Banyu Wana Amertha Waterfall - Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Rute

Salah satu daya tarik wisata di Buleleng Bali adalah alam pegunungan yang menakjubkan. Danau-danaunya indah menenangkan, serta mengoleksi puluhan air terjun menawan yang tersebar di berbagai sudut wilayahnya. Air terjun Banyu Wana Amertha adalah satu yang wajib Anda kunjungi dan kagumi pesonanya.

Banyu Wana Amertha Waterfall Bali
credit: instagram.com/dheartha_

Menariknya, air terjun ini berlokasi di sekitar kawasan yang menjadi pusat perhatian di Bali, yakni Kawasan Wisata Bedugul Bali. Berjarak dekat dengan Danau Buyan yang tenang, spot camping terbaik di Bali. Secara administratif, wisata air terjun ini berada di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Daya Tarik Wisata Banyu Wana Amertha

Banyu Wana Amertha Waterfall Buleleng Bali hadir sebagai sajian alam yang demikian baik. Komposisi alam telah menciptakan lansekap nan menawan yang memicu rasa keindahan, siapa saja. Meskipun terbilang sebagai objek wisata baru karena baru beroperasi di akhir tahun 2017, air terjun ini pun banyak diminati.

Dalam suasana nyaman dan menenangkan, di sini wisatawan bisa menyaksikan indahnya air yang jatuh secara bertahap mengikuti alur tatanan tebingnya yang acak berundak-undak. Airnya jatuh seolah tirai alami berwarna putih yang khas. Airnya sangatlah bening dan segar karena bersumber dari mata air hutan lindung.

Itulah kenapa nama air terjunnya Banyu Wana Amertha. "banyu" berarti air, "wana" artinya hutan, dan "amertha" bisa berarti berkah atau anugerah. Yang menarik, di sini air terjunnya ada 4 dan tersebar di 2 area yang berdekatan. Selain air terjun utama, ada juga Air Terjun Spray, Air Terjun One, serta Air Terjun Twin/Two.

Meski semuanya jatuh dari tebing berundak, Masing-masing air terjun tersebut indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Jadi, Anda bisa menjelajahi semuanya. Kagumi keindahannya, resapilah suasana damai dan sejuk udaranya. Temukan juga sudut-sudut terbaik untuk foto. Sekedar bermain air atau berendam juga bisa.

Berwisata ke air terjun Banyu Wana Amerta, pastikanlah sebelumnya membawa baju ganti. Sayang jika Anda tidak mencoba berenang di kolam alaminya yang berair jernih dan segar. Jika liburan Anda panjang, air terjun ini dekat banyak objek wisata alam. Bisa juga camping di area Danau Buyan atau Danau Tamblingan.

Harga Tiket Masuk Banyu Wana Amertha
credit: instagram.com/dheartha_

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai tempat wisata baru, fasilitas wisata di air terjun Banyu Wana Amertha Buleleng masih belum benar-benar memadai. Fasilitas yang ada pun cenderung seadanya, berbahan bambu, kayu, dan ban. Aksesnya cukup bagus. Toilet dan gazebo juga ada. Area parkir kendaraan berjarak 500 meteran dari air terjunnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 20K
Biaya ParkirIDR 3K-5K
Note: tiket masuk dalam daftar tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu
Jam Operasional Banyu Wana Amerta : Setiap hari, pukul 08.00-17.00
Fasilitas Wisata Banyu Wana Amerta Buleleng
credit: instagram.com/putra_ariwibawa

Rute ke Air Terjun Banyu Wana Amertha

Dari Denpasar, wisata air terjun ini berjarak kurang lebih 65 kilometer. Atau, sekitar 1,5-2 jam perjalanan berkendara. Apabila berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, jaraknya sekitar 75 kilometer atau sekitar 2 jam lebih durasi berkendara. Jika dari Singaraja, hanya 17 kilometer atau 35 menit.

Rutenya mudah, Anda bisa memanfaatkan Google Map dan memakai rute ke Pura Ulun Danu Beratan di kawasan Bedugul. Jarak dari Danau Beratan ke air terjun ini kurang lebih 11 kilometer. Ketika tiba di Puncak Wanagiri, ikuti arah ke Asah Gobleg lalu ke Bhuasana Sari dan belok ke kanan sekitar 3 kilometer.


EmoticonEmoticon