Beranda
Air Terjun
Bali
Bangli
Destinasi Wisata
Air Terjun Tukad Cepung Bali, Fasilitas Wisata dan Harga Tiket

Sebagai tujuan wisata utama di Indonesia, Bali memiliki sudut alam budaya yang selalu menarik. Tidak hanya pantai, Bali juga kaya wisata alam dalam balutan sejuk pegunungan. wisata Danau di Bali pun tenang menawan, sementara banyak juga air terjun yang mengagumkan. Air Terjun Tukad Cepung salah satunya.

Tukad Cepung Waterfall merupakan satu dari koleksi wisata air terjun di daerah Bangli. Lokasinya tersembunyi di Dusun Penida Kelod, Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Meskipun tersembunyi dan sedikit membutuhkan perjuangan untuk mencapainya, air terjun ini eksotik karena seolah berada dalam sebuah goa.

Tukad Cepung termasuk tempat wisata Bangli terbaru, namun telah menjadi salah satu tujuan favorit, selain Tibumana Waterfall. Tidak sedikit turis mancanegara yang mengunjunginya. Jadi, saat ini sudah semestinya giliran Anda. Berangkatlah, setelah sebelumnya tuntas membaca informasi dalam artikel ini.

Daya Tarik Tukad Cepung Waterfall Bali

Air Terjun Tukad Cepung Bangli unik karena menempati cekungan benteng tebing yang menjulang. Setinggi kurang lebih 15 meter, airnya jatuh bak tirai seolah masuk ke dalam sebuah goa. Rimbunnya kehijauan yang berada di atas tebing membuat cahaya matahari yang masuk semakin memperindah pemandangannya.

Air yang jatuh tertampung sementara kemudian mengalir pelan membasahi dasar cekungan tebing. Benteng tebing yang berlumut tampak selalu basah turut menyempurnakan keeksotikan air terjun ini. Sangat memanjakan mata, terlebih bagi pecinta fotografi, banyak sudut keindahan yang layak Anda abadikan.

Meski demikian, keindahan Air Terjun Tukad Cepung Bali sebenarnya sudah tersaji setidaknya sejak Anda diharuskan melakukan trekking. Menuruni jalan berundak, sementara rimbun hijaunya pepohonan dan udara yang sejuk senantiasa mengiringi perjalanan. Lingkungannya benar-benar masih asri alami.

Tidak hanya jalan setapak yang berundak-undak, setiap wisatawan yang berkunjung ke Tukad Cepung Waterfall juga harus menyelinap di antara sela-sela tebing dengan akses yang cukup sempit. Tentunya, bagi traveler petualang alam, perjalanan ke air terjun ini akan menyisakan pengalaman tersendiri.

{next}

Harga Tiket, Fasilitas Wisata, Akomodasi

Tukad Cepung merupakan objek wisata baru yang masih dikelola oleh warga setempat. Oleh karena itu, fasilitas wisatanya belum benar-benar memadai. Sudah tersedia lahan untuk memarkir kendaraan. Adapun tiket masuk, awalnya hanya berupa donasi namun kini sudah ditentukan tarifnya, yakni sekitar Rp 15.000.

Akses jalan menuju air terjun ini hanya berupa jalan setapak yang sederhana, namun cukup baik. Ada juga beberapa bagian yang curam dengan sejumlah anak tangga. Untuk konsumsi, terdapat beberapa warung tradisional yang menyediakan makanan dan minuman di beberapa titik ketika Anda menuju air terjun ini.

Selebihnya, untuk akomodasi terdekat bisa Anda temukan dalam jarak kurang lebih 6 menit berkendara dari kawasan parkir utama objek wisata alam ini. Untuk rekomendasi penginapan terdekat, Anda bisa mempertimbangkan menginap di D Karang Homestay, De Klumpu Bali Eco, atau De Umah Bali Eco.

Lokasi Air Terjun Tukad Cepung di Bangli

Tukad Cepung Waterfall Bali masuk dalam kawasan Banjar Penida Kelod, di Desa dan Kecamatan Tembuku, Bangli. Kurang lebih 8 km dari Kecamatan Bangli, 30 km atau 50 menit berkendara dari Kawasan Wisata Ubud dan Kintamani. Sekitar 40 km atau 1 jam berkendara jika berangkat dari Denpasar. Lihat Peta