Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Pandawa Bali - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Harga Tiket

Pantai Pandawa Bali. Pulau Bali yang cantik tidak lagi mampu menyembunyikan keindahannya. Karena popularitas pariwisatanya yang mendunia, sebagian besar sudut alamnya pun diketahui. Tidak terkecuali pantai-pantai indah Bali yang dulunya tersembunyi.

Pantai Kutuh atau yang kini lebih terkenal dengan nama Pantai Pandawa adalah salah satunya. "The Secret Beach" sempat menjadi julukan yang disematkan para bule ke pantai ini. Mungkin karena lokasinya yang berada di sekitar Kuta sehingga mudah diketahui.

Jadi, jika sobat punya rencana liburan ke Bali dan menjadikan kawasan Kuta sebagai destinasi, jangan lupa singgah ke pantai ini. Secara administratif, lokasinya berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Rute dan petanya Di sini.

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali

Pantai Kutuh atau Pantai Pandawa Bali menghadirkan keindahan yang khas terutama melalui tebing-tebing tinggi sebagai pintu masuknya. Akses jalan berliku yang seolah membelah tebing kokoh sangatlah eksotik sebelum akhirnya terlihat bentangan biru lautnya.

Disebut "Secret Beach" karena pantai ini tertutupi oleh dua tebing besar. Di satu sisi tebing terpahat patung Pandawa dan Kunti. Dari posisi tertinggi, secara berurutan terdapat patung Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Sebelum akses jalannya terbuka untuk umum pada tahun 2012, Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai tersembunyi di Bali yang keberadaannya belum banyak wisatawan ketahui. Kini pantai ini harus rela menampung banyak wisatawan di setiap harinya.

Perbentengan tebing yang tinggi dan kokoh hanyalah menu pembuka. Di area pantainya telah terhampar luas pasir putih bersih yang memanjakan. Kontur pesisirnya cenderung landai menjadi tempat ideal untuk bersantai menikmati indah lanskap pantainya.

Gelombang ombak yang datang juga terlihat tenang sehingga di kejernihan airnya pengunjung bisa bermain air atau berenang. Selain itu, aktivitas menarik lain di perairan dangkalnya adalah bermain kano. Anda perlu mencobanya untuk memaksimalkan wisata.

Bagi penggemar fotografi, pantai ini memiliki banyak sudut yang indah. Tidak sedikit pasangan yang melangsungkan foto prewedding mereka di sini. Selebihnya, tersedia juga wahana paralayang dari Bukit Timbis yang pendaratannya berada di pantai ini.

{next}

Fasilitas Wisata Pantai Pandawa

Seiring dengan banyaknya kunjungan wisatawan, fasilitas di Pantai Pandawa pun semakin memadai. Di atas telah disebutkan bahwa di pantai ini ada fasilitas penunjang aktivitas. Di antaranya adalah penyewaan kano, kursi pantai, paralayang, hingga jasa pijat.

Fasilitas wisata umum lain mencakup rumah makan, area parkir yang luas, serta beberapa kamar mandi atau toilet bersih. Selebihnya, di sekitar lokasi pantai juga banyak kios oleh-oleh khas Bali, seperti pakaian, aksesoris, dan produk kerajinan khas Bali lainnya.

Apabila Anda butuh tempat menginap, kawasan pantai ini berada di sekitar Desa Ungasan yang terkenal. Di desa tersebut banyak sekali pilihan penginapan, hotel, vila, dan resort. Sebagai pertimbangan awal, Anda bisa mempertimbangkan salah satu hotel berikut ini:

Harga Tiket Masuk & Biaya Lain

KeteranganHarga
Wisatawan DomestikRp 8.000
Turis MancanegaraRp 15.000
Parkir Roda 2Rp 2.000
Parkir Roda 4Rp 5.000
Kursi PantaiRp 50.000
Kano DoubleRp 50.000/jam
Kano SingleRp 25.000/jam
Pijat PantaiRp 40.000-130.000
Paralayang± Rp 400.000
Note: biaya wisata atau harga tiket Pantai Pandawa yang disebutkan dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.