Banten Destinasi Wisata Pantai

Pantai Tanjung Lesung Banten - Info Fasilitas dan Harga Tiket

0 Komentar
Beranda
Banten
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Tanjung Lesung Banten - Info Fasilitas dan Harga Tiket

Pantai Tanjung Lesung Banten. Pantai dengan segala pesonanya akan selalu diminati. Terlebih bagi masyarakat perkotaan seperti di Jakarta dan sekitarnya. Wisata bahari pastinya mampu memberi peremajaan fikiran yang sebelumnya terforsir oleh padatnya rutinitas harian.

Jika sebelumnya sobat traveler telah akrab dengan Pulau di Kepulauan Seribu yang terlanjur menjadi primadona. Pertimbangkan juga pergi sedikit jauh ke barat, ke Pantai Sawarna Banten. Atau, temukanlah salah satu pantai terbaik di pesisir Banten, yakni Pantai Tanjung Lesung.

Daya Tarik Wisata Tanjung Lesung

Wisata Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang Banten merupakan pantai yang indah menenangkan dengan pasir putih lembut yang menggoda. Seperti halnya dengan Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung juga termasuk 10 destinasi prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pantai Tanjung Lesung Banten bersih dan alami dengan latar Gunung Krakatau yang terkenal. Kawasan wisatanya sangat luas, sekitar 1500 ha dengan garis pantai yang panjang. Suasana alami benar-benar terasa dengan hutan yang menghijau serta alam pedesaan yang menenangkan.

Bentangan air lautnya yang jernih bak kristal mengisyaratkan bahwa Pantai Tanjung Lesung mampu memanjakan siapapun dengan keindahan alam, luar dan dalam. Jadi, segeralah menjadi salah satu dari mereka yang berbahagia, mantabkan hati dan bersiaplah mengunjunginya.

Kawasan wisata yang luas memungkinkan setiap wisatawan mendapatkan pengalaman wisata yang kaya. Selain pantai, Tanjung Lesung juga termasuk hutan yang hijau. Tidak hanya itu, nikmati juga alam pedesaan yang menenangkan lengkap dengan keunikan budaya masyarakatnya.

Wisata Tanjung Lesung menjamin setiap wisatawan puas dalam liburan karena juga menawarkan opsi wisata budaya. Di lokasi Tanjung Lesung, pengunjung bisa menonton atraksi budaya berupa tarian api. Jika durasi liburan panjang, berkunjunglah ke Kampung Badui yang eksotik.

Aktivitas di Pantai Tanjung Lesung

Di Pantai Tanjung Lesung sendiri, wisatawan akan menikmati beragam aktivitas menarik. Nikmati keseruan olahraga air, menaiki banana boat, kano atau jetski. Karena air lautnya relatif tenang, semua aktivitas pantai bisa wisatawan lakukan dan juga sangat ideal untuk wisata keluarga.

Bebaskanlah anak-anak bergembira, berenang, bermain pasir atau aktivitas apapun yang mereka suka. Tanjung Lesung cantiknya luar dan dalam. Selain panorama yang menawan dengan banyak spot fotografi, di balik kejernihan lautnya, tersimpan kerajaan bawah laut yang mempesona.

Snorkeling dan diving adalah aktivitas yang sempurna. Spotnya sangat banyak yang tersebar di sekitar perairan Tanjung Lesung. Bisa mencoba di Batu Pemecahan, Pulau Liwungan, di sekitaran Beach Club, atau jika ingin lebih jauh, bisa melebar hingga ke Taman Nasional Ujung Kulon.

Suka Anda adalah seorang surfer? jelajahi perairan dengan berperahu hingga tiba di Pulau Panitan. Pulau yang memiliki luas 17K ha tersebut memiliki gelombang ombak yang indah dan bagus untuk berselancar ria. Menariknya, di Pulau Panitan juga terdapat banyak spot penyelaman.

Bagaimana dengan memancing? Wisata Tanjung Lesung adalah tempat sempurna untuk melakukannya. Anda bisa mencoba terlebih dahulu di sekitar dermaga atau bisa juga menyewa perahu/boat dan berkeliling perairan untuk mendapatkan spot memancing yang terbaik.

Terlepas dari semua kegiatan di atas, Anda juga wajib menjelajahi pesisir pantainya yang panjang dan temukanlah spot terbaik untuk mengabadikan keberadaan (selfie). Lakukan apapun atau setidaknya bertahan hingga hari mulai senja dan nikmatilah kemolekan sunset di pantai ini.

Jangan lupa nikmati lezatnya kuliner laut. Bisa bergabung dalam seafood party. Barbeque laut di restoran tepi pantai benar-benar menggugah selera. Selanjutnya, beruntunglah jika bertemu pagi. Selain matahari terbenam, keindahan matahari terbit di sini juga tak kalah menakjubkan.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai bagian dari 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), pembangunan di kawasan wisata Tanjung Lesung benar-benar diprioritaskan. Akses transportasi saat ini semakin mudah serta fasilitas akomodasinya yang sangat beragam.

Banyak pilihan akomodasi atau penginapan seperti hotel, cottage, villa, serta homestay di sekitar kawasan wisatanya. Harga penginapan di Tanjung Lesung Banten sangatlah bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang murah ada juga yang berfasilitas mewah.

Fasilitas lain termasuk beberapa restoran. Beberapa minimarket atau warung-warung kecil bisa ditemukan sebelum pintu masuk. Ada juga fasilitas watersport seperti jetski, banana boat, alat snorkeling dan diving. Serta, perahu atau boat untuk hopping island dan memancing.

KeteranganHarga
Hari BiasaIDR 25K
Hari LiburIDR 40K
Pengunjung Resort & BalitaGratis
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Wisata Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung berada di Tanjungjaya, Panimbang, Pandeglang, Banten. Untuk sampai di sini, Anda bisa melalui Serang. Bisa memilih melalui Anyer atau Pandeglang, hingga tiba di Labuan. Lanjutkan perjalanan melewati Pasar Panimbang hingga tiba di Tanjung Lesung. Peta Lokasi

Dari Jakarta ke Pantai Tanjung Lesung membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 3-4 jam perjalanan berkendara dengan jarak tempuh sekitar 180 kilometer. Dari Ibukota Jakarta, setidaknya terdapat dua rute ke Pantai Tanjung Lesung Banten. Bisa menggunakan salah satu dari rute berikut ini:

  1. Tol Jakarta Merak - Keluar dari pintu gerbang tol Serang Timur - Melanjutkan ke arah Pandeglang - Labuan - Sampai di Tanjung Lesung
  2. Tol Jakarta Merak - Keluar dari pintu gerbang Cilegon - Menyusuri pesisir Anyer - Labuan - Sampai di Tanjung Lesung