Wisata Batu Malang - 7+ Tempat Wisata Terbaik & Wajib Dikunjungi

Wisata Batu Malang. "De Kleine Zwitserland" (Swiss kecil di Pulau Jawa) adalah julukan yang telah lama disandang Kota Batu. Setidaknya julukan dari bangsa Belanda tersebut telah menggambarkan betapa indahnya Batu yang kemudian menjadi sugesti bagi kota ini untuk terus bersinar memamerkan pesonanya.

Tidak butuh waktu lama bagi kota yang terletak 15 km dari Malang ini untuk menjadi salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia. Sebagian besar orang tahu, bahwa Kota Wisata Batu memiliki jumlah kunjungan wisatawan salah satu yang terbesar di Indonesia, bersama dengan Bali dan Yogyakarta.

Dalam rencana liburan kali ini, adalah ide sempurna jika Anda mengalihkan perhatian ke Jawa Timur untuk selanjutkan mefokuskan tujuan wisata di Kota Batu Malang. Bersiaplah menjadi bagian dari kemolekan kota lembah yang berbenteng gugusan gunung dan perbukitan yang kekeh menjaga keindahannya.

Tempat Wisata Batu Malang
credit: unsplash.com/@imanuelreza

Nikmati panorama alam dan sejuk udaranya, atau kunjungi berbagai objek wisata di Batu Malang. Tahukah Anda? wisata Kota Batu juga termasuk beragam tempat wisata modern yang sebagian besar hanya ada di sini. Ada yang menjadi satu-satunya di Indonesia, bahkan pertama kali ada di Asia Tenggara.

Semua selalu bergantung pada durasi wisata. Usahakan liburan kali ini panjang, terlebih jika Anda ingin menjelajah Malang Raya. Sementara itu, apabila liburan Anda terikat oleh waktu sehingga tidak memungkinkan untuk berlama-lama di kawasan Malang Raya, artikel ini tertulis khusus untuk Anda.

Berikut adalah daftar tempat wisata di Batu Malang, daftar tempat wisata populer dan terbaik yang wajib Anda kunjungi. Tentu, daftar ini hanya memuat sebagian kecil saja. Setidaknya, artikel ini bisa membantu siapa saja untuk memetakan daftar kunjungan ketika ingin berwisata ke Kota Wisata Batu.

Wisata Terbaik dan Terpopuler di Batu Malang

Wisata Alun-Alun Kota Batu

Tempat Wisata Terbaik di Kota Batu Malang
credit: flickr/zian_railfan_daop_9_jr, CC BY-NC-SA 2.0

Alun-alun Kota batu merupakan tempat wisata umum yang wajib dikunjungi oleh setiap wisatawan yang berwisata ke Kota Batu. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang menghendaki liburan murah meriah namun memuaskan.

Tempat bersantai yang memadukan suasana kota dengan latar keindahan alam sambil menikmati lezatnya kuliner Jawa Timuran yang tersebar di sekitarnya. Alun-Alun Kota Batu menjadi semakin baik setelah mengalami renovasi di tahun 2011 lalu.

Kini, alun-alun terlihat lebih bersih lengkap dengan berbagai bangunan unik menyerupai buah-buahan dan sayuran. Lengkap juga dengan lampion replika binatang seperti Sapi Perah, Singa, Kelinci, Botol Susu dan Gajah yang menyala di malam hari.

Di samping itu, Alun-Alun Batu juga telah diperlengkap dengan berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjungnya. Di areanya, Anda akan mendapati jogging track, ferris wheel, Batu Tourism Center, rest area, smooking area, taman, playground, dan lain-lain.

Jawa Timur Park (Jatim Park)

Destinasi wisata Jawa Timur Park di Kota Batu merujuk pada tiga kawasan wisata sekaligus, yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Keberadaan Jatim Park turut mewarnai popularitas daerah Batu Malang sebagai kota tujuan wisata utama di provinsi Jawa Timur.

Melalui beragam wahana yang lebih menonjolkan nilai pendidikan, Jatim Park mampu membuat setiap pengunjung menikmati bahagia sambil mempelajari hal-hal baru. Bukanlah hal aneh jika Jatim Park menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Jawa Timur, bahkan di Indonesia.

Jatim Park 1

Objek Wisata Jatim Park 1
credit: instagram.com/jatimparksatu

Jatim Park 1 merupakan tempat rekreasi yang mengusung konsep wisata bermain dan hiburan berorientasikan pendidikan. Jawa Timur Park yang pertama sekaligus menjadi tempat wisata di Batu yang telah dinobatkan sebagai juara 1 wisata buatan berskala nasional.

Di kawasan wisata Jatim Park 1, wisatawan bisa lebih dekat dengan sejarah, fisika, biologi, sosiologi dan matematika. Selain itu, telah tersedia juga beragam wahana dan atraksi pengguncang nyali. Wahana yang tersedia mencapai 40 lebih yang siap memanjakan siapa saja.

Jatim Park 2

Jatim Park 2 Batu
credit: flickr.com/ikhlasulamal, CC BY-NC 2.0

Seakan tidak mau kalah dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 hadir dan mencoba mengimbangi dengan konsep lain meski tetap berorientasi pendidikan. Di sinilah tempat berkumpulnya dunia binatang yang didesain dalam dua kategori besar yakni Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Selain itu, Jawa Timur Park 2 juga termasuk Pohon Inn yang memungkinkan wisatawan menginap dengan suasana yang berbeda. Batu Secret Zoo adalah kebun binatang modern yang mengoleksi berbagai habitat hewan dari berbagai benua, terutama dari benua Asia dan Afrika.

Sementara itu, Museum Satwa menawarkan sajian lain yakni satwa-satwa yang diawetkan sesuai habitat aslinya. Menariknya, museum ini hadir sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka awetan seluruh satwanya bukan berasal dari perburuan. Namun, dari satwa yang telah mati.

Jatim Park 3

Wisata Jatim Park 3 di Batu Malang
credit: flickr/GREGORIUZ, CC BY-NC 2.0

Pilihan wisata selanjutnya, Anda juga wajib mengunjungi Jawa Timur Park 3. Jatim Park III merupakan varian baru dari koleksi tempat wisata Batu Malang yang berharap mampu menjaring semua pengunjung melalui konsep purba namun dengan desain sangat modern.

Tempat wisata yang juga terkenal dengan nama Dino Park ini sangat ideal bagi mereka yang suka eksis. Di sinilah tempat semua orang menjadi lebih banyak tahu mengenai dinosaurus. Serta, telah lengkap dengan ragam atraksi menarik sekitar musik dan lain sebagainya.

Paralayang Gunung Banyak

Wisata Paralayang Batu
credit: flickr.com/mazuu, CC BY-NC-ND 2.0

Wisata Paralayang atau Paragliding di Gunung Banyak Batu adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Kota Batu. Satu di antara objek wisata Batu Malang yang terbaik yang memungkinkan traveler bisa menikmati indahnya panorama Kota Batu siang dan malam.

Event Batu Open Paragliding berskala internasional di tahun 2011 yang lalu di tempat ini telah berhasil menempatkan Kota Batu sebagai pelopor paralayang di Indonesia. Dari sini, puncak Gunung Banyak semakin populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Oleh karena tujuan utamanya adalah olahraga terbang dengan parasut (paralayang atau paragliding) yang semua orang belum tentu berani melakukannya. Sebagian besar pengunjung wisata Paralayang Batu lebih suka mencoba hal lain yang tersaji di sekitarnya.

Wisata Omah Kayu Kota Batu
credit: unsplash.com/@arditoryan

Melalui persaingan wisata yang teramat ketat di Batu, di sekitar Gunung Banyak ditambah lagi obyek wisata lain yang masih bertemakan alam. Adalah Omah Kayu yang sedang naik daun sebagai wisata pilihan untuk menikmati kemolekan Kota Batu dari ketinggian.

Omah Kayu merupakan penginapan diatas kayu yang terletak di area strategis untuk menikmati keindahan sunrise sunset dengan lanskap pengunungan. Selain Omah Kayu, juga tersedia beragam wisata lain, termasuk Taman Langit yang secara terpisah turut menanjak popularitasnya.

Wisata Museum Angkut Batu

Wisata Museum Angkut Batu
credit: instagram.com/museumangkut

Meski masih dalam naungan Jatim Park Group, Museum Angkut Batu terpisah baik dalam hal penempatan ataupun konsep wisatanya. Meski tetap berorientasi pendidikan, Museum Angkut unik karena inilah satu-satunya museum transportasi yang pertama di Asia Tenggara.

Di tempat ini, wisatawan bisa menyaksikan beragam jenis transportasi dengan lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional dan modern dari seluruh dunia. Selain satu-satunya di Indonesia, satu hal menarik yang menjadikan Museum Angkut populer adalah desain penempatan transportasinya.

Untuk menambahkan kesan origin, obyek wisata ini terbagi menjadi beberapa zona dengan desain lanskap model bangunan dari berbagai benua. Tiap zona dirancang untuk membuat pengunjung seolah-olah berada di jalanan kota-kota besar di dunia lengkap dengan alat transportasi di kota tersebut.

Batu Night Spectacular (BNS)

BNS Wisata Malam Batu
credit: flickr/Ikhlasul Amal, CC BY-NC 2.0

Wisata Kota Batu Malang mencoba mengikat setiap pelancong untuk selalu sibuk siang dan malam. Batu Night Spectacular (BNS) menjadi salah satu tempat wisata malam di Kota Batu yang populer dikunjungi oleh wisatawan.

BNS adalah pasar malam modern yang memungkinkan malam hari Anda berkeringat dengan banyaknya atraksi. Jika liburan kali ini cukup singkat, Anda perlu menambah energi wisata. Jangan lewatkan sedengat di Kota Apel ini, untuk juga merasakan keceriaan di BNS.

Tempat Wisata Malam di Batu yang berdekatan dengan Jawa Timur Park 2 ini, kaya akan wahana untuk segala umur. Anda bisa menguji keberanian di Rumah Hantu, bertarung di Perang Laser. Atau, memicu Andrenalin dengan menaiki Rooler Coaster, Flying Swinger atau Gravitron, dll.

Bisa juga bersantai sambil menyaksikan uniknya air mancur bergoyang yang mengikuti alunan suara musik. Bagi yang ingin menjadikan malamnya terkesan romantis, bisa pergi ke Lampion Garden. Berjalan-jalan, berselfie ria di taman dengan latar belakang lampion dari beragam bentuk.

Naik wahana Sepeda Udara juga sangat direkomendasikan agar bisa menikmati cantiknya pemandangan malam hari Kota Batu dan Kota Malang dari ketinggian. Hanya perlu Anda ketahui, bahwa sepeda ini juga mampu berputar horisontal 360 derajat.

Taman Rekreasi Selecta Batu

Tempat Rekreasi Selecta di Kota Batu
credit: flickr/badlydrawn, CC BY-ND 2.0

Selecta merupakan tempat wisata legendaris di Batu Malang. Objek wisata ini memadukan wisata buatan dengan indahnya alam pegunungan. Di dalamnya ada taman wisata hiburan, taman bunga, kolam renang (lengkap dengan sepeda bebek dan papan luncur), dan area untuk outbond/flying fox.

Salah satu keunggulan Taman Rekreasi Selecta bisa Anda temukan di Puncak Selecta yang menyajikan pemandangan alam pegunungan yang eksotik. Selain itu, terdapat juga Taman Bunga Selecta yang berisi bunga-bunga beraneka warna dan bentuk. Ada juga pasar buah, bunga dan kuliner Jawa Timuran.

Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo
credit: flickr.com/prayitnophotography, CC BY 2.0

Meski secara administratif wanawisata ini masuk wilayah Kabupaten Malang, namun letaknya sangat dekat dengan pusat Kota Batu. Coban Rondo adalah air terjun terpopuler di Malang Raya yang menjadi salah satu sudut keindahan dari gugusan pegunungan di sekitar Kota Batu.

Wisata air terjun yang memiliki ketinggian 84 meter ini sangatlah cantik melalui benteng tebing yang menghijau, sementara air yang terjun bak kapas dengan debit air berkisar 90 liter per detik. Di musim penghujan air yang jatuh bisa mencapai 150 liter perdetik.

Selain pesona alam, kini di sekitarnya banyak wahana rekreasi penunjang, seperti Taman Labirin, Cafe Daun Coklat, koleksi satwa dan tanaman obat, bumi perkemahan, dll. Coban Rondo adalah salah satu tempat wisata Batu yang ideal bagi siapa saja yang ingin lebih dekat dengan alam.


Demikian rekomendasi Wisata Batu Malang Raya. Tentu, artikel ini hanya memuat sebagian kecil tempat wisata di Batu Malang. Lihat di sini untuk daftar yang lengkap. Namun percayalah, mengunjungi ke semua tempat wisata yang ada di artikel ini saja sudah benar-benar menyibukkan liburan Anda.

0 Comments

Posting Komentar