Beranda
Air Terjun
Banyuwangi
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Air Terjun Lider Banyuwangi - Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Air Terjun Lider. Wisata Banyuwangi terkenal, terutama melalui keindahan alam yang luar biasa. Kawah Ijen dan Pantai Plengkung merupakan sebagian destinasi yang telah akrab di mata dunia. Sebagian objek wisata menunggu waktu melambung namanya, sementara yang lain tersembunyi, kekeh terjaga keindahannya.

Selain pantai-pantai yang indah, wisata alam Banyuwangi juga tentang gunung-gunung yang membatasi wilayahnya, Gunung Raung salah satunya. Gunung tertinggi di kompleks Pegunungan Ijen ini menawarkan ragam air terjun molek yang melengkapi eksotika alamnya, Air Terjun Lider adalah satu di antaranya.

Suka bertualang alam? Ketika ada rencana ke Banyuwangi, pergi ke Lider Waterfall adalah rekomendasi. Bersiaplah menjelajahi hutan Gunung Raung untuk kemudian tiba pada keindahan air terjun setinggi 60 meter ini. Lokasinya berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Lider

Air terjun di lereng timur Gunung Raung di kawasan Resort Pemangkuan Hutan Jambewangi ini sangat menawan. Setiap bagian menciptakan panorama eksotik. Percikan buih air mengurai cahaya matahari menjadi spectrum warna pelangi yang menakjubkan melalui 60 meter tumpahan air pada ketinggian 1.300 mdpl.

Lider juga didampingi oleh 4 air terjun kecil yang semakin menawan dengan dinding tebing berupa deretan batu berdimensi rata. Keberadaannya seolah menggantung di antara dua jurang yang menghimpit air terjun ini. Secuil surga sebagai hadiah terindah bagi penggila petualangan alam bebas di Banyuwangi Barat.

Perihal nama, Lider merujuk pada keberadaannya yang terletak di kawasan hutan lindung petak 74, Blok Lider. Panoramanya yang luar biasa juga didukung kondisi alam yang sejuk dan alami. Komposisi hijau rindang pepohonan berpadu dengan aneka bebatuan basah nan elegan, hal ini juga termasuk kejernihan airnya.

Tentu, sajian alam menakjubkan haruslah diperjuangkan. Siapapun mereka, sebelumnya diharuskan melakukan perjalanan penuh tantangan. Melintasi hamparan hutan pinus, cengkeh, tebu dan pemukiman khas perkebunan. Perlu juga melewati beberapa tebing curam, hingga menyeberangi sungai sebanyak 7 kali.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Karena lokasinya di kawasan hutan lindung, maka belum tersedia fasilitas yang lengkap di sekitar lokasi air terjunnya. Lahan parkir bisa pengunjung temukan di pemukiman warga yang berjarak kurang lebih 1 km. Di sekitar Pos 1, yang merupakan tempat pengunjung mengisi daftar kunjungan, terdapat kantin dan toilet.

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 5K
Parkir MotorIDR 5K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Air Terjun Lider Banyuwangi

Air Terjun Lider berjarak sekira 45 km dari Banyuwangi. Ada dua jalur untuk mobil dan sepeda motor. Kondisi jalan tidak bagus, terlebih di saat musim penghujan sangat licin. Jalur pertama melalui Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu sejauh 15 km. Jalur kedua melalui Desa Sragi, Kecamatan Songgon sejauh 8 km.

Untuk jalur pertama, dari kota Banyuwangi lanjutkan ke Kecamatan Genteng. Terus ke arah utara menuju Kecamatan Sempu sejauh 7 km. Setelah itu menuju Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon melewati Desa Jambewangi sejauh 7 km. Batas akhir berkendaraan ada di pos 1 kawasan perkebunan di dukuh Lider.

Jalur kedua melalui Desa Sragi, Kecamatan Songgon berjarak sekitar 8 km dari perkampungan. Ketika tiba di Desa Bejong, temukan pos penjagaan di pertigaan. Belok ke kiri ikuti jalan hingga menemukan perkampungan, tempat pemberhentian terakhir untuk memarkir kendaraan. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju Air Terjun Lider akan melewati perkebunan hingga turun dan menyeberangi sungai. Kondisi jalan setapak yang ada cukup tertata rapi lengkap dengan petunjuk jalannya. Lebarnya sekitar setengah meter di sisi tebing jurang dan enam sungai di tengah hutan. Dari pos 1, air terjun berjarak sekitar 1 km.

Lokasi Air Terjun Lider : Sumberarum, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Peta Lokasi