Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Sumenggung Malang - Daya Tarik Wisata & Rute Lokasi

Pantai Sumenggung. Karena beberapa alasan, pantai yang namanya jarang terdengar bisa lebih memicu gairah wisata sang petualang. Sebelumnya memang telah di posting perihal Pantai Tersembunyi Malang Selatan, namun itu belumlah mencakup semuanya.

Selain dalam daftar tersebut, masih banyak pantai yang jarang diketahui keberadaannya, satu di antaranya adalah Pantai Sumenggung. Satu dari sekian pantai tersembunyi nan asri yang bisa Anda jumpai di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Tahukah Anda! Sumenggung bertetangga dekat dengan salah satu pantai populer di Malang, yakni Pantai Goa Cina. Saking dekatnya, dari Goa Cina pantai ini bisa Anda capai hanya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Atau, jika berkendara cukup memutar sejauh 4 km ke arah timur.

Namun begitulah, Pantai Goa Cina Malang lebih populer karena banyak hal, termasuk karena sejarahnya. Sementara itu, Pantai Sumenggung cenderung diam dalam kemolekan alamnya. Tentu! Sumenggung tetap mengusung keeksotikan khas pantai di Malang Selatan.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Pasir putih nan lembut terhampar di permukaan pantainyanya yang tidak terlalu luas, sementara gelombang ombak cukup labil, kadang tenang kadang juga menggila. Jika berenang adalah gaya wisata Anda, waspadalah akan kemungkinan-kemungkinan bahaya.

Adapun jika suka memancing, Sumenggung adalah semenanjung kecil sebagai surganya aktivitas rockfishing. Kekhasan pantai ini terutama diperkuat oleh pulau kecil di seberangnya. Melebarlah hingga bisa memastikan benar-benar penghayatan terhadap pantai ini.

Ketahuilah bahwa Pantai Sumenggung adalah tempat ideal untuk menikmati saat-saat matahari terbit dan terbenam. Terserah bagaimana cara terbaik mengatur kedatangan, usahakan bisa menikmati salah satunya, terbit ataupun terbenamnya sang mentari.

Hanya saja, jika ingin berkemah dengan fasilitas yang mencukupi pertimbangkan untuk mendirikan tenda di di Pantai Goa Cina. Lain lagi jika Anda adalah seorang traveler yang menyukai malam penuh keterbatasan, bermalam di pantai ini adalah ide yang bagus.

Rute Pantai Sumenggung Malang

Jika telah mantab pergi ke pantai ini, bersiaplah menempuh perjalanan setidaknya 75 km dari Malang. Perjalanan ini membutuhkan durasi kurang lebih 3 jam berkendara melalui jalan pegunungan yang berliku-liku naik dan turun. Itu jika memilih jalur ke Pantai Sendangbiru melalui Turen.

Atau, bisa juga memakai rute Pantai Balekambang melalui Gondanglegi atau Kepanjen. Rute manapun akan mengantarkan Anda ke Jalan Lintas Selatan. Untuk rute Sendangbiru, sampai di pertigaan belok ke kanan, adapun jika memilih rute Balekambang, sampai di perempatan Balekambang, belok ke kiri.

Semua rute di atas akan mengantarkan Anda ke Pantai Goa Cina sebagai pintu masuk ke pantai ini. Ini berarti juga bahwa tiket masuknya menjadi satu dengan Pantai Goa Cina.  Untuk mempermudah perjalanan Anda, gunakanlah Peta Rute Pantai Goa Cina.