Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Sadranan Yogyakarta - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Rute

Pantai Sadranan. Jelajah wisata di Yogyakarta seolah tidak akan ada habisnya. Sebagai daerah yang terlanjur istimewa, Jogja selalu siap menampung keserbajenisan wisatawan. Siapapun dan berapapun durasi liburan mereka, Jogja selalu terbuka menyambut kekaguman siapa saja.

Bagi yang menyukai wisata pantai, selain ke Pantai Parangtritis, cobalah untuk ke Kabupaten Gunungkidul. Pilihlah satu dua dari puluhan pantai yang tersedia atau bisa juga langsung menuju ke Pantai Sadranan yang beralamatkan di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Sadranan Jogja

Sadranan merupakan salah satu pantai wisata di antara sekian pantai yang terhampar di selatan Pegunungan Seribu. Ini adalah pantai berpermukaan landai dengan hamparan pasir putih nan lembut yang berpadu dengan kejernihan biru kehijau-hijauan air laut.

Warna alam pantainya cenderung sumringah yang seolah senantiasa siap membahagiakan siapa saja. Bukan tentang keeksotikan tebing-tebing karang seperti yang ada di Pantai Kesirat. Namun lebih menawarkan kemolekan dari gradasi warna pasir dan lautnya.

Keberadaan bukit karang berselimut hijau di lepas pantai, seolah menjadi pembatas antara laut dangkal dan laut dalam. Di permukaan laut dangkal itulah keindahan pantai ini terasa. Kejernihan air bak kristal mampu menghadirkan indahnya terumbu karang di dasarnya.

Hal ini berarti juga bahwa Pantai Sadranan Yogyakarta menyimpan pesona bawah laut yang akan memanjakan setiap pengunjungnya. Selain di Pantai Nglambor, pantai ini juga merupakan surga bagi traveler pecinta aktivitas diving dan snorkeling di Yogyakarta.

Perihal penamaannya, Sadranan mengingatkan kita dengan tradisi Nyadran dalam kebudayaan masyarakat Jawa. Tradisi tersebut, salah satunya bertujuan untuk merefleksikan kerukunan dan kebersamaan masyarakat demi mencapai keharmonisan hidup.

Refleksi keharmonisan cukup kentara di pantai ini. Selain sebagai objek wisata, Sadranan juga merupakan tempat mencari nafkah penduduknya. Selebihnya, pantai ini juga menjadi tempat kegiatan religi berupa ritual sedekah laut untuk mensyukuri keberlimpahan hasil laut.

Aktivitas Wisata Pantai Sadranan

Berwisata ke Pantai Sadranan di Gunung Kidul Jogja yang paling penting Anda persiapkan adalah kegembiraan dan banyak-banyak rasa ketakjuban. Apa yang biasa wisatawan lakukan di pantai-pantai lain, umumnya bisa juga dilakukan di pantai ini.

Hanya saja sebagai saran awal, masukilah ketenangan dan lupakanlah segala bentuk hiruk-pikuk yang ada di pikiran. Jadilah beruntung untuk selanjutnya bersyukur akan nikmat Tuhan hingga Anda diperkenankan hadir dan bermanja dalam nuansa keindahan.

Seperti yang tersebut di awal, pantai ini adalah salah satu surga bagi pecinta snorkeling. Jadi sobat tahu yang harus dilakukan. Masukilah kejernihan air dan lihatlah betapa sekujur mata Anda dimanjakan oleh kemolekan ragam terumbu karang dan biota laut lainnya.

Sementara itu, tetap perhatikanlah bahwa ikan-ikan cantik juga menari dan berlarian ke sana-kemari. Kelincahan mereka seolah khusus menghibur setiap pandangan yang sadar akan keindahan. Ingin Berenang? ini adalah pantai yang ideal untuk melakukannya.

Bermainlah sepuasnya. Tersenyumlah lepas bersama sahabat sembari berlomba menunjukkan siapa yang paling bergembira. Abadikan keceriaan tersebut, terutama ketika atmosfir kebahagiaan perlahan klimaks dan jangan lupa, tetap menjaga etika.

Bagi sebuah wisata keluarga, pantai ini juga cukup aman bagi anak-anak kecil untuk bermain air mengingat laut dangkalnya cukup luas. Yang perlu pengunjung perhatikan adalah pasang surutnya air laut di pantai ini adakalanya berubah-ubah.

Berlagak malas di hamparan pasir juga bukan ide yang buruk. Bisa juga bermain dan berkreasi dengan membentuk pasir sesuai imajinasi Anda. Lebih ideal jika menjelajah dan menyusuri pesisir sembari menghayati setiap sudut alam yang membangun pantai ini.

Tetaplah teliti terhadap spot-spot tercantik dan abadikanlah dengan kamera atau smartphone. Selebihnya, lakukan apa saja. Setidaknya bertahanlah sampai pada keeksotikan warna alam saat matahari perlahan terbenam. Nikmati sunset dan lagi-lagi, bersyukurlah!

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski belum sepopuler dua pantai tetangganya, Pantai Pulang Sawal dan Pantai Krakal, pantai ini telah memiliki fasilitas yang lengkap. Mungkin ini adalah sisi optimis pengelola dengan harapan di kemudian hari bisa menjadi salah satu tujuan utama para pelancong Jogja.

Beragam fasilitas telah tersedia, tidak terkecuali penyewaan alat snorkeling dan perahu kayak atau kano. Di Pantai Sadranan Jogja juga telah tersedia banyak saung atau gazebo untuk berteduh dan bersantai. Banyak juga warung makanan dan minuman, termasuk cafe dan restoran.

Selebihnya ada tempat ibadah, lahan parkir yang luas, serta kamar mandi atau toilet berair bersih. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah penginapan dengan harga terjangkau. Untuk beberapa alasan, bisa juga jika ingin camping dengan mendirikan tenda di tepi pantai.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 5.000
Alat Snorkeling± Rp 50.000
Sewa Kayak/Kano± Rp 50.000
Sewa Gazebo± Rp 30.000
Sewa Tenda± Rp 50.000
Note: harga tiket Pantai Sadranan di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Rute Pantai Sadranan

Dalam kondisi lalu lintas normal, umumnya dari perjalanan dari Yogyakarta ke pantai ini membutuhkan durasi perjalanan berkendara kurang lebih 2 jam. Dari Jogja, mulailah melakukan perjalanan ke arah Wonosari atau melalui Imogiri-Panggang.

Lanjutkan terus ke selatan atau ikuti arah yang mengarah ke Pantai Baron. Setelah melalui pos retribusi, apabila menemukan pertigaan, lurus saja menuju ke arah Pantai Krakal. Pantai Sadranan Jogja berada persis di sebelah timur pantai tersebut. Peta Lokasi.