Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pacitan
Kali Cokel Pacitan - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Kali Cokel. Pacitan merupakan destinasi ideal bagi penggemar pantai di Jawa Timur. Watu Karung adalah salah satu wilayah yang memiliki beberapa pantai indah di sana. Selain Pantai Watu Karung yang menjadi spot surfer dunia, ada Pantai Kasap dan sejumlah pantai lain yang juga mempesona.

Hanya saja artikel ini bukan tentang pantainya, melainkan tentang sungai jernih yang mengalir tenang di sekitarnya, Kali (sungai) Cokel namanya. Secara terpisah, sungai ini melejit keberadaannya sebagai objek wisata susur sungai mengejar popularitas Sungai Maron yang lebih dulu terkenal di Pacitan.

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Sungai Cokel diminati karena airnya bersumber dari Goa Luweng Jaran sehingga lebih jernih. Hal ini berbeda dengan Sungai Maron yang keruh ketika musim penghujan tiba. Suasana yang tenang dan masih alami dengan jajaran pohon kelapa menghiasi tepiannya menjadi daya tarik tersendiri.

Liburan ke Pacitan, wajib kiranya berkunjung ke Watu Karung. Sembari menikmati eksotika alam pantai-pantainya, jangan lupa mampir ke Kali Cokel. Lokasi objek wisata ini masih berada di satu area dengan Pantai Kasap, yakni di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Wisata Kali Cokel Pacitan memungkinkan wisatawan menjelajahinya dengan beberapa cara. Meski mungkin sobat traveler bisa saja berjalan di sepanjang tepiannya, aktivitas paling menarik adalah di atas perairannya. Naik perahu atau mencoba mendayung di atas Stand-Up Paddle Board (SUP).

Dengan berperahu, sobat akan diajak berkeliling menjelajahi muara sungai sejauh kurang lebih 2 kilometer. Sepanjang menyusuri sungai, kesejukan dan nuansa hijau benar-benar memanjakan mata sebelum akhirnya tiba di lautan lepas yang indah berhias jajaran pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Sejauh ini biaya naik perahu di Kali Cokel adalah 17 ribu rupiah. Untuk kapasitas perahunya adalah sekitar 5-6 orang. Ide menarik lainnya adalah mencoba keseruan wahana Stand-Up Paddle Board (SUP). Sejenis watersport yang memungkinkan Anda berdiri sambil mendayung di atas sebuah papan.

Jika durasi wisata berlebih, cobalah melebar ke beberapa pantai di Watu Karung. Menikmati cantiknya ombak di Pantai Watukarung atau mengagumi kemolekan Pantai Kasap yang merupakan Raja Ampatnya Pacitan. Selebihnya, Andalah yang paling tahu cara terbaik menikmati masa liburan kali ini.

{next}

Fasilitas di Kali Cokel Pacitan

Meski tergolong sebagai tempat wisata baru di Pacitan, wisata susur Sungai Cokel telah memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai. Terdapat beberapa lokasi parkir di sekitarnya, yang terdekat tidak terlalu luas. Seperti yang telah tersebut di atas, di sini telah tersedia fasilitas perahu dan SUP.

Sedangkan untuk konsumsi, ada beberapa warung penjual makanan dan minuman di sekitarnya. Jika ingin fasilitas yang lebih lengkap, bisa menuju ke Pantai Watukarung. Selain fasilitas dasar yang memadai, di sekitar pantai banyak tersedia penginapan seperti homestay, guest house, villa, dan resort.

Harga Tiket Masuk Kali Cokel

Sejauh ini, objek wisata Kali Cokel di Pacitan tidaklah menetapkan biaya tiket masuk secara mandiri. Namun untuk memasukinya, setiap wisatawan akan melewati pintu masuk Pantai Watu Karung dan membayar tiket masuk di pantai tersebut. Rincian harga tiket masuknya sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Perahu Susur Sungai (6/7 orang)Rp 20.000 per orang
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 10.000
Note: harga tiket masuk Kali Cokel dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Kali Cokel Pacitan

Karena pintu masuknya berada di Pantai Watukarung, maka sobat traveller perlu menuju pantai tersebut terlebih dahulu. Jaraknya kurang lebih satu jam berkendara ke selatan dari Kota Pacitan. Meski jalan yang dilalui berkelok-kelok dan banyak persimpangan, sudah banyak petunjuk yang mengarah ke pantai ini.

Ketika sampai di pantai tersebut, setelah menyelesaikan pembayaran di gerbang loket Watukarung, silahkan belok ke kiri. Apabila Anda datang dengan mengendarai mobil, harap hati-hati karena akses jalannya lumayan sempit. Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa memanfaatkan peta lokasinya, di sini.