Goa Pinus Batu Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Lokasi

Keindahan alam selalu menjadi menu wisata yang diminati. Terlebih, jika destinasi Anda adalah Kota Batu Malang. Karena berada di dataran tinggi, wisata alam adalah daya tarik utamanya. Banyak spot alam yang dipermak menjadi objek wisata baru di Batu. Goa Pinus Batu atau Goa Pinus Pujon salah satunya.

Goa Pinus Batu Malang
credit: instagram.com/ghofiru.rifqi12

Tempat wisata yang sedang hits ini tidak jauh dari wisata Paralayang Batu yang terkenal. Dekat juga dengan Air Terjun Coban Rondo. Jadi, bisa juga menjadikannya sebagai satu paket wisata. Secara administratif, Anda bisa mengunjungi objek wisata Goa Pinus ini di Desa Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Daya Tarik Wisata Goa Pinus Batu

Ini adalah objek wisata kekinian bertemakan alam. Berlokasi di ketinggian Gunung Mbah Ba'i, Goa Pinus Batu hadir sebagai salah satu tempat wisata instagramable di Malang Raya. Cocok bagi siapapun yang suka berswafoto. Tempat ideal bagi generasi milenial yang suka selfie berlatarkan indahnya pegunungan.

Sejumlah spot foto kekinian Goa Pinus Pujon sengaja dibuat dengan memanfaatkan sudut-sudut yang strategis. Desain spot fotonya unik dan beragam. Karena banyak unggahan di sosial media, Goa Pinus semakin terkenal di kalangan anak muda dan termasuk salah satu tempat wisata hits di Batu Malang Raya.

Apapun yang ada di objek wisata ini terlihat menarik dan semua bagus untuk objek foto. Tidak terkecuali gerbang pintu masuk serta sejumlah tempat istirahat yang berupa jogjo. Spot kapal menjadi salah satu yang populer, karena membuat hasil foto wisatawan seolah sedang menaiki kapal mengapung di udara.

Spot lain yang tak kalah ikonik adalah rumah Papua. Berada sekitar tebing Goa Pinus, spot ini bentuknya mirip jamur dan berlatar indah alam pedesaan di bawahnya. Ada juga spot batu melayang yang seolah Anda foto di atas jurang berlatar lembah dan perbukitan. Spot lain termasuk balon udara, rumah hobbit, dll.

Terkait namanya, yakni Goa Pinus memang di sini ada goa bekas galian dari zaman Jepang. Dengan kedalaman sekitar 5 meter, goa itu memiliki tinggi sekitar 1,5 meter. Sisi depan goa itu dihias dan menjadi spot yang menarik. Dengan jajaran pohon pinus, suasana di sini teduh, sejuk, dan panoramanya menakjubkan.

Jika durasi liburan kali ini panjang, Anda bisa lanjut berburu foto di Taman Langit ataupun menginap di Omah Kayu di sekitar kawasan Paralayang Gunung Banyak Batu. Bermalam di atas rumah kayu menikmati pemandangan malam di Kota Batu dari ketinggian. Di pagi hari, panoramanya pun tak kalah menawan.

Harga Tiket Masuk Goa Pinus Pujon
credit: instagram.com/billaaaa__

Fasilitas, Jam Buka, dan Harga Tiket

Fasilitas wisata di setiap Tempat Wisata Batu umumnya sudah cukup memadai. Demikian juga di objek wisata Goa Pinus Batu atau Goa Pinus Pujon. Selain beraneka rupa spot foto, fasilitasnya mencakup lahan parkir yang luas, toilet atau kamar mandi umum. Ada juga kafe dan warung makan, serta tempat ibadah.

KeteranganHarga Tiket
Tiket Masuk Goa PinusIDR 10K
Tiket Kampung PapuaIDR 10K
Biaya Parkir MotorIDR 5K
Biaya Parkir MobilIDR 10K
Jam Buka: setiap hari 07.00-17.30
Fasilitas Wisata Goa Pinus Batu
credit: instagram.com/ajenk.ayu3005

Rute Lokasi Goa Pinus Batu Malang

Goa Pinus Batu, Goa Pinus Malang atau Goa Pinus Pujon merujuk pada satu objek wisata di Kota Wisata Batu. Lokasinya berada di Gn. Mbah Ba'i, di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Mencapai lokasinya pun mudah, namun rekomendasi terbaik adalah memakai kendaraan pribadi.

Rute ke Goa Pinus searah dengan Paralayang Batu. Jaraknya sekitar 15 menit berkendara dari Alun-Alun Kota Wisata Batu. Lihat Peta Rute. Saat mendekati lokasi Paralayang di Gunung Banyak, ada pertigaan dan temukan petunjuk arah ke Goa Pinus. Ikuti saja terus petunjuk arah tersebut hingga tiba di lokasi.