Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Sumber Pitu Pujon Malang - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Rute

Sumber Pitu Pujon Malang. Sedari dulu begitulah Malang, pesona alamnya tiada akhir. Semakin detail menjelajahinya, makin tenggelam kita di belantara keindahan. Melalui jajaran pegunungan di wilayahnya, bertebaran air terjun yang turut mendefinisikan pesona keindahan alamnya.

Selain di Tumpang, di Pujon juga ada air terjun bernama Sumber Pitu. Di Jawa Timur air terjun lazim disebut "coban", maka jadilah wanawisata ini dinamakan Coban Sumber Pitu. Jika Kamu suka, segera menuju ke Desa Pujon Kidul, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Daya Tarik Sumber Pitu Pujon

Sebagai pengingat, jangan salah memilih tujuan. Artikel ini lebih menggambarkan air terjun yang berlokasi di daerah Pujon Selatan, bukan yang ada di daerah Tumpang. Jarak kedua air terjun tersebut cukup jauh hingga membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan berkendara.

Coban Sumber Pitu di Pujon merupakan menu utama dalam sajian alam yang tersaji. Menawarkan benteng tebing berkarakter khas sebagai penggambaran kokohnya perlindungan alam. Hijau adalah warna yang mendominasi, melalui tetumbuhan yang menyelimuti kekokohan tebing itu.

Warna hijau alam yang berkombinasi dengan karakter keras bebatuan tebing makin cantik dengan garis-garis air yang jatuh dari celah-celahnya. Siapa saja pasti secara jujur mengaguminya. Itu saja? tidak! lanjut membaca agar tahu keindahan air terjun ini secara lebih sempurna.

{next}

Aktivitas di Coban Sumber Pitu

Darimanapun arah kedatanganmu, nuansa pegunungan akan menyertai. Jadi, persiapkan gairah wisata sejak tiba di Malang. Mengkondisikan suasana hati yang senang itu penting, mengingat perjalanan ini panjang. Itu masih akan ditambah perjuangan melalui medan yang menantang.

Seiring kedekatan jarak, cobalah bersahabat dengan suasana perdesaan. Kagumi alam, resapi sejuk udara atau hayati polos wajah penduduknya. Umumnya pengunjung memarkir kendaraan di pos pertama. Namun, jika memungkinkan (jalan tidak licin) bisa parkir di pos selanjutnya.

Dari pos tersebut persiapkan energi, jalur setapak berundak mulai menantang dan melalui perkebunan sayur. Sekurang-kurangnya satu jam mendaki sebelum mendapati jalur turunan yang cenderung licin. Berhati-hatilah, manfaatkan tali yang tersedia di sekitar sebagai pegangan.

Ketahuilah bahwa tali tersebut juga sebagai pembatas jalan dengan jurang yang curam. Air Terjun Coban Tunggal merupakan menu pembuka untuk menikmati percikan dinginnya air pegunungan. Istirahatlah dan nikmati yang ada sebelum belok kiri dan melihat Sumber Pitu dari kejauhan.

Jangan lupa! perhatikan juga medannya, sadarlah bahwa jalan menanjak terjal kembali menuntut perjuangan. Lagi-lagi, hati-hati dengan licinnya medan bebatuan dengan tali tambang di kiri kanan. Selamat datang di Sumber Pitu (sebagian yang lain menyebut Coban Gerojokan Pitu).

Nikmati keindahan ini dengan tetap penuh etika. Bergembiralah dengan sesekali mengabadikan spot terbaik yang Kamu suka. Cobalah memasuki ketenangan dan dengarkanlah suara alam. Rasakan kesejukan udara dan airnya, atau apapun itu yang memicu rasa bersyukurmu.

Belum puas dengan apa yang tersaji di Coban Sumber Pitu? Pastikan energi tersisa untuk kembali mendaki. Setelah sekira 15 menit, nikmati air terjun lain, Coban Papat namanya. Bermanjalah dalam kesejukan dan keindahannya, puaskanlah petualangan sembari tetap menjaga etika.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas Air Terjun Sumber Pitu bisa ditemukan di pintu masuk sebagai tempat loket wisata. Di sinilah pengunjung menemukan beberapa warung penjual makanan dan minuman, sekaligus toilet. Di tempat ini pula ada lahan cukup lapang sebagai tempat parkir kendaraan.

Bila memarkir kendaraan di pintu masuk atau di pos pertama, masih perlu waktu sekira setengah jam trekking untuk bisa sampai di tempat parkir selanjutnya. Perlu Kamu ketahui, lahan parkir di bagian atas hanya bisa kamu capai ketika kondisi jalan memungkinkan (tidak licin).

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
ParkirRp 5.000
Note: harga tiket Sumber Pitu Pujon dalam daftar tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu

Rute Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Setidaknya ada dua rute untuk mencapai Desa Pujon Kidul, tempat air terjun ini berada. Dua rute ini bergantung arah kedatanganmu. Rute pertama dari Malang-Batu-Pujon. Ketika sampai di Kota Batu, lanjut ke arah Pujon hingga di pertigaan patung sapi, pintu masuk Air Terjun Coban Rondo.

Lewati pertigaan itu dan temukan pertigaan lain yang tidak jauh. Pertigaan kedua bernama Ringin Punden, belok kiri menuju Dusun Tulungrejo di Desa Pujon Kidul. Ikuti jalan itu dan temukan petunjuk ke Sumber Pitu. Belok kiri masuk perkebunan dan sampailah di Pos Registrasi.

Rute kedua khusus bagi kamu yang datang dari arah Kabupaten Kediri atau Kabupaten Jombang. Lanjutkan perjalanan ke arah Kota Batu melalui Kasembon dan Ngantang. Teruskan hingga tiba di pertigaan Ringin Punden sebelum gerbang wilayah Kota Batu. Manfaatkanlah Peta Lokasi.