Museum MACAN Jakarta - Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Wisata museum adalah alternatif yang bagus untuk menghabiskan akhir pekan. Di Jakarta, Museum Fatahillah di Kota Tua telah sedemikian populer dikunjungi. Sementara itu, kini juga ada opsi museum aesthetic kekinian di ibukota. Selain MoJA Museum, kamu juga bisa mencoba ke Museum MACAN di Jakarta.

Museum MACAN Jakarta
credit: instagram.com/frameofjndrl

Daya Tarik Museum MACAN Jakarta

MACAN adalah The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Jadi, tidak ada hubungannya sama sekali dengan macan atau harimau. Museum yang berada di Kebon Jeruk Jakarta ini merupakan yang pertama di Indonesia, yang mengoleksi seni modern dan kontemporer Indonesia dan Internasional.

Sejak resmi beroperasi pada November 2017, Museum MACAN Jakarta telah masuk dalam daftar 100 Tempat Terbaik Dunia 2018 versi majalah Time. Dengan area tampilan sekitar 4000 meter persegi, setidaknya 90 karya yang ditampilkan dari koleksi berjumlah 800 karya. Areanya sendiri seluas 7107 meter persegi.

Koleksi yang ada di museum seni ini tidak hanya lukisan. Ada juga karya kontemporer dari berbagai media, teknik, dan seni instalasi. Dengan tata ruang dan karya yang apik yang serba modern kontemporer, sisi estetis para pecinta seni benar-benar termanjakan. Begitu juga dengan wisatawan umum yang datang.

Museum Aesthetic di Jakarta
credit: instagram.com/shuuseeee

Sesuai tujuannya yakni memberikan akses ke publik terhadap koleksi karya yang ada, saat ini Museum MACAN tidak hanya menampung para penikmat seni. Museum ini juga menjadi tujuan favorit anak muda. Salah satu tempat instagramable di Jakarta. Museum aesthetic kekinian sebagai tempat hunting foto terbaik.

Beberapa spot menarik di museum ini, antara lain Flag Project, Color in Cave, My Eternal Soul, dan Infinity Mirrored Room. Selebihnya, ada spot Seven Stories, Flower that Bloom at Midnight, Xu Bing: Thought and Method, Why Let the Kitchen Run, Manifesto, serta Dunia dalam Berita. Dan, masih banyak lagi lainnya.

Saat ini, Museum MACAN adalah salah satu tempat wisata yang sedang hits di Jakarta. Kabar baiknya, museum ini sudah resmi buka kembali sejak pandemi. Ide yang bagus jika menjadikan destinasi liburan akhir pekan kali ini. Sebelum berangkat, bacalah dulu regulasi kunjungan wisata di situs resminya, di sini.

Harga Tiket Masuk Museum MACAN
credit: instagram.com/shuuseeee

Harga Tiket Masuk Museum MACAN

Untuk saat ini, saran terbaik adalah membeli tiket secara online. Bisa di situs resmi atau di situs Traveloka, Tiket.com, Go-Tix, dan Klook. Pemesanan offline di lokasi sebenarnya bisa, akan tetapi pengelola hanya mengalokasikan tiket dalam jumlah terbatas. Berikut ini daftar rincian harga tiket masuk Museum MACAN.

Keterangan Harga
Dewasa IDR 70K-100K
Pelajar/Lansia (65+) IDR 63K-90K
Anak-anak (3-12 thn) IDR 56K-80K
Tempat Instagramable di Jakarta
credit: instagram.com/antoni.united

Fasilitas Wisata, Jam Buka, dan Lokasi

Selain ruang galeri, fasilitas wisata Museum MACAN mencakup ruang seni anak, museum lounge, kafe dan restoran, loker dan toilet, termasuk toilet khusus difabel. Selebihnya, di sini juga menyediakan toko museum, ruang pertolongan pertama serta ruang ibu dan anak. Lahan parkir kendaraan pun memadai.

Jam Buka: Selasa-Minggu 10.00-15.00
Hari Senin tutup, akses terakhir: 15.45
Lokasi: AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, Kb. Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11530. Peta


EmoticonEmoticon