Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Tiga Warna - Fasilitas, Cara Booking, Harga Tiket & Rute

Sobat penggila wisata pantai? Datanglah ke Malang Selatan, kunjungilah Pantai Tiga Warna niscaya Anda akan terpesona. Pantai nan molek ini tepatnya berlokasi di Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata Pantai Tiga Warna

Melalui kedalaman berbeda, Pantai Tiga Warna mampu menghadirkan kesan air laut yang khas dengan 3 warna, biru, hijau dan kuning. Selain kedalaman, warna-warna yang ditimbulkan tersebut juga disebabkan oleh banyaknya jumlah alga di dasar pantai.

Pantai 3 Warna tergolong sebagai pantai baru di Malang selatan. Namun karena kecantikannya, pantai ini menjadi salah satu yang terpopuler dikunjungi. Pantai yang baru terpublikasi tahun 2014 ini masih satu wilayah dengan Pantai Clungup dan Pantai Gatra.

Ketiga pantai tersebut merupakan bagian dari kawasan Clungup Mangrove Conservation. Mengingat letaknya yang berada di kawasan konservasi Mangrove, sehingga pengelola menerapkan beberapa aturan kepada wisatawan yang hendak mengunjunginya.

Terdapat batasan kunjungan perhari yakni maksimal 100 orang, selain itu ketika masuk harus melalui sistem reservasi. Tidak hanya itu, untuk menjaga keasrian dan kebersihan, pengunjung wajib membawa kembali sampah dari makanan yang telah dibawa masuk.

Pantai 3 Warna adalah pantai yang menawan. Tak hanya panoramanya, tapi juga eksotika bawah lautnya. Ini berarti snorkeling adalah aktivitas ideal di sini. Jika snorkeling adalah kegiatan yang Anda gemari, bersegeralah meluncur ke Pantai 3 Warna Malang Selatan.

Berenang dan bermain air adalah aktivitas populer lainnya. Tentunya masih banyak yang dilakukan, mungkin Anda lebih suka bermalas-malasan. Bisa juga jelajah pantai dan takjub dengan panoramanya yang asri, bersih serta terlindungi oleh hijaunya hutan lindung.

{next}

Fasilitas Wisata di Pantai Tiga Warna

Seperti yang telah tersebut di awal-awal artikel, pantai ini menjadi bagian dari kawasan konservasi hutan Mangrove yang mana pengelola memberikan aturan yang sangat ketat khusus pantai ini. Termasuk aturan pembatasan kunjungan hanya 100 orang perhari.

Karena snorkeling menjadi aktivitas utama di pantai ini, tersedia fasilitas penyewaan alat snorkeling meliputi pelampung dan kacamata. Bagi yang ingin mendirikan tenda, bisa dilakukan di pantai lain dalam kawasan hutan konservasi, biasanya di Pantai Gatra.

Di Pantai Gatra juga tersedia fasilitas dasar seperti kamar mandi atau toilet. Sebagai info tambahan, berwisata ke Pantai Tiga Warna berarti juga berlibur ke beberapa pantai sekaligus. Selain Pantai Clungup dan Pantai Gatra, Anda juga melewati Pantai Watu Pecah.

Cara Booking dan Harga Tiket Masuk

Demi menjaga kelestarian Pantai Tiga Warna Malang, pihak pengelola menerapkan aturan yang sangat ketat. Ketika ingin berlibur ke pantai ini, setiap wisatawan sebelumnya harus booking terlebih dahulu dengan menelepon pihak pengelola.

Tanpa melalui booking, kemungkinan besar hanya bisa berkunjung ke pantai lain yang masih satu wilayah dengan pantai ini. Proses booking bertujuan agar bisa memastikan bahwa setiap wisatawan tidak kehabisan kuota kunjungan.

Kunjungan ke pantai ini terbatasi hanya sampai 100 wisatawan perhari dan terdapat aturan waktu kunjungan maksimal. Jadi, sebelum jauh- jauh datang, setidaknya Anda sudah dapat kepastian bisa berkunjung ke Pantai 3 Warna Malang.

Harga tiket masuk ke Pantai 3 Warna sebenarnya terjangkau. Namun oleh karena ketatnya aturan, pengunjung wajib sekalian menyewa jasa pemandu wisata. Berikut ini adalah rincian harga tiket, jasa pemandu wisata, sewa alat dan parkir kendaraan :

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 10.000
Alat Snorkeling± Rp 25.000
Pemandu Wisata± Rp 150.000 (5 org wisatawan)
Note: harga tiket masuk Pantai 3 Warna di atas belum tentu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.
{next}

Rute Lokasi Pantai 3 Warna Malang

Dari Kota Malang, pantai ini terletak sekitar 70 km. Butuh sekitar dua jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Dari Kota Malang, silahkan melanjutkan perjalanan ke arah Turen dan temukanlah sebuah pertigaan yang ada petunjuk jalan ke arah Sendangbiru (ke kiri).

Setelah menemukan dan memilih melanjutkan ke Pantai Sendangbiru, ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk jalan ke Pantai Clungup. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan kantor Clungup Mangrove Conservation.

Dari kantor tersebut, perjalanan akan melewati jalan sempit dan agak sulit. Sepeda motor masih mungkin untuk melaluinya, namun mobil harus parkir sekitar 1 km sebelum masuk konservasi. Anda akan melewati Pantai Clungup terlebih dulu sebelum ke Pantai Tiga Warna. Peta Rute.