Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Clungup Malang, Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Pantai Clungup merupakan salah satu wisata pantai di Kabupaten Malang yang terbilang baru sebagai tempat wisata. Menempati tepian Samudera Indonesia, tepatnya di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Pantai Clungup Malang

Sebagai pantai perawan yang kurang populer dalam hal kunjungan, Clungup menjadi pantai yang asri, indah dan bersih dari sampah wisatawan. Jikapun ada, hanyalah serpihan kayu-kayu yang terdampar terbawa ombak di beberapa bagian pantainya.

Tidak seperti umumnya pantai selatan yang identik dengan ombak yang besar, pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang. Setidaknya sampai jarak 500 meter, karena pantai ini terlindung oleh beberapa pulau kecil di lepas pantainya.

Keberadaan tiga pulau kecil dan karang-karang semakin menambah keeksotikan panorama alamnya. Komposisi alam pantai semakin sempurna melalui hijau perbukitan, kebun penduduk dan lebatnya hutan bakau yang mengitari pantai ini.

Aktivitas Wisata di Pantai Clungup

Seperti yang tersebut di atas, pantai ini memiliki ombak yang lumayan tenang berkat perlindungan pulau-pulau kecil di tengahnya. Mengingat kedalaman pantai yang dangkal, berenang adalah aktivitas yang ideal. Hanya saja, perlu hati-hati dengan tajamnya batu karang yang ada di dasar pantai.

Clungup adalah pantai yang sepi dan cenderung tenang. Keadaan tersebut memungkinkan para pengunjung lebih leluasa menghayati keindahannya.

Warna alamnya didominasi oleh warna biru langit dan air lautnya, hijau bukit-bukitnya serta luasnya hamparan pasir putih keemas-emasan. Pengunjung juga bisa bermalam, mendirikan tenda untuk selanjutnya mengagumi keindahan matahari terbenam di pantai ini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai pantai yang sepi, fasilitasnya tidak selengkap pantai populer di Kabupaten Malang, seperti Pantai Balekambang atau Pantai Bajulmati. Jika beruntung, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk memuaskan penjelajahan atau snorkeling. Tentu, sebelumnya Anda harus membawa perlengkapan sendiri.

Fasilitas yang ada adalah tempat parkir dan area berkemah yang cukup luas dan telah lengkap dengan toilet serta tungku api. Mengingat tidak adanya penjual makanan, pengunjung harus membawa bekal makanan dari luar. Bagi para petualang seperti Anda, minimnya fasilitas akan memberi kesan tersendiri.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Biaya ParkirRp 5.000-10.000
Pemandu Wisata± Rp 75.000
Note: harga tiket masuk Pantai Clungup yang tersebut dalam daftar di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Clungup Malang

Pantai ini terletak 72 km dari Kota Malang. Untuk sampai ke pantai ini, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Sama halnya dengan rute ke Pantai Goa Cina, awalnya lakukan perjalanan ke arah turen hingga bertemu papan petunjuk di sebuah pertigaan.

Dari pertigaan tersebut, ambil arah ke kiri ke Pantai Sendang Biru. Berjalan terus hingga menemukan papan petunjuk jalan ke Pantai Clungup. Ikuti petunjuk tersebut hingga tiba di sebuah desa tempat kantor Clungup Mangrove Conservation. Dari sini, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk menuju lokasi.

Rute alternatif juga bisa melalui Pantai Balekambang. Dari Kota Malang ke Gondanglegi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Bantur hingga di perempatan sebelum masuk Balekambang. Belok kiri, ikuti terus Jalan Lintas Selatan tersebut hingga sampai di depan Clungup Mangrove Conservation. Peta Rute.