Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Watu Leter Malang - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Rute

Wahai penggila wisata pantai, kemasi barangmu dan bersegeralah ke Malang Selatan untuk menjadi bagian dari keindahan. Habiskan harimu, tinggalkan jejakmu dan kabarkan pada mereka bahwa Pantai Watu Leter di Malang Selatan adalah citra surga.

Bisikan pada mereka, pantai ini menawarkan harmoni yang menenangkan, melepaskan bahkan memaksa kerinduan untuk kembali datang. Pantai ini berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Pantai Watu Leter

Bebatuan karang begitu sabar ketika deburan ombak tak henti-henti membuatnya timbul tenggelam. Senantiasa mesra demi sebuah irama yang menghegemoni alam bawah sadar untuk setia pada ketenangan. Berjalan atau bermalas-malasan tidaklah membuat Anda terlepas dari jeratan pesonanya.

Bagaimana tidak! Hamparan pasir putih berpadu dengan gradasi biru kehijauan air laut. Sementara putihnya riak ombak tetap setia menyapa dan menjadi penyambung setiap bagian dari pantai ini. Tidaklah terkecuali pada pulau-pulau kecil yang melengkapi komposisi.

Tahukah Anda? Pulau-pulau kecil itu adalah tempat kesukaan kawanan penyu abu-abu ketika mereka ingin bertelur. Keberadaan penyu juga berarti Pantai Watu Leter ini benar-benar bersih dan alami sehingga terpilih menjadi pusat pelestarian penyu dan ekowisata.

Perihal penamaan, Watu Leter dikaitkan dengan salah satu tebing bagian ujung pantai yang berbentuk datar. Ini merupakan tebing yang paling menonjol di antara tebing-tebing lainnya. Selain Pantai Watu Leter, ada juga yang menyebutnya dengan nama Pantai Ngleter.

Aktivitas Wisata yang Menarik

Pantai Watu Leter adalah pantai yang asri dan bersih karena belum banyak dijamah oleh para wisatawan. Jadi, ketika berkunjung ke sini seolah pantai ini milik sendiri dan bersiaplah untuk dimanjakan oleh kemolekannya.

Tentu saja, jelajahi setiap sudutnya dengan selalu menyiapkan banyak ketakjuban. Cobalah melebar hingga tiba dirimbunnya hutan mangrove, tempat dimana air payau mengalir tenang dari Sungai Sitiarjo yang bermuara di pantai ini.

Penjelajahan akan semakin seru jika sobat traveler mendapatkan ketersediaan perahu. Nikmatilah suasana yang menenangkan ketika menyisiri sungai dengan rimbun tanaman mangrove di sisi kanan kirinya.

Di Watu Leter, jangan lupa bermain air, sebab itu menyenangkan. Air di sini lebih dingin ketimbang pantai tetangga, yakni Pantai Goa Cina. Masuklah perlahan ke dalamnya. Jadilah tenang setenang alunan ombaknya dan abadikan sebagai bukti Anda layak menjadi bagian dari keindahan.

Itu saja? tidak juga! Bahkan lebih disarankan untuk mendirikan tenda, agar maksimal pengalaman wisatanya. Terserah bagaimana cara Anda mengatur kedatangan, pastikan saja menikmati suasana malam dan pagi. Matahari terbit di pantai ini benar-benar menawarkan keeksotikan tersendiri.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai pantai yang masih tersembunyi, fasilitas di Pantai Watu Leter masih minim. Namun, itu bukan berarti tidak tersedia fasilitas sama sekali. Jika hanya untuk kebutuhan dasar, telah tersedia kamar mandi, mushola dan tempat parkir.

Sementara itu, tidak tersedia fasilitas penginapan di pantai ini. Bagi yang ingin menginap bisa mendirikan tenda. Inilah sisi menarik dari wisata Anda di Pantai Watu Leter. Bermalam dengan berkemah akan membuat liburan semakin berkesan.

Menikmati suasana alam pantai di malam hari ditemani hangatnya api unggun tentu menyenangkan. Semakin nikmat dengan secangkir kopi hangat. Hanya saja, bermalam perlu adanya perbekalan yang cukup, mengingat tidak adanya penjual makanan di tempat ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 10.000
Parkir Bermalam+ Rp 5.000
Note: harga tiket masuk Pantai Watu Leter dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Watu Leter

Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke arah Turen hingga sampai pada pertigaan. Kemudian belok ke arah selatan menuju ke daerah Sumermanjing Wetan. Meneruskan perjalanan ke Pantai Sendang Biru sampai ada pertigaan. Pilih ke arah kanan untuk menuju Pantai Goa Cina.

Opsi kedua bisa dari Kota Malang ke Kepanjen. Lanjutkan ke arah Pagak, terus ke Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Gondanglegi dan lanjut ke Bantur. Dari Bantur, lanjut ke arah Balekambang. Sampai perempatan sebelum Pantai Balekambang belok ke kiri menuju Pantai Goa Cina.

Dari Pantai Goa Cina ke Watu Leter jalannya lumayan sulit dan sempit. Memasuki hutan bakau dengan jalanan dipenuhi batu yang cukup tajam. Setelah itu melewati jalan berumput liar yang tajam dam tinggi.

Mobil dipastikan tidak bisa melalui jalan itu dan harus diparkir di dekat Pantai Goa Cina. Kemudian lanjut dengan berjalan kaki sekitar 20 menitan. Sementara itu, bagi yang menggunakan sepeda motor bisa memarkir kendaraan di area yang lebih dekat dengan pantai. Peta Rute.