Pulau di Kepulauan Seribu Jakarta - 9 Pulau Wisata Terindah Terbaik

Sudah menjadi rahasia umum, wisata pulau di Kepulauan Seribu Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Indonesia. Hampir semua obsesi liburan laut bisa wisatawan realisasikan di gugusan kepulauan di sisi utara Teluk Jakarta ini.

Selain keindahan bahari, Pulau Seribu juga menawarkan beragam olahraga air, snorkeling, diving, memancing, berenang, berkemah, wisata sejarah, hingga wisata pendidikan. Tidak hanya itu, aktivitas masyarakat baharinya pun memiliki daya tarik tersendiri.

Pulau di Kepulauan Seribu Jakarta
credit: instagram.com/ra.motomoto

Kepulauan Seribu sendiri merupakan kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Terhitung sebelas pulau di Kepulauan Seribu Jakarta yang berpenghuni, sementara sebagian besar yang lainnya berfungsi sebagai pulau resor atau pulau wisata.

Lain halnya dengan pesisir pantai utara Jakarta yang kurang terawat, Pulau Seribu sangat bersih, identik dengan laut yang jernih serta lanskap yang menakjubkan. Bahkan, semakin jauh pulau wisata dari Teluk Jakarta, semakin bersih juga pantai dan lautnya.

Wisata Kepulauan Seribu adalah destinasi terbaik bagi traveller penyuka wisata bahari, Andakah salah satunya? Mendapat julukan Maldiven van Java, Pulau Seribu kaya akan pulau tropis menawan yang siap memanjakan liburan Anda. Berikut 9 di antaranya:

Pulau Tidung (Primadona Wisata Kepulauan Seribu)

Wisata Pulau Tidung Jakarta
credit: B10m, CC BY-NC-ND 2.0

Pulau Tidung merupakan destinasi di Pulau Seribu terfavorit dan terpopuler. Berlokasi di sisi barat Kepulauan Seribu, pulau ini mencakup dua pulau, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kedua pulau terhubung oleh jembatan panjang yang populer dengan nama Jembatan Cinta.

Hanya Pulau Tidung Besar yang berpenghuni, sedangkan Tidung Kecil merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove sehingga terlihat lebih asri dengan pantai indah berpasir putih. Sebagai salah satu pulau terbaik di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung menawarkan banyak aktivitas.

Selain bersantai menikmati indahnya pemandangan yang tersaji, traveler juga bisa mencoba beragam wisata air seperti berenang dan snorkeling. Bisa juga susur pantai dengan kano atau kalau berani, lakukan loncat indah terjun ke laut dari atas jembatan setinggi 5-6 meter.

Pulau Harapan (Satu yang Tereksotis di Pulau Seribu)

Pulau Terindah di Pulau Seribu Jakarta
credit: khatulistiwa, CC BY-NC-SA 2.0

Menjadi bagian dari Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Pulau Harapan merupakan salah satu pulau terbagus di Pulau Seribu. Pulau ini bisa menjadi destinasi wajib bagi mereka yang gemar snorkeling dan diving karena merupakan spot snorkeling paling eksotis di Pulau Seribu.

Pulau Harapan juga merupakan kelurahan yang membawahi sekitar 30 pulau lainnya. Berlokasi di Kepulauan Seribu Utara yang jauh dari Jakarta, Pulau Harapan sangatlah indah. Selain taman laut yang menjadi daya tariknya, pulau ini juga menawarkan suasana pesisir yang bersih dan asri.

Selebihnya, melalui pulau ini, wisatawan juga bisa island hopping atau menjelajah pulau lain di Pulau Seribu yang berdekatan dengan pulau ini. Misalnya, melebar ke Pulau Kelapa Dua untuk melihat penangkaran penyu atau ke Pulau Kotok yang merupakan tempat penangkaran burung elang.

Pulau Pari (Pulau dengan Jajaran Pantai Menawan)

Pulau Pari Jakarta
credit: Lucky Christiawan, CC BY-SA 4.0

Memilih Pulau Pari sebagai tujuan wisata di Kepulauan Seribu juga merupakan ide yang sempurna, terutama karena lokasinya nya yang cukup dekat dengan Jakarta. Beberapa pantai tenang nan menawan bisa Anda temukan di pulau ini, salah satunya adalah Pantai Pasir Perawan.

Pantai Pasir Perawan merupakan spot camping populer di Pulau Pari, sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin bermalam dan mendirikan tenda. Pulau Pari juga memungkinkan bagi mereka yang ingin menikmati keindahan bawah laut Pulau Seribu melalui aktivitas snorkeling.

Setidaknya terdapat 3 spot snorkeling di pulau ini, yakni di Area Perlindungan Laut (APL), Bintang Rama, serta di depan dermaga. Di sini ada juga area bernama Bukit Matahari yang sejauh ini merupakan tempat paling strategis untuk menikmati sunrise dan sunset di Pulau Pari.

Pulau Pramuka (Pusat Konservasi yang Kaya Aktivitas)

Pulau Terlengkap di Kepulauan Seribu
credit: Adham Somantrie, CC BY-NC 2.0

Pramuka merupakan nama pulau di Kepulauan Seribu yang menjadi pusat pemerintahan kabupaten. Oleh karena itu, popularitas pariwisata pulau ini nyaris sama dengan Pulau Tidung dan termasuk sebagai pulau paling ramai kunjungan dengan fasilitas wisata yang sangat memadai.

Di Pulau Pramuka, wisatawan bisa melihat penangkaran hewan langka yang hampir punah, yakni Penyu Sisik. Bisa dikatakan bahwa Pulau Pramuka merupakan pulau konservasi. Selain penangkaran penyu, di sini juga terdapat penanaman bakau sebagai bentuk upaya pencegahan abrasi.

Jadi, di pulau ini, para pelancong bisa menikmati wisata edukasi, sambil tetap bisa menikmati wisata lautnya. Snorkeling dan diving juga sangat dimungkinkan, termasuk beragam watersports atau wisata air lainnya. Di sini juga ada tempat pelelangan ikan untuk mendapatkan ikan segar.

Pulau Bidadari (Pulau Indah yang Kaya akan Sejarah)

Wisata Pulau Bidadari Jakarta
credit: B10m, CC BY-NC-ND 2.0

Pulau Bidadari merupakan destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang sangat dekat dengan Jakarta. Hanya butuh sekitar 25 menit untuk sampai dari Dermaga Marina Ancol. Termasuk salah satu pulau terbaik di Kepulauan Seribu karena menawarkan pengalaman wisata yang kaya.

Selain wisata bahari, sobat traveller juga bisa sekalian menikmati wisata sejarah. Di Pulau Bidadari terdapat sebuah bangunan bersejarah berupa benteng yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Peninggalan sejarah yang lainnya, mencakup keberadaan andong dan meriam.

Bersama pulau terdekatnya, Pulau Onrust dan Pulau Kahyangan, Pulau Bidadari merupakan tempat bersejarah sebagai cagar budaya di Kepulauan Seribu. Pulau ini juga ada fasilitas kolam renang anak, dan mengoleksi kawanan rusa jinak serta Pohon Jodoh yang terkenal mitosnya.

Terkait fasilitas akomodasi atau tempat menginap, Pulau Bidadari menawarkan pengalaman menginap di cottage di atas laut dan cottage di daratannya. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, misalnya volly pantai, sepak bola, billyard, tenis meja, bersepeda, serta beragam watersport.

Pulau Ayer (Mutiara di Kepulauan Seribu Jakarta)

Mutiara Kepulauan Seribu
credit: Rio Sundoro, CC BY-NC 2.0

Selain Pulau Bidadari, Pulau Ayer juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang terdekat dengan Jakarta. Cocok untuk liburan keluarga dengan fasilitas terlengkap. Yang ikonik adalah fasilitas resort bergaya suku asmat yang membuat pulau ini dijuluki mutiara Kepulauan Seribu.

Bermacam type cottage juga telah tersedia, baik yang di atas laut maupun panggung. Hanya saja, Pulau Ayer bukanlah tempat yang cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving karena. Selain dasar laut yang terjal, jarak yang dekat Jakarta juga memungkinkan air lautnya lumayan keruh.

Aktivitas terbaik di Pulau Ayer adalah bermain watersports, bisa mencoba naik jetsky, banana boat, surf bike, kano, atau memancing. Berenang hanya bisa Anda lakukan di kolam renang. Salah satu yang menarik dari Pulau Ayer adalah banyaknya event yang sering diselenggarakan di pulau ini.

Pulau Sepa (Satu yang Terindah di Kepulauan Seribu)

Pulau Terindah di Pulau Seribu Jakarta
credit: Purnadi Phan, CC BY-NC 2.0

Pulau Sepa merupakan salah satu pulau terindah di Kepulauan Seribu. Tidak berpenghuni dan murni untuk wisata sehingga terjaga kebersihan dan keindahannya. Dengan luas sekitar 3 hektar, Pulau Sepa menawarkan beragam fasilitas, meliputi puluhan cottage, restoran, area permainan, gazebo.

Di sini ada juga aneka perlengkapan penunjang wisata, seperti watersport, snorkeling dan kapal tradisional. Terkait keindahan alamnya, Pulau Sepa merupakan pulau yang cantik dengan bibir pantai yang landai. Pasir pantainya yang putih, bersih dan lembut sangat nyaman jika ingin susur pantai.

Area pantai yang cukup luas juga cocok untuk bermain dan bersantai menikmati indahnya panorama laut, khususnya saat sunset. Tidak hanya itu, keindahan bawah lautnya juga mempesona dengan komposisi terumbu karang yang berpadu dengan biota laut lainnya, serta ikan-ikan yang berwarna-warni.

Pulau Putri (Pulau Terbagus dengan Fasilitas Lengkap)

Pulau Putri Pulau Seribu Jakarta
credit: instagram.com/ra.motomoto

Merujuk pada fasilitas wisata, aktivitas, serta panorama alamnya, Pulau Putri merupakan pulau terbagus di Pulau Seribu. Pulau satu-satunya dengan nuansa Bali di Kepulauan Seribu. Menawarkan sajian tari Bali. Desain bangunan juga khas Bali, hingga karyawannya juga sebagian orang Bali.

Semua aktivitas wisata di Pulau Seribu hampir semuanya bisa wisatawan lakukan di pulau ini. Fasilitasnya mencakup penginapan, restoran, kolam renang, aquarium dasar laut, waterboom, sunset cruise. Dan, memiliki Penyulingan Air Tawar yang belum ada di pulau lain di Kepulauan Seribu.

Pulau Pantara (Salah Satu yang Terindah & Terlengkap)

Pulau Pantara Kepulauan Seribu Jakarta
credit: instagram.com/pulaupantara

Satu lagi pulau terindah di Kepulauan Seribu, Pulau Pantara namanya. Sebuah pulau nan molek dengan perairan yang sangat jernih. Air lautnya menawarkan gradasi tiga warna yang kaya akan aneka ikan hias. Pantainya landai dan memiliki terumbu karang yang menjulur ke atas pemukaan seperti kerucut.

Ketika air surut, traveler bisa berjalan di atas pasir timbulnya. Pulau Pantara cantik luar dalam, penyelaman adalah aktivitas wajib Anda lakukan. Pulau yang termasuk salah satu yang terjauh dari Jakarta ini dapat Anda capai dalam waktu 2 jam dari Dermaga 22 Marina Ancol menggunakan kapal besar.

Karena yang jauh, umumnya wisatawan harus menginap di pulau ini. Namun tenang, fasilitasnya sangat memadai. Ada puluhan cottage, restoran, bar, lapangan, kolam renang dan play ground. Ada juga perlengkapan penyelaman, kano, serta sunset cruise. Banyak juga event yang di selenggarakan di pulau ini.

0 Comments

Posting Komentar