Beranda
Bali
Destinasi Wisata
Klungkung
Nusa Penida
Pantai
Pantai Kelingking Nusa Penida Bali - Fasilitas dan Harga Tiket

Nusa Penida adalah sudut keindahan yang luar biasa dari Pulau Bali. Banyak hal yang diperlukan untuk menggambarkan pesona alamnya. Namun sejauh ini, bagian barat Nusa Penida terlanjur menjadi primadona. Selain karena Broken Beach yang eksotik, di sanalah keberadaan Pantai Kelingking yang cantik.

Kelingking Beach merupakan surga yang tak mampu lagi bersembunyi. Meski jika dibandingkan wisata lain di Bali, akses jalannya kurang bagus. Namun, keindahannya demikian terdengar dan mendunia. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjunginya, dan kini giliran Anda.

Jika berminat, pastikan dulu Anda tiba di Bali lalu menyeberang ke Nusa Penida. Secara administratif Pantai Klingking berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Berangkatlah setelah benar-benar tuntas membaca informasi dalam artikel ini.

Daya Tarik Pantai Kelingking Bali

Tentu, Nusa Penida tetap sebuah pulau dan keindahan alam merupakan daya tarik utamanya. Begitu juga dengan Pantai Kelingking Nusa Penida yang memiliki ciri khas tersendiri. TripAdvisor Travelers’ Choice Awards 2019 menempatkan pantai ini di urutan ke-19 dalam 25 daftar pantai terbaik di dunia.

Tebing Kelingking Yang Ikonik

Daya tarik utama pantai ini bisa dilihat dari apa yang oleh sebagian orang disebut Kelingking Cliff Point. Sebuah tebing dengan ketinggian kira-kira 200 meter. Menurut masyarakat bentuk tebing yang memanjang menjorok ke laut tersebut menyerupai jari kelingking. Ini adalah asal-usul nama pantainya.

Di sisi lain, banyak wisatawan yang menyebut tebing Kelingking bentuknya mirip dinosaurus, yakni Tyrannosaurus atau T-REX. Di atas ketinggian ada sebuah viewpoint untuk menikmati keindahan lebih maksimal. Sayangnya, butuh cukup nyali karena tebing yang curam hanya dibatasi oleh pagar bambu.

Di Kelingking Cliff Point, Anda bisa menyaksikan mahakarya alam yang demikian masyhur dikagumi. Samudera biru luas membentang sedap dipandang. Formasi tebing kapur yang menjulang menyempurnakan eksotika. Di sinilah titik di mana semua orang mencoba selfie dengan latar belakang mengagumkan.

Apabila datang ke sini, bijaksanalah dalam mengagumi keindahan. Tetap berhati-hati karena apa yang ada di depan Anda menyisakan bahaya. Kebebasan menjelajah terbatasi akses jalan sempit di tebing yang curam. Perlu diingat, pada awal 2018 seorang turis Rusia terpeleset jatuh dan meninggal.

Pantai Indah Berpasir Putih

Setelah puas menikmati lanskap dari ketinggian, pastikan tersedia cukup energi untuk trekking menuruni tebing. Capailah Kelingking Beach dengan hati-hati. Turunan curam dan harus melewati ratusan tangga alami berpagar bambu dari ketinggian sekitar 200 meter. Selalu utamakan keselamatan.

Pantai Klingking adalah pantai yang cantik namun sempit. Hamparan pasirnya yang putih bersih dan landai dibentengi oleh tebing batuan kapur yang tinggi. Gelombang ombaknya cukup kuat sehingga berenang tidak disarankan. Sisakan juga energi untuk kembali mendaki tebing setelah puas menikmati pantainya.

Eksotika Matahari Terbenam

Berkunjung ke Pantai Kelingking Bali, satu hal yang jangan sampai terlewatkan, yakni menikmati matahari terbenam. Sunset adalah menu penutup setelah Anda puas menikmati apa yang disajikan Klingking Cliff Point dan Klingking Beach. Setelah kembali berada di puncak, tunggu sampai senja menjelang.

{next}

Harga Tiket, Fasilitas dan Akomodasi

Sejauh in perhatian utama dari Kelingking Beach adalah infrastruktur jalan yang tidak bagus. Meski, seiring perkembangannya secara perlahan pasti ada perubahan, dari waktu ke waktu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, di sini disediakan akses menuruni tebing berpagar bambu seadanya dan tidak aman.

Selebihnya, fasilitas wisatanya belum banyak. Namun bukan berarti tidak ada. Tersedia toilet umum di sekitar lahan parkir kendaraan. Ada juga beberapa warung sederhana. Belum ada penginapan atau hotel di sekitar pantai. Anda bisa camping atau pertimbangkan hotel di Nusa Penida berikut ini:

Harga Tiket Masuk dan Biaya Lain

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000 - Rp 10.000
ParkirRp 2.000 - Rp 5.000
ToiletRp 3.000 - Rp 10.000
Note: biaya wisata dan harga tiket Pantai Kelingking Nusa Penida yang tersebut di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu
{next}

Lokasi Pantai Kelingking Nusa Penida

Kelingking Beach Nusa Penida Bali berlokasi di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Kurang lebih 20 km jaraknya dari Pelabuhan Nusa Penida Toya Pakeh/Banjar Nyuh. Karena kondisi jalan kurang bagus, waktu tempuh berkendara bisa mencapai 1 jam lebih.

Rute ke Pantai Klingking

Anda bisa mencapainya, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika tidak terbiasa berkendara di medan yang sulit, saran terbaik adalah menggunakan mobil dengan sopir, jangan menggunakan sepeda motor. Bisa juga memanfaatkan jasa paket wisata Nusa Penida yang banyak tersedia.

Sebelumnya, pastikan dulu sudah di Nusa Penida. Jika belum, lakukan penyeberangan ke Nusa Penida dari Bali. Ada 3 opsi untuk menyeberang ke Nusa Penida, yakni naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai, naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Atau, naik fast boat dari Pelabuhan di Pantai Sanur Bali.

Naik Fast Boat dari Sanur

Sejauh ini, rekomendasi terbaik adalah naik kapal cepat dari Pelabuhan Sanur. Biaya penyeberangan naik fast boat berkisar Rp 100.000 - Rp 120.000 bergantung boat vendor yang digunakan. Ada 3 boat vendor di Pantai Sanur yakni El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut jadwal keberangkatannya:

Boat VendorSanur - Nusa PenidaNusa Penida - Sanur
El Rey Junior08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM

Tips ke Kelingking Beach Nusa Penida

Bagaimana? tertarik liburan ke Pantai Kelingking Nusa Penida? selain informasi di atas, ada beberapa tips saat pergi ke Kelingking Beach. Pastikan kondisi badan fit dan persiapkan air minum secukupnya sebagai bekal trekking naik turun tebing. Juga, jangan lupa sepatu hiking, sunblock, dan kamera.