Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Modangan Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Rute

Akhir-akhir ini memang sedang hujan, namun semoga artikel ini bisa mengingatkan Anda tentang tujuan petualangan wisata ke depan. Adalah Pantai Modangan yang cantik sehingga ideal bagi pemburu keindahan matahari terbit dan terbenam.

Salah satu pantai wisata di Malang Selatan ini lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar. Sobat traveler bisa mengunjungi Pantai Modangan di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata Pantai Modangan

Modangan merupakan batas alam. Tempat bermuaranya sungai yang memisahkan Kabupaten Blitar dan Malang. Pantai ini berhimpitan langsung dengan Pantai Jolosutro yang masuk Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar.

Meski tepat berada di sisi baratnya, untuk langsung ke Modangan harus melewati jalan yang berliku. Sehingga jika telah menetapkan pantai ini sebagai tujuan, lebih disarankan untuk menempuh jalur dari arah Donomulyo, Malang.

Modangan adalah pantai asri berpasir putih yang hampir tanpa sampah. Menghadirkan panorama alam dengan ombak yang keras namun indah. Terlebih ketika ombak secara membabibuta menghantam tebing-tebing karangnya.

Sementara itu, apabila pada umumnya pantai-pantai lain hadir dengan struktur batuan kapur. Pantai ini menawarkan jenis batuan andesit berlapis yang terbentuk dari lelehan lahar gunung berapi yang telah membeku.

Yang paling menarik adalah permukaan pantainya. Di sisi kiri pengunjung bisa melihat hamparan pasir putih yang lembut. Adapun di sisi kanan didominasi hamparan batu-batu hitam yang indah, lengkap dengan sebuah muara berair jernih.

Dalam sejarahnya, nama Modangan berawal dari kisaran tahun 1850-an. Di mulai ketika ratusan orang dari pasukan Pangeran Diponegoro melakukan makan bersama di hutan dekat pantai ini.

Ketika perang berakhir, banyak dari mereka menyembunyikan diri di sepanjang selatan Pulau Jawa. Salah satunya di pantai ini. Dari acara makan bersama itulah pantai ini diberi nama Modangan, berasal dari "madang" yang dalam bahasa Jawa lama berarti makan bersama.

Aktivitas Wisata Pantai yang Menarik

Meski terbilang sebagai pantai yang jarang dikunjungi, Modangan menawarkan pengalaman wisata unik bagi para pengunjungnya. Inilah spot terbaru bagi penggemar aktivitas paragliding atau paralayang di Malang Raya, selain Paralayang Batu.

Jika sobat ingin menunjukkan kebolehan dalam olahraga tersebut, Pantai Modangan akan memanjakan wisata dirgantara Anda. Warga Desa Sumberoto sangat antusias berusaha menjadikan pantai ini sebagai bagian dari kawasan desa wisata Waung (Wisata Alam Unggulan).

Ini berarti akan banyak ditemukan sudut-sudut yang dioptimalkan, salah satu yang telah terealisasikan adalah spot selfie yang kini naik daun dibicarakan di media sosial. Anda suka memperlihatkan diri di medsos? Datang saja ke sini dan ambilah gaya terbaik untuk diabadikan.

Tidak hanya itu, Pantai Modangan juga termasuk kawasan hutan jati yang memungkinkan setiap pengunjungnya melebarkan penjelajahan. Menurut penulis, penghayatan terhadap keindahan alam adalah wajib bagi mereka para petualang sejati.

Melihat aktivitas ombak secara lebih detail hingga mendefinisikan warna dan suaranya. Mengamati bebatuan andesit, atau mengagumi betapa artistiknya bukit-bukit karang. Fahamilah, hutan yang menghijau serta aliran jernih di muara sungainya menunggu rasa ketakjuban Anda.

Terlepas dari saran aktivitas di atas, setiap traveler punya cara unik menikmati wisata pantai. Mungkin lebih suka bermain air atau bermain pasir. Memancing ikan dari atas tebing atau bebatuan karang juga bisa dilakukan di Modangan.

Pastikan saja untuk bertahan hingga menemukan keeksotikan matahari terbenam. Bisa juga menjadi lebih rajin dengan berangkat lebih pagi dan percayalah matahari terbit di pantai ini juga tak kalah menakjubkan.

{next}

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Seperti umumnya pantai yang jarang menjadi tujuan wisata, fasilitas Pantai Modangan terbilang kurang. Namun bisa jadi kedepannya semua berubah, mengingat obsesi warga termasuk dukungan Pemkab Malang untuk menjadikan kawasan pantai ini semakin memikat.

Untuk saat ini, warga bahu membahu membangun beragam fasilitas penunjang termasuk lima homestay di kawasan lahan seluas 1,5 hektar. Selain itu, pihak desa juga telah menertibkan para pedagang kuliner yang sebelumnya masih berantakan.

Telah terlihat juga perbaikan take off paralayang dan mulai dibangun rute spot ATV bike. Sejauh ini, yang telah dibangun di sekitar pantai adalah fasilitas dasar seperti tempat ibadah, MCK, beberapa spot berfoto serta 8 unit gazebo.

Yang menarik dalam hal penginapan adalah rencana pengembangan wisata halal di Modangan yang akan diberlakukan bagi pengunjung berpasangan. Mereka yang datang dan ingin bermalam disini harus menunjukkan bukti telah menikah.

Tidak hanya di penginapan, bahkan aturan wisata halal di Modangan juga berlaku di area perkemahannya. Jadi, persiapkan diri Anda untuk menjadi traveler yang budiman, yang mencintai alam dengan segenap etika.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Bukit I Love URp 5.000
Note: harga tiket masuk ke Pantai Modangan dalam daftar di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Modangan Malang

Akses jalan perlu menjadi perhatian khusus bagi sobat yang ingin berkunjung ke sini. Saran terbaik, gunakanlah sepeda motor dan memilih datang melalui Malang. Dari Kota Malang lanjutkan perjalanan ke Kepanjen terus ke arah Bendungan Sengguruh.

Ketika tiba di pertigaan Pagak, lanjutkan ke arah Donomulyo, tepatnya menuju Pasar Donomulyo. Dari pasar tersebut belok ke kanan ke arah Wates (Blitar). Sekitar 2 km sebelum masuk Desa Sumberoto, akses jalan masih beraspal namun banyak lubang.

Apabila telah masuk ke gerbang desa tersebut, tidak jauh lagi akan sampai ke pertigaan Pasar Ngelih. Belok ke kiri dan ikuti jalan desa yang cenderung rusak hingga tiba di perempatan Jalur Lingkar Selatan. Dari situ, Anda bisa belok ke arah kanan.

Dengan kondisi jalan menurun sekitar 1 km menuju pos jaga kehutanan Miri. Sebelum jembatan di sekitaran pos, temukan jalan menurun ke kiri sekitar 800 meter lagi untuk sampai di pantai. Jalan yang curam itu akan mengarahkan Anda ke bawah jembatan.

Lanjut hingga ke persimpangan yang kedua-duanya mengarah ke Pantai Modangan. Jika lurus jarak lebih dekat namun sangat ekstrim menembus bukit dan hutan jati serta melewati sungai kecil. Jika ke kiri, meski tetap ektrim namun lebih lebar berupa makadam. Lihat Peta.