Beranda
Daftar Menarik
Jawa Timur
Pacitan
Pantai
Pantai Terbaik di Pacitan - 5 Pantai Cantik dengan Fasilitas Lengkap

Selain Kabupaten Malang dan Kabupaten Banyuwangi, destinasi terbaik Jawa Timur bagi pecinta pantai adalah Kabupaten Pacitan. Pesisir selatan kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini sangatlah menawan. Puluhan pantai terbaik di Pacitan senantiasa siap memanjakan siapa saja.

Bagi sobat traveler yang menyukai wisata pantai, rencanakanlah petualangan ke Pacitan. Sebagai langkah awal, tidak perlu mencari yang tersembunyi. Cukup tuntaskan membaca, pilih satu dua nama pantai di Pacitan yang direkomendasikan dalam artikel ini. Lalu? siapkan semuanya dan berangkatlah!

Setidaknya terdapat 5 pantai terbaik di Pacitan yang bagus dan mudah dikunjungi. Fasilitas wisatanya juga sudah memadai dan beberapa di antaranya telah terkenal hingga ke mancanegara. Bagaimana dengan keindahan alam pantainya? sekiranya cukup untuk mengikis habis ketakjuban Anda.

Pantai Watu Karung, Destinasi Terbaik Surfer Dunia

Watu Karung adalah desa pesisir selatan yang namanya demikian terdengar mewakili wisata pantai di Pacitan. Destinasi wisata populer, tidak saja di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Terkhusus melalui pantai utamanya, Pantai Watu Karung.

Ombak adalah satu hal yang melambungkan nama pantai ini. Setidaknya sejak kedatangan Bruce Irons, sang peselancar juara Rip Curl Pro Search 2008. Dia diajak Rizal Tanjung, peselancar kenamaan Indonesia untuk berselancar di sini. Aksinya tersebut kemudian menjadi cover majalah internasional, Waves.

Jadi, inilah pantai Pacitan yang mengawali daftar pantai terbaik di Pacitan. Dengan perjalanan mudah, dari Kota Pacitan ke selatan sekira 1 jam berkendara, Anda akan menjumpainya. Selain ke pantai utamanya, di Watu Karung, sobat juga bisa menjelajah hingga ke Pantai Kasap atau berperahu di Sungai Cokel.

Seiring dengan popularitasnya yang perlahan mendunia, fasilitas di Pantai Watukarung secara bertahap semakin memadai. Mudah menemukan warung, toilet dan lahan parkirnya pun luas. Untuk akomodasi, ada opsi homestay, guest house, villa hingga resort. Atau, bisa juga berkemah dengan mendirikan tenda.

Lokasi: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Pantai Klayar, Objek Wisata Terpopuler di Pacitan

Pantai terbaik di Pacitan selanjutnya adalah Pantai Klayar. Eksotika pesisir selatan Pacitan sangat kentara di pantai ini. Melalui harmoni perpaduan pasir putih yang membentang, tebing-tebing batu karang serta gradasi laut yang membiru yang tetap mengusung kerasnya ombak di pantai selatan.

Klayar seolah menu wajib bagi penggemar pantai di Pacitan. Pemandangan pantainya juga diperkaya dengan fenomena langka. Di sini ada batu karang raksasa ikonik yang menyerupai Sphinx di Mesir. Serta, air mancur yang dapat mengeluarkan bunyi seperti seruling yang dikenal sebagai Seruling Samudra.

Kecuali berenang, pengunjung bisa melakukan kegiatan yang umumnya dilakukan di pantai. Jelajah adalah aktivitas menarik, dekati tebing raksasa setinggi 9 meteran itu, atau bisa juga lebih dekat dengan "seruling samudera". Sekedar bersantai atau bisa juga menyewa ATV dan menyusuri sepanjang pantai ini.

Sebagai salah satu wisata pantai populer di Pacitan, fasilitas penunjang wisatanya pun memadai. Warung-warung, tempat ibadah, area parkir, toilet tersedia. Ada sejumlah homestay untuk akomodasi, persewaan ATV dan beberapa wahana lainnya. Untuk rute dan info detail, baca di Pantai Klayar Pacitan.

Lokasi: Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Pantai Teleng Ria, Spot Favorit di Dekat Pusat Kota

Jika Anda mendefinisikan diri sebagai traveler kebanyakan, suka hal-hal mudah dan minim dari tantangan, Pacitan telah siap dengan Pantai Teleng Ria. Desain alam yang membentuknya, kemeriahan yang ada serta kedekatan jarak dengan pusat kota, menjadikan pantai ini lebih ideal untuk wisata keluarga.

Berjarak kurang lebih 6 km dari Kota Pacitan, Anda hanya perlu kira-kira 5 menit berkendara ke selatan. Datangi pantai ini, bergabunglah dengan kemeriahan suasananya dan bergembiralah sejauh yang Anda suka. Hamparan pasirnya yang luas menawarkan beragam aktivitas, sekitar 40 h luas areanya.

Teleng Ria hampir tidak pernah sepi. Pantai favorit yang bisa dinikmati oleh segala usia. Meski tidak cocok untuk berenang, banyak yang bisa pengunjung lakukan. Anda bisa bersantai di hutan Kampung Cemara atau selfie di beberapa spot yang sengaja tersedia. Di hari-hari libur sering ada acara hiburan di sini.

Atau, susuri pesisirnya yang memanjang hingga 2,4 km. Naik ke atas bukit di sisi baratnya dan lihatlah betapa pantai ini indah dari ketinggian. Lanskapnya diperindah rangkaian Gunung Limo, pantainya berbatasan dengan spot surfing Pantai Pancer Door di timur dan Pantai Tamperan di barat yang kaya hasil laut.

Lokasi: Jl. Pantai Teleng Ria, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur

Pantai Srau, Salah Satu Pantai Terbaik di Pacitan

Berjarak cukup dekat dengan jajaran pantai dan Sungai Cokel di Watu Karung, Pantai Srau adalah pilihan pantai terbaik di Pacitan yang benar-benar akan memuaskan petualangan. Ini bukan tentang satu pantai, namun tiga ruas pantai sekaligus yang masing-masing molek menawan dengan keunikan tersendiri.

Pantai pertama sebagai titik awal keberangkatan, berada di sebelah timur dan menghadap ke timur. Keindahannya lebih kentara di awal pagi, ketika pemandangan sunrise perlahan berseri. Pasirnya putih, landai memanjang. Ada pulau karang di tengah lautnya, sehingga ombak pun mengalun lebih tenang.

Ombak jadi keras menggila di ruas pantai kedua. Meskipun ada beberapa pulau karang di tengah laut, namun pantai yang dijuluki Pantai Wayang ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai ketiga menghadap ke barat dengan karakter ombak yang juga besar. Sunset adalah sajian terindahnya.

Mengunjungi Pantai Srau, Anda hanya perlu berkendara mudah sejauh 23 km atau sekitar 45 menit ke selatan. Hanya saja jalannya berkelok-kelok, banyak tikungan. Di sekitar pantai ada penginapan, jika tidak ingin berkemah. Warung, mushola, area parkir, gazebo dan toilet, semuanya telah tersedia.

Lokasi: Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Pantai Buyutan, Menawan di Bawah Tebing Karang

Banyak pantai bagus di Pacitan, namun Pantai Buyutan-lah yang sekiranya wajib mengisi daftar terakhir pantai terbaik di Pacitan kali ini. Laut birunya membentang sejauh mata memandang. Pasir putihnya memanjang mengiringi perbentengan tebing karang yang berselimut tetumbuhan nan hijau rindang.

Tidak hanya itu. Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong dan juga Watu Narada, turut memperindah panorama di lepas pantainya. Watu Narada adalah yang terbesar dan menjadi ikon Pantai Buyutan. Keberadaannya dikaitkan dengan legenda mahkota dewa Narada yang katanya pernah jatuh di pantai ini.

Pantai ini berada di bawah benteng tebing karang yang menjulang. Kehadiran Anda dimulai dari ketinggian, sehingga bisa puas menikmati lanskap alam sejauh pandangan. Terkhusus ketika senja mulai menjelang, seiring matahari perlahan terbenam, sajian sunset Pantai Buyutan sangatlah menakjubkan.

Meski tak sepopuler pantai yang tersebut sebelumnya, Pantai Buyutan berfasilitas cukup memadai. Kecuali mungkin penginapan, semua fasilitas umumnya pantai sudah tersedia. Bahkan ada jasa ojek untuk turun ke pantai. Untuk detail rutenya, baca artikel selengkapnya di Pantai Buyutan Pacitan.

Lokasi: Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Bagaimana? apakah tertarik mengunjungi salah satu pantai Pacitan di atas. Terbaik mungkin relatif, terutama jika Anda adalah petualang pantai anti mainstream. Seorang yang lebih suka destinasi menantang dan tersembunyi. Banyak pantai tersembunyi di Pacitan, salah satunya Pantai Pangasan.