Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Jelangkung (Jolangkung) Malang - Info Fasilitas & Tiket

Pantai Jelangkung (Jolangkung) Malang Selatan. Kabupaten Malang benar-benar menjadi salah satu daerah di Indonesia yang telah dianugerahi keindahan alam luar biasa. Selain pegunungan, Malang juga menyimpan puluhan pantai indah yang tersebar di bagian selatannya.

Salah satu pantai yang layak Anda kunjungi adalah Pantai Jolangkung atau Pantai Jelangkung. Secara administratif, lokasinya berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. Uniknya, penamaan pantai ini seolah mengabarkan kekhasan keindahan alamnya.

Tentu, ini bukanlah tentang sesuatu yang mistis oleh karena namanya Jelangkung yang lebih diasosiasikan dengan legenda makhluk halus. Perlu sobat ketahui, nama pantai ini sebenarnya adalah Jolangkung yang berarti ojo liwat atau dalam bahasa Indonesia berarti jangan melintas.

Daya Tarik Pantai Jolangkung Malang

Nama pantai ini berkaitan dengan masa lalunya yang terkenal dengan ombak yang sangat besar. Saking besarnya, gelombang ombak sampai meluber ke jalan raya. Apabila sedang pasang, siapapun dilarang melintas di jalan agar terhindar dari kemungkinan tergulung ombak.

Untuk mengabadikan larangan itu, dinamakanlah pantai ini dengan jolangkung yang kemudian terjadi pergeseran kata menjadi jelangkung. Pantai Jelangkung adalah pantai yang indah. Bahkan rona keeksotikan alamnya begitu jelas terlihat dari Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang.

Sekilas jika sobat baru pertama kali ke pantai di Malang Selatan, Anda akan mengira bahwa pantai ini bukan berada di Kabupaten Malang. Bukan pula di Indonesia, tapi di luar negeri. Komposisi alam pantainya benar-benar mencipta pemandangan yang sempurna.

Sebelum sampai di lokasi, dari kejauhan terlihat perbukitan nan hijau di sisi kanan dan kiri membentengi Pantai Jolangkung. Sementara itu, setiap pandangan tetap bisa menikmati laut yang membiru. Dari kejauhan juga, deburan ombak terlihat besar dan meninggi.

Namun ketika jarak semakin dekat, Anda akan melihat gelombang ombak yang mengalun dengan tenangnya. Kenapa begitu? di pantainya terdapat batuan karang yang rebahan berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai yang menahan gempuran ombak besar yang datang.

Dengan ketinggian hanya 50 sentimeter, karang tersebut memanjang hingga 300 meter. Karang inilah yang selalu setia menahan derasnya ombak yang datang. Inilah kekhasan pantai ini, semakin cantik ketika pertahanan karang menimbulkan muncratan air yang melingkar pelan.

Aktivitas Wisata di Pantai Jelangkung

Seperti kebanyakan aktivitas di pantai yang lain, jelajah sembari mengagumi pesona alam adalah kegiatan yang menyenangkan di sini. Berjalan pelan di pasirnya dan menghayati setiap detail bagiannya. Bisa juga pergi ke atas bukit untuk melihat lanskap dari atas ketinggian.

Mengingat Pantai Jolangkung Malang hadir dengan karakteristik ombak besar yang berbahaya, berenang bukanlah aktivitas ideal. Adalah sesuatu yang artistik, jika Anda mencoba mengabadikan keberadaan dengan latar belakang bebatuan karang di saat ombak datang menghantam.

Jika terlanjur terpikat, sobat traveler bisa mendirikan tenda agar bisa lebih total mengagumi pantai ini. Hanya saja, perlu hati-hati dengan gelombang ombak yang kurang bersahabat. Pada bulan-bulan tertentu, ombaknya benar-benar menggila. Jadi, sudah semestinya Anda waspada.

{next}

Fasilitas Wisata di Pantai Jolangkung

Pantai Jolangkung adalah salah satu pantai di Malang Selatan yang baru saja dibuka dan fasilitas belum sepenuhnya memadai. Namun, di sekitar lokasinya sudah tersedia sejumlah warung penjual makanan dan minuman serta telah ada area parkir yang cukup luas.

Harga tiket masuk Pantai Jolangkung kurang lebih sama dengan HTM pantai-pantai lain di Malang Selatan. Untuk memasuki pantai ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Biaya lainnya adalah untuk parkir kendaraan, kurang lebih Rp 5.000.

Rute Lokasi Pantai Jelangkung Malang

Mengingat letaknya dekat dengan Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang, akses ke pantai ini sangat mudah. Bahkan dari pinggir jalan raya itu, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangannya. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Parangdowo, jadi bisa sekalian menjelajahi keduanya.

Apabila berangkat dari Kota Malang, langsung saja mengambil rute ke arah Pantai Sendangbiru. Kemudian, belok ke barat hingga tiba di wilayah Desa Gajahrejo. Tenang saja, sudah banyak papan penunjuk jalan ke pantai-pantai wisata yang terdapat di sekitaran JLS.

Opsi lain adalah menggunakan rute ke Pantai Balekambang melalui Gondanglegi atau Kepanjen. Lalu, lanjutkan perjalanan ke arah Bantur, menuju Balekambang. Sebelum Pantai Balekambang, terdapat perempatan. Belok kiri melalui JLS menuju ke Pantai Jelangkung. Peta Rute.