juga bergantung pada jalur mana yang Anda pilih untuk mencapai air terjun ini.

Untuk jalur umum, melalui gerbang utama, Anda akan berhadapan dengan dua ratusan anak tangga. Jadi, bersiaplah mendaki anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter tersebut. Ada juga jembatan berlubang melalui sebuah lembah. Butuh 15 menit untuk sampai di lokasi.

Jalur kedua adalah jalur irigasi yang lebih menantang, lebih santai dan tidak terlalu menguras tenaga karena tidak harus melewati anak tangga yang begitu banyak. Selama trekking di jalur ini, Anda akan dimanjakan hamparan keindahan pemandangan lahan persawahan dan hutan.

Semua tergantung gairah petualang Anda, yang pasti sisakan rasa kagum ketika sampai di Sendang Gile Waterfall. Nikmati sejuk udaranya, bersantai atau lakukan apapun penuh etika di batu-batu yang mendominasi lahan sekitar air terjun ini. Pesan secangkir minuman hangat merupakan ide yang sempurna.

Ada lagi? basahi diri, mandi di bawah terpaan air terjunnya atau berendam di aliran sungainya. Jika durasi berlebih, lanjutkan ke Air terjun Tiu Kelep untuk mendapatkan sensasi dan pemandangan yang berbeda. Lokasinya tidak terlalu jauh dan masih satu aliran dengan Air Terjun Sendang Gile.

{next}

Rute Lokasi Sendang Gile Lombok

Dari Mataram, desa Senaru bisa Anda capai dengan sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa memilih jalur Lendang Bajur di Gunung Sari. Rute angkutan ini akan melewati kawasan hutan Baun Pusuk dan langsung menuju desa Senaru.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di Lombok. Bisa memilih jalur pesisir barat melalui Pantai Senggigi dan melewati Bukit Malibu. Selain durasi perjalanannya lebih singkat (2 jam), pemandangan selama perjalanan dalam rute ini sangat menakjubkan. Peta Lokasi.

Lokasi Sendang Gile Waterfall : Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Tidak banyak fasilitas yang ada di lokasi objek wisatanya. Di sekitar air terjun ini hanya terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Untuk akomodasi, sebagai jalur pendakian Gunung Rinjani, desa Senaru memiliki banyak penginapan dan hotel di sekitarnya.

KeteranganHarga
Tiket Masuk WisnusRp 10.000
Tiket Masuk WismanRp 20.000
Parkir KendaraanRp 5.000-10.000
Note: harga tiket masuk Sendang Gile Waterfall yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rekomendasi Hotel Bagus Senaru