Bali Daftar Menarik Danau

Danau di Bali - 4 Wisata Danau Indah, Tempat Favorit untuk Camping

0 Komentar
Beranda
Bali
Daftar Menarik
Danau
Danau di Bali - 4 Wisata Danau Indah, Tempat Favorit untuk Camping

Danau di Bali. Pulau Dewata terlanjur mempesona, anugerah alam sedemikian hebat membentuk setiap bagiannya. Masyarakat dunia pun mengakuinya, berbondong-bondong mengunjunginya. Pesonanya terkenal, terutama melalui jajaran molek pantai di pesisir selatannya.

Tapi, terlalu sempit jika mendefinisikan alam Bali hanya melalui pantai-pantai indahnya. Bali lebih dari itu, coba tengoklah Bali Utara. Di ujung utara Tabanan hingga memasuki Buleleng. Kawasan Wisata Bedugul yang menawan memiliki sejumlah danau yang damai menenangkan.

Tidak hanya itu, di Kabupaten Bangli, tepatnya di Kintamani, ada Gunung Batur yang menjulang dengan danau kawah di dalam kalderanya. Jadi, wisata Bali, terkhusus bagi traveler petualang, alihkan perhatian ke utara. Kunjungi objek wisata Danau di Bali, berikut ini daftarnya.

Danau Batur di Kintamani Bangli

Seperti tersebut di atas, Gunung Batur di Kintamani memiliki kaldera dengan sebuah danau di dalamnya, tepatnya di kaldera Batur Lama. Danau Batur namanya, senada dengan nama gunungnya. Berada di ketinggian 1031 mdpl, memanjang sejauh 7,5 km dengan lebar 2,5 km.

Sebagai danau kaldera aktif, warna airnya sering berubah karena mengandung belerang serta memiliki sumber air panas. Terlihat dari atas, bentuk Danau Batur mirip bulan sabit. Keindahan alamnya pun telah diakui oleh UNESCO yang menetapkannya sebagai Kawasan Taman Bumi.

Sobat traveler bisa melakukan banyak hal di Danau Batur. Mencoba berperahu menjelajahi perairannya adalah ide yang sempurna. Suka memancing? lakukanlah! Ikan Mujair sangat dominan di danau ini. Rasakan juga pemandian air panasnya yang berada di desa Toya Bungkah.

Lokasi: Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli

Wisata Danau Beratan di Tabanan

Danau Beratan bisa dikatakan sebagai objek wisata alam, salah satu yang paling ikonik mewakili Pariwisata Bali. Di sinilah letak Pura Ulun Danu Beratan yang dari berbagai sudutnya, sering dijadikan objek fotografi menggambarkan lanskap alam budaya Bali.

Selain menghadirkan eksotika alam dan budaya, Pura Ulun Danu Bratan merupakan kompleks candi air, satu di antara sembilan Pura Kahyangan Jagat yang mengelilingi Bali. Sehingga termasuk sebagai pura terpenting bagi religiusitas masyarakat Hindu Bali.

Danau di Bali ini beserta kompleks puranya sungguh menawan, sobat perlu berkunjung dan mengaguminya. Sementara itu di perairannya yang tenang, Anda bisa mengarungi dengan varian perahu yang ada, memanjakan estetika. Bisa juga memancing atau berfoto dengan ragam fauna.

Lokasi: Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Wisata Danau Buyan Bedugul Bali

Wisata Danau di Bali selanjutnya adalah Danau Buyan. Taman wisata alam Bali di ketinggian 1.350 mdpl, sejuk udara di sekitarnya menyempurnakan nuansa permai alamnya. Keberagaman warna hijau mendominasi dan membentengi ketenangan air danaunya.

Buyan merupakan danau terbesar dari 3 danau di Kawasan Objek Wisata Bedugul. Luasnya mencapai 490 hektar dan berkedalaman mencapai 89 meter. Danau di Bali identik dengan keberadaan pura air, Danau Buyan juga memilikinya, Pura Ulun Danu Buyan namanya.

Untuk traveler pecinta alam, di sinilah tempat ideal untuk berkemah. Ada Camping Ground, ada juga persewaan tenda. Sama halnya dengan dua danau di atas, di danau ini pengunjung juga bisa memancing. Bisa juga trekking ke Puncak Wanagiri menikmati alam dari ketinggian.

Lokasi: Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

Danau Tamblingan Buleleng Bali

Danau Tamblingan merupakan danau yang menjadi tetangga bagi Danau Buyan dan Danau Beratan. Meski luasnya tak sama, ketiga danau ini sering dikatakan sebagai danau kembar. Ketiganya tercipta oleh letusan Gunung Lesung. Tamblingan adalah yang terkecil di antaranya.

Demi kelestarian alam, danau di daerah Munduk ini tidaklah dikembangkan untuk wisata modern. Tetap alami dalam kesejukan dataran tinggi. Danau ini juga berhias Pura, puluhan jumlahnya. Malah punya dua Pura Bebaturan yang diperkirakan sebagai peninggalan pra-Hindu.

Sama halnya dengan Danau Buyan, Anda juga bisa mendirikan tenda di sini. Hanya saja, fasilitas wisatanya terbatasi agar tetap alami. Selain keindahan danaunya, daya tarik Tamblingan ada di puluhan pura yang ada. Kental dengan mitos, termasuk yang membangun namanya.

Lokasi: Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali

Demikian daftar rekomendasi wisata Danau di Bali. Semua danau tersebut bisa Anda jadikan sebagai tempat berkemah. Namun sejauh ini yang populer untuk aktivitas camping adalah Danau Buyan dan Danau Tamblingan, keduanya berlokasi di Kawasan Wisata Bedugul Bali.