Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Pantai
Tulungagung
Pantai Gemah Tulungagung - Fasilitas, Harga Tiket, Rute Lokasi

Jawa Timur punya sederetan pantai indah yang layak Anda jelajahi. Pantainya tersebar di beberapa daerah, termasuk di Tulungagung. Kabupaten yang menjadi salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia ini juga mengoleksi beberapa pantai menawan. Selain Pantai Kedung Tumpang, ada juga Pantai Gemah.

Gemah merupakan nama pantai yang berlokasi di Soireng, Keboireng, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur. Sebuah pantai meriah yang hampir selalu dipadati pengunjung. Tidak hanya karena lokasinya yang berada di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS), pantai ini senantiasa diminati karena banyaknya wahana yang menyertainya.

Jika sobat ada rencana ke Jawa Timur, menyempatkan diri ke Pantai Gemah adalah ide yang menarik. Dengan segala wahana dan fasilitas penunjang yang tersedia, pantai ini cukup pintar membuat pengunjungnya berbahagia. Datanglah! setelah sebelumnya memperkaya informasi dengan tuntas membaca artikel ini.

Keindahan Pantai Gemah Tulungagung

Perihal keindahannya, pantai yang menghadap ke timur ini menawarkan hamparan pasir luas dan panjang. Pasir kecoklatan itu terhampar berhias jajaran pohon cemara yang teduh. Sementara itu di ujung utara dan selatan, terjalnya batu-batu dan tebing-tebing karang melengkapi keeksotikan alam pantainya.

Meski umumnya pantai selatan dikenal memiliki ombak yang besar, Gemah merupakan pantai teluk sehingga ombaknya cukup tenang. Lautnya yang biru mengalunkan gelombang airnya penuh persahabatan, riak-riak ombak menjadi salam khas yang senantiasa mesra menyapa. Suasananya nyaman dan menenangkan.

Tidak hanya itu, sebagai pantai teluk, perbukitan hijau membentengi dan turut menyempurnakan lanskap pemandangannya. Dulunya Pantai Gemah termasuk pantai tersembunyi di Tulungagung. Namun, setelah JLS dibangun dan resmi beroperasi, pesona Gemah pun terlihat dan kini seolah menjadi pantai sejuta umat.

Aktivitas, Wahana, dan Fasilitas Wisata

Seiring dengan banyaknya pilihan fasilitas yang tersedia, aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Gemah menjadi sangat beragam. Tidak terkecuali bagi sebuah wisata keluarga. Hampir semua kegiatan pantai bisa dilakukan di sini. Bersantai, bermain air, menyusuri pantai, atau memancing dan banyak lagi.

Karena area pasir yang luas, aktivitas menarik yang populer dilakukan wisatawan adalah menjelajah dengan menggunakan ATV atau Mini Trail. Ada juga wahana flying fox dan bagi anak-anak tersedia juga istana balon. Bagi yang ingin bermain dengan air bisa mencoba keseruan naik banana boat atau berperahu.

Selebihnya, areal Pantai Gemah juga termasuk hutan pinus yang rindang dan teduh. Di hari yang terik, banyak wisatawan yang bersantai sambil menikmati suasana sekitar dengan menggelar tikar. Banyak lagi aktivitas lain, termasuk tersedianya spot-spot menarik bagi mereka yang doyan berswafoto (selfie).

Selain wahana dan fasilitas penunjang aktivitas, pantai ini juga dilengkapi fasilitas wisata yang terbilang lengkap. Banyak tersedia warung-warung penjual makanan dan minuman di sekitarnya. Area parkirnya sangat luas, bus pun bisa masuk. Fasilitas dasar lainnya juga mencakup toilet atau ruang bilas dll.

Biaya Wisata dan Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM WeekdayIDR 5K
HTM WeekendIDR 7.500
Parkir Roda 2IDR 2K
Parkir Roda 4IDR 5K
Parkir Bus/ElfIDR 10K
Sewa ATVIDR 80K (150cc)/jam
IDR 100K (250cc)/jam
Mini TrailIDR 60K/jam
Flying FoxIDR 25K
Banana BoatIDR 40K/org
BerperahuIDR 10K/org
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Gemah Tulungagung

Menuju pantai ini sangat mudah karena lokasinya berada di dekat Jalur Lintas Selatan yang menghubungkan Tulungagung-Trenggalek. Beralamatkan di Desa Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Dari Kota Tulungagung bisa menuju arah selatan hingga tiba di pertigaan Jalur Lintas Selatan.

Di pertigaan, belok ke arah barat. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan papan petunjuk arah ke Pantai Gemah di tepi jalan. Ikuti saja petunjuknya hingga tiba di lokasi pantai. Semua jenis kendaraan umumnya bisa masuk. Untuk mempermudah perjalanan Anda, manfaatkan peta lokasinya, Di Sini.