Pulau Pari Kepulauan Seribu - Daya Tarik, Fasilitas, dan Biaya Wisata

Pulau Pari Kepulauan Seribu. Karena berjarak dekat, wisata Pulau Seribu sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Meski demikian bagi sobat yang jauh dari ibukota, tidak rugi juga apabila berlibur ke Kepulauan Seribu. Beragam pulau telah siap sedia memanjakan liburan Anda.

Pulau Pari Kepulauan Seribu Jakarta
credit: Lucky Christiawan, CC BY-SA 4.0

Lebih suka pulau populer dan terfavorit? bisa berkunjung ke Pulau Tidung dan untuk spot snorkeling terbaik bisa ke Pulau Harapan. Selain itu, rekomendasi terbaik lainnya adalah berwisata ke Pulau Pari. Selain indah dan kaya akan aktivitas, lokasi pulau ini juga cukup dekat dengan Jakarta.

Sama halnya dengan Pulau Tidung, secara administratif Pulau Pari berlokasi di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Daya tarik utama yang paling menonjol dari pulau ini adalah koleksi pantai wisatanya yang tenang dan menawan. Lanjutkan membaca untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Daya Tarik dan Aktifitas Wisata

Wisata Pulau Pari menawarkan beragam aktivitas yang menjamin setiap wisatawan puas berlama-lama. Jika suka aktivitas pantai, Anda bisa melakukan banyak hal di Pantai Pasir Perawan. Bermain pasir, berjemur atau apapun itu yang pasti, Anda tidak akan pernah lepas dari keindahan alamnya.

Setiap orang memiliki cara unik untuk bergembira dalam wisatanya. Lebih suka menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling? Pulau Pari sangat memungkinkan aktivitas itu. Setidaknya ada 3 spot snorkeling di sini, ada di Area Perlindungan Laut (APL), Bintang Rama, serta di depan dermaga.

Selebihnya, masih banyak yang bisa Anda lakukan. Bisa mencoba sensasi berkano ria atau menjelajah pulau dengan bersepeda. Wisata kuliner atau belanja oleh-oleh juga bisa. Pilih sunrise atau sunset? dua-duanya bisa dinikmati di Pulau Pari, spot strategis ada di area Bukit Matahari.

Pantai Perawan Pari Island Kepulauan Seribu
credit: Ramada Febrian, CC BY-SA 4.0

Fasilitas Wisata di Pulau Pari

Sebagai salah satu pulau tujuan wisata dan berpenghuni di Kepulauan Seribu, beragam fasilitas tersedia di pulau ini . Fasilitas umum yang tersedia meliputi berbagai jenis rumah makan dan pusat oleh-oleh, tempat ibadah (masjid dan mushola), posyandu, puskesmas hingga toilet umum.

Untuk fasilitas wisata biasanya tersedia di masing-masing objek wisata di Pulau Pari. Seperti di Pantai Pasir Perawan yang memiliki tempat bersantai, toilet, rumah makan, penyewaan kano, hingga lapangan volly. Pantai ini juga merupakan spot camping populer di sini.

Beragam penyewaan alat-alat wisata semua sudah ada. Mulai dari penyewaan sepeda, alat snorkeling, banana boat, donut boat, kano, dll. Selain bermalam dengan mendirikan tenda, banyak juga penginapan homestay dengan harga yang bervariasi bergantung fasilitas yang tersedia.

Fasilitas Wisata di Pulau Pari Pulau Seribu
credit: piqsels.com

Biaya Wisata ke Pulau Pari

Biaya wisata ke Pulau Pari selalu bergantung bagaimana cara sobat pergi ke sana. Untuk kemudahan, bisa memanfaatkan Paket Travel Pulau Pari yang banyak tersebar di internet. Masing-masing agen travel tentu menetapkan harga yang bervariasi dan bergantung juga pada durasi wisatanya.

Lain halnya jika sobat lebih suka melakukan trip secara mandiri, perlu terlebih dahulu mengetahui biaya perjalanannya. Berikut merupakan rincian perkiraan biaya yang mesti Anda keluarkan. Biaya perjalanan di bawah ini penulis asumsikan berangkat dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke.

Tiket Kapal + Peron IDR 47K
Tiket Pantai Pasir Perawan IDR 5K
Tiket Pantai Bintang IDR 5K
Tiket Pantai Kresek IDR 5K
Tiket Masuk Kantor LIPI IDR 2K
Berkemah di Pasir Perawan IDR 10K
Sewa Mess LIPI ± IDR 75K / malam
Sewa Sepeda Sehari IDR 20K
Berperahu di Hutan Mangrove IDR 20K
Sewa Kapal ± IDR 300K - 400K
Sewa Alat Snorkeling ± IDR 35K / orang
Sewa Banana Boat ± IDR 30K / orang
Sewa Donut Boat ± IDR 35K
Penginapan / Homestay ± IDR 300K - 700K / malam
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Biaya trip ke Pulau Pari tanpa travel
credit: unsplash.com/@jamestiono

Cara Pergi ke Pulau Pari

Telah mantab liburan ke Pulau Pari di Kepulauan Seribu? pertama-tama sobat perlu tiba di kawasan Jakarta Utara. Lalu, tujulah salah satu dari dua pelabuhan yang ada di sana, yakni Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke dan Dermaga Marina Ancol.

Jika lebih tertarik menggunakan kapal feri tradisional dengan durasi perjalanan antara 1,5 jam hingga 2 jam, pergi ke Kali Adem. Sementara itu, jika ingin lebih cepat sekitar 45 menit hingga 1 jam, bisa naik speedboat dari Marina Ancol. Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar