Snorkeling Pahawang - 6 Spot Snorkeling Terbaik di Pulau Pahawang

Snorkeling Pahawang Lampung. Selam dangkal atau yang populer dengan sebutan snorkeling merupakan aktivitas rekreasi bawah air yang menarik. Semua orang menyukai snorkeling, sementara alam Indonesia kaya pantai tropis dan lokasi selam scuba dangkal sebagai tempat paling ideal melakukan kegiatan tersebut.

Snorkeling Pahawang
credit: Budi Nusyirwan, CC BY-SA 2.0

Selain di Raja Ampat, Bunaken, Pulau Komodo, Wakatobi, dan di Pulau di Kepulauan Seribu, Anda bisa mencobanya di Pulau Pahawang Lampung yang juga indah bawah lautnya. Dulu potensi alam Pulau Pahawang yang areanya terbagi menjadi dua, Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, jarang terdengar di kalangan wisatawan.

Namun, seiring gencarnya promosi paket wisata Pahawang sebagai bagian dari opsi wisata di provinsi Lampung, pulau ini dan beberapa pulau di sekitarnya pun menjadi terkenal. Keindahan taman laut merupakan magnet utamanya yang mampu menarik banyak kunjungan, baik wisatawan domestik maupun turis mancanegara.

Wisata Pahawang yang juga mencakup pulau Kelagian Kecil dan Kelagian Besar di sekitarnya, menawarkan pengalaman wisata bahari yang kaya aktivitas. Selain menikmati pantai, Anda juga bisa island hopping, dan snorkeling dengan banyak spot taman laut menakjubkan. Berikut beberapa spot snorkeling terbaik di Pahawang.

Wisata Taman Nemo Pahawang

Taman Nemo merupakan spot snorkeling Pahawang yang paling populer. Di sinilah habitat ikan badut (clown fish) yang keberadaannya terkenal dan menjadi populer melalui film animasi Finding Nemo. Apabila ada ikan badut sudah pasti ada anemon laut yang indah sebagai rumah bagi ikan-ikan lucu tersebut.

Seperti spot snorkeling di Pulau Pahawang lainnya, Wisata Taman Nemo merupakan spot buatan. Budidaya terumbu karang dengan menenggelamkan beton dan menatanya sedemikian rupa. Tiap 6 bulan sekali, nelayan mencari bibit-bibit ikan badut di perairan pulau-pulau kecil lalu mereka tangkar di tempat ini.

Spot Snorkeling di Gosong Bekri

Selain berkeliaran di sekitar anemon laut, ikan badut bersama ikan warna-warni lainnya juga senang berkeliaran di antara beton-beton yang tenggelam. Dalam hal ini, Anda perlu mencoba snorkeling di Gosong Bekri Pahawang. Spot di sekitar Gosong Bekri unik karena memiliki bangunan menyerupai candi di bawah laut.

Selain sebagai tempat favorit bagi ikan-ikan hias, bangunan candi di Gosong Bekri sejauh ini juga menjadi tempat yang ideal untuk berswafoto atau selfie di dasar perairan. Gosong Bekri sendiri merupakan nama tujuan wisata di Pulau Pahawang, berupa hamparan pasir putih di tengah laut yang hanya terlihat ketika air surut.

Snorkeling di Gosong Pancong

Ada dua varian kedalaman jika Anda memilih eksplorasi keindahan bawah laut di sekitar Gosong Pancong. Ada yang dangkal dan ada spot dengan kedalaman yang lumayan. Seperti halnya dengan Gosong Bekri, di spot snorkeling Pahawang yang satu ini terdapat juga bangunanyang menyerupai sebuah candi di bawah air.

Spot dengan bangunan candi bawah laut di Gosong Pancong bisa Anda temukan di perairan yang lebih dalam. Gosong Pancong merupakan area berpasir yang menyatukan Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Istilah Gosong merujuk pada hamparan pasir putih yang hanya terlihat ketika air laut sedang surut.

Spot Snorkeling di Cukuh Bedil

Snorkeling dan island hopping merupakan aktivitas menarik yang tak terpisahkan. Spot snorkeling Pahawang lainnya yang juga menjadi favorit wisatawan adalah Cukuh Bedil. Dengan kedalaman dua hingga empat meter, Cukuh Bedil berjarak dekat dari Pulau Kelagian Kecil, salah satu pulau tujuan wisata di Pahawang.

Di Cukuh Bedil, Anda bisa menyaksikan keindahan bawah laut melalui warna-warni terumbu karang serta berbagai biota laut yang lainnya. Di spot ini, Anda akan menemukan beton tenggelam bertuliskan "Taman Nemo Cukuh Bedil" yang ikonik. Tidak hanya itu, ada juga sejumlah beton lain dengan tulisan yang beragam.

Pulau Kelagian Kecil Pahawang

Pulau yang tak berpenghuni ini berada di sebelah Pulau Kelagian Besar. Selain bisa mencoba serunya wahana watersport seperti banana boat dan donut boat, Anda juga bisa snorkeling di pulau ini. Namun, saran terbaik snorkeling di sekitar pantainya saja karena tidak jauh dari pesisir terdapat palung yang cukup dalam.

Pulau Tanjung Putus Pahawang

Di sekitar Pahawang ada pulau yang bernama Tanjung Putus. Di sini juga ada spot snorkeling yang tak kalah menariknya. Selain aneka terumbu karang yang indah, Anda akan menemukan banyak schooling fish. Di Tanjung Putus juga ada bangkai kapal karam, namun hanya bisa dikunjungi dengan free diving karena terlalu dalam.


EmoticonEmoticon