Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Indrayanti Yogyakarta - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Rute

Pantai Indrayanti. Mungkin benar jika rencana wisata ke Yogyakarta sudah tertanam sejak dini dan menjadi keinginan banyak orang. Sebagai salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia, Yogyakarta memang istimewa dalam banyak hal. Tidak terkecuali alam pantainya.

Jika saat ini sobat traveler berada di Jogja, pastikan tersedia waktu berkunjung ke pantai di Gunungkidul, ke Pantai Pulang Sawal (Pulsa) salah satunya. Pantai yang lebih populer dengan nama Pantai Indrayanti ini berada di Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Indrayanti Yogyakarta

Terkait dengan namanya, sejauh ini Pemkab Gunung Kidul menegaskan bahwa nama pantai ini adalah Pantai Pulang Sawal dan bukan Pantai Indrayanti. Masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Indrayanti karena papan nama sebuah kafe atau restoran di pantai tersebut.

Namun begitulah, hingga saat ini nama Indrayanti sudah demikian melekat, meski pemerintah menamainya Pantai Pulang Syawal. Meskipun merupakan pantai wisata populer dan banyak dikunjungi, Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai terbersih di Yogyakarta.

Semua pihak yang terkait, termasuk pihak swasta, turut memberi dampak positif bagi pantai ini. Demi kebersihan, pengelola di Pantai Pulang Sawal tidak segan-segan menjatuhkan denda Rp 10.000 untuk setiap sampah yang pengunjung buang dengan sembarangan.

Aturan tersebut turut membuktikan bahwa pantai ini memang sangat direkomendasikan bagi siapa saja. Perihal keindahannya, ada yang menyebutkan bahwa di sinilah kita bisa menikmati suasana pantai Bali di Jogja. Ungkapan tersebut tidak berlebihan mengingat apa yang ada.

Tidak seperti Pantai Parangtritis yang berpasir lebih gelap, Indrayanti menghadirkan hamparan pasir putih lembut nan bersih. Meski garis pantainya tergolong pendek hanya 250 meter, komposisi alamnya benar-benar memikat, termasuk tebing-tebing karang dan jernihnya air laut.

Aktivitas Wisata di Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai yang benar-benar bisa menyibukkan wisatawan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan seiring semakin lengkapnya fasilitas penunjang. Salah satunya adalah bermain jetsky yang bisa disewa untuk memperkaya pengalaman wisata Anda.

Jangan lupa melebarkan penjelajahan hingga Anda bisa benar-benar detail menghayati setiap bagian keindahan pantai ini. Termasuk naik ke bukit karang. Dari bukit tersebut, sejauh mata memandang hanyalah keeksotikan lanskap pantai yang layak dikagumi.

Tentu, bukanlah ide buruk apabila ingin mengabadikan keberadaan Anda dengan latar pemandangan yang paling Anda sukai. Sejauh ini, bermain air dan bermanja sedemikian rupa di hamparan pasir putih merupakan aktivitas wisata yang disukai sebagian besar pengunjung.

Selain itu, bisa juga jika ingin bermalas-malasan sambil berteduh di bawah payung-payung yang tersedia. Setelah puas bergembira, tuntaskan liburan kali ini dengan mencicipi beragam kuliner laut yang tersedia di cafe-cafe atau warung-warung di pinggir pantai.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Pantai Indrayanti termasuk pantai di Gunungkidul Yogyakarta yang cepat populer dan terkenal. Meski masih terbilang sebagai pantai baru, Pantai Pulang Sawal telah menyediakan banyak sekali fasilitas wisata. Jadi, jangan khawatir tidak terpenuhi kebutuhan liburan Anda.

Banyak penjual makanan, termasuk cafe atau restoran yang menjadi cikal bakal penamaan pantai ini. Fasilitas lain termasuk kamar mandi, parkir yang luas, tempat ibadah, toko sovenir, gazebo, payung pantai, dan jet ski. Selain itu, banyak juga tersedia penginapan murah.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Note: harga tiket Pantai Indrayanti di atas belum tentu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute dan Lokasi Pantai Indrayanti Jogja

Dari Yogyakarta, pantai ini berjarak kurang lebih 65 km atau 1, 5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari pusat Jogja, lanjutkan perjalanan ke Wonosari. Dan dari Kota Wonosari, lanjut ke arah selatan ke arah Pantai Baron hingga tiba di pertigaan besar di Desa Mulo.

Apabila ingin masuk melalui Pintu Timur, dari pertigaan Desa Mulo, belok ke kiri ke arah Tepus atau Jepitu. Ketika sampai di pertigaan Desa Tepus, belok ke kanan ke Pantai Indrayanti. Bisa juga masuk lewat Pintu Barat, dari pertigaan Desa Mulo lurus saja ke arah Pantai Baron.

Untuk ke Pintu Barat, melalui pos retribusi temukanlah pertigaan, kemudian belok ke kiri. Setelahnya, secara berturut-turut Anda akan melewati Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak hingga tiba di Pantai Indrayanti Jogja. Peta Lokasi.