Beranda
Bali
Destinasi Wisata
Klungkung
Nusa Penida
Pantai
Broken Beach Nusa Penida Bali, Daya Tarik, Fasilitas, Biaya, dan Rute

Keindahan Bali tersebar hingga di pulau-pulau kecil di sebelah tenggaranya, Nusa Penida adalah satu di antaranya. Wisatawan begitu mengagumi kecantikan bawah lautnya, sementara bentang alam pulaunya tak kalah mempesona. Beberapa spot terbaiknya ada di sisi barat, Broken Beach salah satunya.

Broken Beach adalah nama beken yang berhasil menggeser nama lokalnya, Pasih Uug. Ini adalah formasi pantai indah di ujung barat daya Nusa Penida. Baik nama beken maupun nama lokalnya menunjukkan bahwa pantai ini "rusak". Namun, justru alam sengaja membuatnya rusak demi menegaskan kemolekannya.

Pantai Pasih Uug adalah salah satu primadona di pulau Nusa Penida. Jadi, jika Anda berencana Liburan ke Pulau Bali, wajib mampir ke pantai ini. Artikel ini akan menjadi menu awal yang mengajak Anda menjelajahi Broken Beach secara maya. Lanjutkan saja membaca untuk mengetahui detail informasinya.

Daya Tarik dan Aktivitas di Broken Beach

Broken Beach adalah tentang karang berlubang yang mungkin tercipta akibat proses abrasi selama berabad-abad. Dari atas, pantai ini terlihat seperti kolam alami berbenteng tebing eksotik. Di satu bagian tebing setinggi 50-200 meter, ada semacam terowongan sebagai jalan air laut yang menggenanginya.

Bagi pecinta fotografi atau selfie, ini adalah tempat terbaik mengabadikan diri. Anda yang suka landscape photography, mudah menemukan lanskap yang indah. Eksotik lebih menggambarkan pesonanya, karena istilah "pantai" di sini lebih merujuk pada batas alam dengan tebing terjal yang membentang.

Berkunjung ke pantai ini, dibutuhkan energi dan gairah wisata berlebih untuk memaksimalkan kegembiraan. Menjelajahlah dengan trekking di jalan setapak di medan berbatu terjal akan memberi pengalaman liburan tersendiri. Jangan juga lengah dengan keindahan, perlu kehati-hatian di setiap langkah.

Selain didominasi oleh batuan karang, Pasih Uug juga diperindah dengan hamparan hijau rumput. Tidak ada yang menghentikan Anda, jika ingin kembali selfie. Waktu kunjungan terbaik adalah memulai di pagi hari. Selain karena kawasan ini cukup panas, di siang hari biasanya ramai turis mancanegara.

Ada baiknya berkunjung ke sini bukan di musim libur. Ketika musim tersebut tiba, sudah pasti kunjungan wisata lebih ramai dari biasanya. Selain lubang karang, ide terbaik lainnya adalah mengunjungi spot Angel's Billabong yang juga masyhur namanya. Lokasinya pun tidak jauh dari pantai ini.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Untuk sekarang ini, wisata pantai Pasih Uug atau Broken Beach Bali sudah tertata dengan cukup baik. Fasilitas wisata untuk konsumsi juga sudah tersedia. Terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman, termasuk ada juga restoran tidak jauh dari lokasi wisata pantai ini.

Seperti umumnya wisata pantai di Pulau Dewata Bali, tidak ada biaya tiket masuk ketika berwisata ke Pasih Uug Nusa Penida alias gratis. Sementara itu, untuk lokasi parkirnya menjadi satu dengan parkir Angel's Billabong. Jadi, sayang jika tidak mampir juga ke Angel's Billabong.

Rute Lokasi Broken Beach Nusa Penida Bali

Pantai Pasih Uug Nusa Penida Bali berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kecamatan Klungkung, Provinsi Bali. Untuk mengunjunginya, pertama-tama sobat traveler perlu naik speed boat dari Pantai Sanur Denpasar atau naik kapal feri dari Padang Bai hingga tiba di Nusa Penida.

Sejauh ini, saran terbaik adalah naik kapal cepat dari Pelabuhan Sanur. Biaya penyeberangan menggunakan fast boat berkisar Rp 100.000 - 120.000 bergantung boat vendor yang digunakan. Ada 3 boat vendor di Pantai Sanur, yakni El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut jadwalnya:

Boat VendorSanur - Nusa PenidaNusa Penida - Sanur
El Rey Junior08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM

Dari pelabuhan utama di Nusa Penida Bali, Anda masih perlu berkendara dengan durasi perjalanan kurang lebih 1,5 jam ke lokasi. Rekomendasi terbaiknya, Anda bisa menyewa mobil atau sepeda motor untuk mencapainya. Untuk mempermudah perjalanan, gunakanlah peta lokasi DI SINI.