Beranda
Air Terjun
Bali
Bangli
Destinasi Wisata
Air Terjun Tibumana Bali, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Air Terjun Tibumana Bali. Sebagai primadona pariwisata di Indonesia, Pulau Dewata Bali menawarkan spot wisata yang sangat kaya. Pantai adalah satu hal yang mencolok mewakili eksotika alamnya. Namun bagaimana dengan Bangli, sebagai satu-satunya kabupaten tanpa pantai di Bali?

Tentu saja, Bangli tetap mempesona dengan caranya sendiri. Danau Batur, danau terbesar di Bali, berada di Kintamani di Kabupaten Bangli. Ini juga berarti Gunung Batur yang memiliki kaldera, salah satu yang terbesar di dunia itu juga berada di Bangli. Jadi, tidak ada alasan untuk mengabaikannya.

Selain pesona Gunung dan Danau Batur, keindahan alam Bangli juga diperkaya oleh sejumlah air terjun molek merona. Tibumana Waterfall, salah satunya. Sobat bisa mengunjungi Air Terjun Tibumana di Desa Apuan, Susut, Bangli, Bali. Lalu? lanjut membaca untuk mengetahui info selengkapnya.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Bali tidak memiliki air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Berbeda halnya dengan Air Terjun di Lumajang, Jawa Timur, yang umumnya tinggi menjulang. Apalagi Air Terjun Madakaripura yang tingginya mencapai 200 meteran. Air Terjun Tibumana sendiri hanya berketinggian sekira 20 meter saja.

Meskipun begitu, komposisi alam yang sejuk menyegarkan dipastikan sanggup membuat Anda betah bertahan. Tebing batu yang cenderung basah itu melingkar indah berhias keberagaman hijau tetumbuhan. Nuansa kedamaian demikian melekat, daya tarik yang pasti membuat siapapun terpikat.

Air Terjun Tibumana Bangli sering dikatakan sebagai air terjun kembar. Hal ini terkait dengan debit air sungai di atasnya. Jika debit airnya besar, air yang terjun terbagi menjadi dua bagian yang berdampingan. Namun ketika debit airnya kecil, hanya satu aliran yang terjun ke kolam di bawahnya.

Dengan satu maupun dua aliran air terjun, Tibumana tetaplah indah. Terlebih dilengkapi kolam alami yang membuat siapa saja ingin basah. Mandi, berenang atau berendam sudah menjadi aktivitas yang tak harus dipinta. Kebanyakan wisatawan pun melakukannya, termasuk juga turis mancanegara.

Di kolam alami yang tidak terlalu dalam itulah kebanyakan pengunjung menghabiskan waktu mereka. Sebagian yang lain mungkin selfie, mengabadikan diri dengan latarbelakang molek air terjunnya. Anda juga perlu melakukannya. Atau, ingin bersantai menikmati suasana? bisa saja, gazebo pun tersedia.

Kalau mandi atau berenang, usahakan tidak berada persis di bawah air terjunnya. Di balik air terjun tersebut ada goa sempit dan gelap. Meskipun belum ada yang membuktikannya, warga sekitar menyakini goa tersebut adalah jalan pintas ke Pura Goa Besakih. Ada sejumlah bendera sebagai batas beraktivitas.

Bisa juga jika ingin berkeliling menjelajahi area wisata alam ini. Khususnya bagi penggemar fotografi, temukanlah sejumlah spot terbaik yang Anda suka. Sebelum sampai di spot utama, ada juga air terjun lain berdebit air kecil dengan jembatan kayu dan sungai tenang di bawahnya. Selamat berwisata!

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski berada di lokasi yang cukup tersembunyi, Tibumana Waterfall telah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Akses jalan dari loket menuju lokasi pun bagus, terdapat rangkaian anak tangga dengan pegangan berupa pipa. Nuansa yang dihadirkan asri, seolah sudah ditata sedemikian rupa.

Di area Air Terjun Tibumana Bali telah tersedia gazebo kayu untuk istirahat, termasuk satu di sekitar spot utama air terjun. Ada juga ruang ganti. Selebihnya, akses jalan juga diperlengkap dengan jembatan kayu di atas aliran sungai. Area parkir memadai, ada toilet dan warung di sekitarnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 15.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Note: harga tiket Air Terjun Tibumana di atas tidak selalu akurat, karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute ke Air Terjun Tibumana Bali

Air Terjun Tibumana berlokasi di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Susut, Bangli, Bali. Kira-kira 33 km dari Denpasar atau sekitar 1 jam berkendara. Secara keseluruhan jalan hingga tiba di lokasi lumayan bagus, namun berkelok-kelok. Gunakan peta di bawah ini untuk mempermudah. Lihat Peta.