Tempat Wisata di Lombok Timur - 10 Destinasi Terindah dan Terbaik

Sama seperti daerah lain di Pulau Lombok, tempat wisata di Lombok Timur juga beragam. Gunung Rinjani yang mendominasi sebagian besar panorama Pulau Lombok juga menitipkan banyak keindahan di Lombok Timur. Belum lagi gili-gili mungil yang menawan serta jajaran pantai indah yang membatasi daratannya.

Tempat Wisata di Lombok Timur
credit: instagram.com/adycandraa

Intinya, wisata ke Lombok pastikan juga melebar ke kabupaten Lombok Timur. Beragam wajah keindahan alam selalu siap sedia menggembirakan siapa saja. Sebagai gambaran awal sebelum sobat benar-benar berangkat, berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Lombok Timur, yang terindah dan wajib Anda kunjungi.

Taman Wisata Pusuk Sembalun Lombok

Taman Wisata Pusuk Sembalun Lombok
credit: instagram.com/djoko_pranoto

“Pusuk” adalah bahasa lokal untuk menyebut “puncak“. Sedangkan "Sembalun" adalah nama desa dan juga nama kecamatan tempat puncak tersebut berada. Menempati wilayah dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1000 mdpl, taman wisata ini menawarkan lanskap molek perlembahan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Karena semakin banyak yang mengunjungi dan mengagumi, akhirnya pengelola menyediakan sebuah area khusus semacam view point sebagai tempat terbaik untuk menikmati pemandangan. Terlihat lembah hijau yang senantiasa segar berhias pemukiman dan juga peternakan melengkapi panorama indah pegunungan.

Taman Wisata Pusuk Sembalun perlahan tapi pasti menjadi salah satu tempat hits di Lombok. Selain menawarkan indahnya pemandangan alam, tempat wisata ini juga merupakan rumah bagi ratusan monyet liar. Jika berkunjung ke sini pastikan tetap berhati-hati karena mereka cenderung usil. Jadi, amankan barang Anda.

Lokasi: Jl. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: IDR 5 K /2 K (parkir)

Air Terjun Mangku Sakti Lombok Timur

Air Terjun Mangku Sakti Lombok Timur
credit: Suryanata budi, CC BY-SA 4.0

Selain Senaru, Sembalun merupakan citra nyata kemolekan Rinjani. Beragam spot alam tersebar acak di areanya, termasuk sejumlah air terjun. Jika Senaru menawarkan eksotika Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Sembalun juga memiliki beberapa air terjun yang tak kalah indahnya, Mangku Sakti salah satunya.

Air Terjun Mangku Sakti tidak saja indah, melainkan juga sangat unik. Air yang terjun tak lagi jernih karena bercampur belerang. Warna kolam airnya cenderung hijau toska. Hal ini diakibatkan karena aliran air terjun ini berasal dari Kokoq Puteq yang bersumber langsung dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Air jatuh bak kapas dari ketinggian sekira 40 meter. Tebing batu yang menjulang seolah menyambung dengan dominasi tatanan bebatuan sepanjang aliran sungainya. Kolam airnya sendiri cukup dalam, sekira 2-3 m. Selain indah, air dari Mangku Sakti yang bercampur belerang berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasi: Sajang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB 83656. Peta
Tiket Masuk: IDR 10 K

Objek Wisata Pohon Purba Pringgabaya

Objek Wisata Pohon Purba Pringgabaya
credit: unsplash.com/@prakosasurya

Jangan kaget jika Kabupaten Lombok Timur merupakan rumah bagi banyak tempat unik dan eksotik. Meluncurlah ke ujung timur hingga tiba di antara Pantai Pidana dan Pantai Sambelia. Selain menikmati kedua pantai tersebut, kunjungi hutan mungil dengan jajaran pohon langka, pohon Lian orang-orang menyebutnya.

Pohon Lian merupakan pohon purba raksasa berketinggian mencapai 40-50 m dan berusia ratusan tahun. Bahkan, menurut masyarakat setempat pohon-pohon ini telah ada sebelum Pemerintahan Belanda. Setidaknya terdapat 40 pohon Lian yang menempati lahan 4 ha dan hanya 1,5 ha yang dikembangkan sebagai objek wisata.

Sebagai tempat wisata, ada yang menyebut tempat ini dengan nama Pohon Purba Pringgabaya, Big Tree Sambelia, Hutan Lian serta Pohon Lian Purba. Bertempat di tepi pantai, fasilitas objek wisata ini sudah cukup bagus. Tersedia fasilitas umum berupa warung, toilet serta lahan parkir. Dekat juga dengan masjid.

Lokasi: Labuhan Lombok, Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: IDR 5 K - IDR 10 K (biaya parkir kendaraan)

Objek Wisata Pantai Pink Lombok Timur

Objek Wisata Pantai Pink Lombok Timur
credit: instagram.com/lalu_puri_

Keunikan tempat wisata di Lombok Timur juga terlihat di Pantai Tangsi. Fenomena alam membuat pantai ini lebih terkenal dengan nama Pantai Pink atau Pink Beach. Sebutan ini juga tidak merujuk pada satu pantai, namun sebutan beberapa pantai yang menempati satu desa yang sama. Ada Pantai Pink I dan II.

Pantai Tangsi adalah pantai indah yang sebenarnya memiliki butir-butir pasir putih bersih. Namun, karena hamparan pasirnya bercampur dengan serpihan karang merah yang mati, sehingga menawarkan nuansa merah muda atau pink. Pasir merah muda semakin terlihat jika kita lihat dari atas bukit sebelah kirinya.

Pantai ini kini semakin terkenal, termasuk sebagai salah satu tujuan wisatawan mancanegara. Selain indah, berkunjung ke Pantai Tangsi memungkinkan Anda untuk melebar ke beberapa pantai sekaligus. Bisa juga berperahu ke Gili Petelu, yakni 3 pulau kecil yang saling terhubung sebagai spot snorkeling terdekat.

Lokasi: Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: IDR 5 K, IDR 30 K - IDR 40 K (public boat)

Objek Wisata Gili Sunut Lombok Timur

Objek Wisata Gili Sunut Lombok Timur
credit: Herman sopian, CC BY-SA 4.0

Masih satu wilayah dengan Pantai Pink, Anda bisa melebar ke Gili Sunut. Sebuah pulau kecil nan indah dan tentu saja unik. Berbeda dengan gili-gili lain yang mengharuskan wisatawan menyeberang dengan sampan atau perahu, Gili Sunut bisa dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

Saat air laut surut, akses jalan berupa pasir yang menghubungkan Lombok dengan Sunut akan terlihat. Meski tidak disarankan, menyeberang saat air pasang pun bisa karena tinggi airnya hanya sebatas lutut orang dewasa. Waktu terbaik mengunjungi pulau ini adalah pagi hari agar mudah mencapainya.

Gili Sunut sudah pasti indah dan sangat alami karena belum banyak yang menjamah. Pantainya yang asri berpasir putih bersih dan landai, ideal untuk bersantai. Gradasi warna lautnya hijau kebiru-biruan, jelas menawan. Gelombang ombaknya pun sangat tenang, sehingga aman jika Anda ingin berenang.

Lokasi: Temeak, Pemongkong, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: -

Tempat Wisata Tanjung Ringgit Lombok

Tempat Wisata Tanjung Ringgit Lombok
credit: instagram.com/lalu_puri_

Jerowaru merupakan surga bahari untuk Kabupaten Lombok Timur. Batas laut dan daratan telah menawarkan ragam eksotika yang secara perlahan terlihat oleh dunia. Pantai Pink, Gili Sunut, Tanjung Bloam, Pantai Semangkok dan masih banyak lagi. Tanpa terkecuali, Tanjung Ringgit di ujung paling timur Jerowaru.

Berhadapan langsung dengan Pulau Sumbawa dan Samudera Hindia, Tanjung Ringgit menghadirkan panorama eksotis melalui dominasi perbukitan bertebing curam membatasi lautnya. Sementara itu, angin berhembus cenderung kencang dan gelombang ombak yang cukup menggila, semakin mendramatisir suasananya.

Tanjung Ringgit sangat ideal bagi para petualang alam. Jika Anda salah satunya, banyak ruang untuk melakukan penjelajahan. Melebarlah, setidaknya hingga tahu bahwa tempat ini menyimpan cerita sejarah. Ada beberapa bangunan peninggalan penjajah Jepang, seperti meriam dan barak berupa goa di sisi utara.

Lokasi: Jl. Lingkok siwaq, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: -

Wisata Alam Gili Kondo Lombok Timur

Wisata Alam Gili Kondo Lombok Timur
credit: Angga Maxzi, CC BY-NC 2.0

Wisata di Lombok Timur menawarkan liburan ke beberapa pulau gili. Selain Gili Sunut, Anda juga bisa melebar ke Gili Kondo. Pulau kecil tak berpenghuni ini sangat menawan, rindang oleh pepohonan. Hamparan pasir putih bersih dengan sejumlah bale dan warung kecil yang semuanya dari bambu dan beratapkan jerami.

Gili Kondo cocok untuk mencari ketenangan. Di sini Anda bisa berenang, bersantai, susur pantai, snorkeling, hingga melihat aktivitas nelayan mencari ikan. Juga, jangan lupa pergi ke Gili Kapal atau Gili Pasir yang hanya terlihat ketika air laut sedang surut. Selain itu, island hopping ke Gili Bidara juga menarik dilakukan.

Untuk mencapai Gili Kondo, Anda bisa lakukan perjalanan menuju Pringgabaya, lebih tepatnya ke Pantai Padak Guar. Dari pantai itulah, Anda bisa menyeberang ke Gili Kondo dan ke gili-gili lain di sekitarnya. Tiket penyeberangan di sini bisa bervariasi. Anda ingin ke Gili Kondo saja atau sekalian island hopping ke gili-gili lainnya.

Lokasi: Labuhan Pandan, Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Penyeberangan: IDR 25K

Objek Wisata Alam Pantai di Teluk Ekas

Objek Wisata Alam Pantai di Teluk Ekas
credit: Fadil Basymeleh, CC BY-NC-ND 2.0

Berbicara mengenai tempat wisata di Lombok Timur, Teluk Ekas juga merupakan destinasi yang wajib masuk daftar utama liburan Anda. Salah satu tempat terbaik untuk berpetualang alam atau menyembuhkan diri dari rutinitas harian. Lanskap baharinya begitu indah, damai menenangkan mendominasi suasana di sana.

Teluk Ekas Lombok Timur memiliki beberapa pantai menawan yang berpasir putih bersih. Perairannya tenang dan jernih. Di sisi timurnya ada tebing karang nan megah dan di sisi utara terlihat latar Gunung Rinjani yang menjulang. Meski perlu membawa alat sendiri, aktivitas menarik adalah snorkeling dan memancing.

Satu yang khas dari Teluk Ekas yakni aktivitas para nelayan. Di sini terdapat 50 pondok apung lengkap dengan sampan bersandar di sisinya. Pondok tersebut berfungsi untuk penangkaran ikan kerapu dan udang. Teluk ini berada di sisi tenggara berjarak sekitar 75 km dari Mataram. Gunakan kendaraan pribadi untuk mencapainya.

Lokasi: Pemongkong, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: -

Desa Wisata Tete Batu di Lombok Timur

Desa Wisata Tetebatu di Lombok Timur
credit: hey tiffany!, CC BY-NC 2.0

Desa Tete Batu merupakan satu dari tiga desa yang ditunjuk mewakili Indonesia dalam Best Tourism Village, yakni lomba internasional dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO). Karena itu, sudah tentu desa wisata ini wajib menjadi tempat wisata di Lombok Timur yang masuk dalam daftar wisata Anda.

Daya tarik Desa Tete Batu sudah menyambut wisatawan sejak di gerbang melalui suasana khas pedesaan. Setidaknya, ada enam spot wisata di Desa Tete Batu. Ada wisata heritage, budaya, alam, ecogreen, area camping ground, serta trek sepeda downhill. Selain itu, desa ini juga sebagai jalur pendakian Gunung Rinjani.

Desa ini menawarkan nuansa permai khas kaki gunung. Udaranya sejuk, panoramanya indah, dan sudah menjadi desa tujuan wisata sejak era Kolonial. Di sini juga bisa melihat flora dan fauna di habitat aslinya, di Hutan Ulem-ulem. Berkunjung ke desa ini, kira-kira butuh jarak tempuh 2 jam berkendara dari Kota Mataram.

Lokasi: Tetebatu, Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: -

Wisata Air Terjun Jeruk Manis Lombok

Wisata Air Terjun Jeruk Manis Lombok
credit: Chris Hainsch, CC BY-NC 2.0

Mengakhiri daftar objek wisata Lombok Timur, ada air terjun Jeruk Manis nan eksotis. Dengan tinggi sekitar 30 meter, air terjun ini mengalir di lembah sempit bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Lanskap rimbun hutan dengan udara sejuk mendominasi suasananya. Mandi di kolam alaminya adalah ide yang sempurna.

Sebelum menikmati air terjunnya, pengunjung harus trekking 15-20 menit atau sekitar 1,5 km dari pintu masuk. Perjalanan tersebut pastinya menyenangkan pemandangan alam mengiringi sepanjang jalan. Setidaknya ada tiga berugak atau gazebo jika ingin istirahat. Nikmati hutan lindung yang asri sebelum sampai di lokasi.

Lokasi air terjun ini berjarak tidak terlalu jauh dari Desa Tete Batu. Bisa juga menjadikannya satu paket wisata. Untuk mencapainya, butuh kurang lebih 2 jam perjalanan berkendara dari Kota Mataram. Anda bisa menggunakan rute Mataram-Cakranegara-Narmada-Sedau-Kopang Terara-Sikur-Masbagik-Desa Kembang Kuning

Lokasi: Kembang Kuning, Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Peta
Tiket Masuk: -


EmoticonEmoticon