Beranda
Bali
Daftar Menarik
Klungkung
Nusa Penida
Pantai
Pulau
10 Tempat Wisata di Nusa Penida Bali, Spot Populer Terindah

Liburan ke suatu pulau menjanjikan kegembiraan maksimal, apalagi jika pulau itu adalah Pulau Dewata Bali. Sebagai tujuan wisata utama Indonesia, bali indah di setiap sudutnya, tanpa terkecuali Nusa Penida. Banyak tempat wisata di Nusa Penida Bali yang telah memicu decak kagum wisatawan mancanegara.

Menempati sisi tenggara Bali dan terpisah oleh Selat Badung, Nusa Penida indah luar dan dalam. Panorama alamnya eksotis menakjubkan. Bahkan lebih dalam dari itu, perairan pulau ini menyimpan kerajaan bawah laut yang terlampau istimewa. Nusa Penida menyimpan banyak spot diving Bali yang mendunia.

Jika sobat punya rencana wisata ke Nusa Penida, di bawah ini adalah daftar destinasi Nusa Penida Bali yang telah tersohor keindahannya. Tidak mencakup semuanya, setidaknya terdapat 11 objek wisata di Nusa Penida terpopuler, terindah, dan terbaik untuk dikunjungi. Tandai yang Anda suka dan berangkatlah!

Broken Beach (Tempat Wisata Ikonik di Nusa Penida)

Broken Beach adalah nama populer untuk Pasih Uug, salah satu tempat wisata ikonik mewakili batas alam di Nusa Penida. Formasi "pantai rusak" yang justru menawan karena "kerusakannya". Menampilkan eksotika karang berlubang dengan kolam alami serta lanskap dominasi tebing terjal yang mengagumkan.

Tiket Masuk: gratis
Lokasi: Banjar Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Kelingking Beach (Ikon Wisata Alam yang Mendunia)

Pantai Kelingking adalah ikon lain dari wisata Nusa Penida Bali. Hadir sebagai citra surga yang tak mampu lagi menyembunyikan keberadaannya. Oleh karena keindahan lanskap alamnya, TripAdvisor Travelers’ Choice Awards 2019 menempatkan pantai ini pada urutan ke-19 dalam 25 daftar pantai terbaik dunia.

Tiket Masuk: IDR 5K
Lokasi: Karang Dawa, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Angels Billabong (Kolam Alam Indah di Nusa Penida)

Bertetangga dengan Pasih Uug, Angel Billabong merupakan sudut keindahan lain sisi barat Nusa Penida. Sebuah muara eksotik berupa kolam alami berair jernih. Karakter keras bebatuan karang hijau kekuningan menghadirkan daya tarik tersendiri. Berenang menjadi aktivitas wajib yang telah mentradisi di sini.

Tiket Masuk: gratis
Lokasi: Sakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Manta Point (Spot Diving Terkenal di Nusa Penida Bali)

Jika Anda menyukai aktivitas penyelaman, Manta Point adalah spot diving paling terkenal di Nusa Penida Bali. Tempat para divers menyaksikan ikan pari manta lebih dekat, sepanjang tahun. Selain itu saat musim kemarau, Manta Point juga memberi kesempatan pada siapapun untuk bertemu Mola-Mola.

Tiket Masuk: IDR 1600K / 2x diving
Lokasi: Batukandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Diamond Beach (Pantai Eksotik dengan Batu Berlian)

Tempat wisata di Nusa Penida berikutnya adalah Diamond Beach. Menempati bagian tenggara Nusa Penida, pantai ini memanjakan para wisatawan dengan perbentengan tebing yang indah menjulang. Nama "Diamond" merujuk pada pulau karang tepi pantai yang bentuknya menyerupai bongkahan batu berlian.

Tiket Masuk: IDR 10K
Lokasi: Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Pantai Atuh (Pantai Teluk dengan ragam Batu Karang)

Atuh Beach Nusa Penida” demikianlah turis mancanegara menyebutnya, adalah batas alam sebagai kelanjutan dari Diamond Beach. Kedua objek wisata alam ini hanya terpisah oleh Atuh Cliff. Ini adalah pantai teluk dengan jajaran pulau karang di lepas pantainya. Menawan pemandangannya, memadai fasilitasnya.

Tiket Masuk: IDR 10K
Lokasi: Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Thousand Islands (Spot Sunrise Terbaik Nusa Penida)

Berkunjung ke Atuh Beach dan Diamond Beach, perpanjang durasi Anda untuk setidaknya mampir ke Raja Lima. Spot sunrise terbaik yang menjadi bagian dari Thousand Islands Viewpoint. Jika berminat, Anda bisa juga bermalam di salah satu rumah panggung. Tarif menginapnya kurang lebih IDR 500K.

Tiket Masuk: IDR 10K
Lokasi: Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Pasih Andus (Wisata Pantai Eksotik di Nusa Penida)

Pasih berarti pantai, Andus berarti semburan air. Turis mancanegara menyebut pantai ini Smoky Beach. Semua istilah itu mewakili lanskap pantai ini yang menawarkan ombak besar yang menghantam tebing karang, mirip Water Blow Nusa Dua. Tidak tanggung-tanggung semburan airnya bisa mencapai 10 meter.

Tiket Masuk: -
Lokasi: Sompang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Crystal Bay (Pantai Terkenal yang Cantik Luar Dalam)

Seperti namanya, Crystal Bay adalah pantai teluk dengan air jernih sebening kristal. Salah satu tempat wisata Nusa Penida Bali terpopuler, khususnya sebagai spot diving. Pantai ini indah luar dalam dengan kerajaan bawah laut yang menakjubkan. Snorkeling dan diving merupakan aktivitas wisata yang wajib dilakukan.

Tiket Masuk: IDR 10K
Lokasi: Sakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Teletubbies Hill (Tempat Wisata Terindah Nusa Penida)

Tidak hanya unggul sebagai destinasi wisata bahari, Nusa Penida juga memiliki perbukitan hijau yang menawan. Bukit Teletubbies nama bekennya. Berkunjung ke sini, sejauh mata memandang, hanya keindahan yang Anda nikmati. Ideal bagi penggemar fotografi dan selfie. Waktu kunjungan terbaik adalah pagi hari.

Tiket Masuk: -
Lokasi: Desa Sedehing/Desa Sekartaji, Nusa Penida, Klungkung, Bali

Pantai Suwehan (Pantai Tersembunyi di Nusa Penida)

Mengakhiri daftar destinasi wisata Nusa Penida, jangan lupa kunjungi juga Pantai Suwehan. Pantai tersembunyi nan indah menenangkan. Komposisi alamnya memadukan perbentengan tebing, hamparan pasir putih, dan bentangan laut yang membiru. Tidak lupa "batu jineng" batu karang segitiga lepas pantai yang ikonik.

Tiket Masuk: -
Lokasi: Watas, Tanglad, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga dan Jadwal Speed Boat ke Nusa Penida

Sebagai pulau yang terpisah dari Bali, maka Anda perlu menyeberang dengan perahu atau speed boat untuk sampai di Nusa Penida. Dalam hal ini terdapat 3 opsi transportasi, yakni naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai, naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Atau, naik fast boat dari Pantai Sanur Bali.

Sejauh ini, rekomendasi terbaik adalah naik kapal cepat dari Pelabuhan Sanur. Biaya penyeberangan menggunakan fast boat berkisar IDR 100K – IDR 120K bergantung boat vendor yang digunakan. Setidaknya ada 3 boat vendor di Pantai Sanur, yakni El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut jadwalnya:

Boat VendorSanur-Nusa PenidaNusa Penida-Sanur
El Rey Junior Fast Boat08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal Fast Boat08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express Fast Boat08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM

Demikian sekilas rekomendasi tempat wisata terbaik di Nusa Penida Bali. Tentu, objek wisata alam di Nusa Penida sangatlah banyak jumlahnya. Namun, sekiranya daftar di atas cukup sebagai gambaran awal liburan Anda. Selebihnya, lihat juga Tempat Wisata di Seminyak Bali dan Tempat Wisata di Ubud Bali.