Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Coban Tundo Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Rute

Coban Tundo Malang. Demikian halnya dengan pantai, air terjun adalah tujuan wisata alam yang cukup populer diminati. Dalam hal ini, Malang Raya tetap sebagai destinasi unggulan dengan menyajikan sejumlah air terjun indah yang tersebar acak menghiasi pesona alamnya.

Selain ke Coban Sumber Pitu Tumpang, Anda bisa mempertimbangkan pergi ke Coban Tundo. Tertarik? Datang saja ke Desa Sidoasri di kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Perihal kecantikannya, coban ini merupakan hasil perpaduan unik dari tiga tingkatan air terjun.

Daya Tarik Wisata Coban Tundo Malang

Coban berarti air terjun, sementara "tundo" berarti tingkatan. Penamaan tersebut lebih populer di kalangan wisatawan. Adapun warga setempat lebih suka menyebutnya secara spesifik yakni "Coban Tundo 3" untuk menggambarkan ke tiga tingkatan air terjun ini.

Komposisi alam yang memungkinkan aliran air untuk terjun melalui tiga tingkatan tebing, telah menghadirkan keeksotikan yang khas. Di level yang paling bawah, air tidaklah jatuh. Airnya merembet melalui tebing batu sehingga lebih mirip dengan talang air bercabang dua.

Air pun mengalir untuk selanjutnya menggenang membentuk kolam air dangkal di celah bebatuan. Level yang kedua menjadi spot utama dan di sinilah tempat bagi kebanyakan orang bermanja di bawah air terjun setinggi 15 meter.

Lanskap alam yang dihadirkan benar-benar eksotik. Memadukan kesan elegan dari tebing yang basah dengan putihnya air yang terjun. Di bawahnya, terciptalah sebuah kolam alami berwarna hijau kebiru-biruan.

Sebagai spot utama, level kedua memiliki area kolam yang cukup luas dengan kedalaman mencapai 7 meter. Semakin indah dengan bongkahan bebatuan beraneka ukuran. Sementara warna hijau pepohonan di sisi kanan kirinya turut menyelimuti dan menyempurnakan kemolekannya.

Level ketiga yang merupakan tingkatan tertinggi dari Coban Tundo, hadir dengan desain alam yang kurang lebih sama dengan level kedua. Airnya terjun dari tebing setinggi 8 meter melalui ceruk bebatuan untuk selanjutnya sampai di kolam alam.

{next}

Aktivitas Wisata yang Menarik Dilakukan

Selain energi, persiapkanlah banyak keceriaan seiring dengan terkurasnya rasa ketakjuban. Masukilah alamnya dengan penuh kesantunan, jelajahi sepenuhnya. Hayatilah bentuk dan tatanan batu-batu sembari secara jujur terpesona oleh tirta yang memutih di saat selimut kehijauan setia menyelimuti.

Adakah aktivitas traveler sejati yang lebih berarti selain berpetualang untuk kemudian mengagumi?. Jangan lupa, masukilah ketenangan dan nikmati harmoni suara alam. Bersiaplah sampai di frekwensi alpha melalui gemericik airnya, semilir anginnya, atau suara burung-burung serta hewan lain yang mungkin ada.

Atau, Anda hanya murni ingin berbahagia seperti kebanyakan wisatawan yang datang? Silahkan saja. Masuki kolam air yang selalu tersedia bagi siapa saja. Hanya saja perlu hati-hati karena pernah ada korban terpeleset dan masuk ke pusaran air.

Cerialah bersama mereka yang bersama Anda. Nikmati suasananya bersama, sembari tetap teliti pada setiap bagian yang mungkin perlu diabadikan. Selebihnya, petualangan ini milik Anda sepenuhnya! Lakukan apa saja dengan tetap menjaga etika.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Meskipun tidak bisa dikatakan memadai, fasilitas untuk kebutuhan dasar sudah tersedia. Terutama di Coban Tundo 2 yang sejauh ini menjadi tujuan utama karena keindahannya. Selain warung, ada juga persewaan ban pelampung serta jasa ojeg dari lokasi parkirnya

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
ParkirRp 5.000
Ban PelampungRp 5.000
Ojek (air terjun-lahan parkir, PP)Rp 30.000 - 50.000
Note: harga tiket masuk Coban Tundo Malang dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute dan Lokasi Air Terjun Coban Tundo

Dari Kota Malang, air terjun ini berjarak kurang lebih 60 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Sebenarnya ada beberapa rute yang bisa ditempuh, namun di sini penulis pilihkan rute tercepat yakni melalui Turen untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Dampit.

Ketika sampai di Dampit, ambil arah ke Sukodono hingga tiba di budaran desa tersebut dan perhatikan petunjuk ke Coban Tundo. Di Sukodono usahakan untuk sering bertanya, karena banyak percabangan jalan menuju ke Desa Sidoasri.

Mengingat jalanan cukup ekstrim, sangat disarankan untuk memperhatikan performa kendaraan, jangan menggunakan motor matic. Apabila menggunakan mobil, bisa diparkir di area rumah warga. Selanjutnya melalui jalan setapak kurang lebih 2 km sampai ke lokasi. Peta Lokasi.