Beranda
Budaya
Destinasi Wisata
Jakarta
Jakarta Timur
Taman Mini Indonesia Indah - Fasilitas, Harga Tiket, Jam Buka

Akan selalu ada hal menarik di Jakarta. Jadi, datang dan jelajahi objek wisata yang ada di sana. Sebuah ide bagus jika memulainya dari tempat wisata legendarisnya. Wisata di Kota Tua Jakarta, bergembira di Dufan Ancol atau ke Ocean Dream Samudra. Dan pastikan juga, mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Jika tujuan Anda adalah Taman Mini Jakarta, lokasinya berada di Jakarta Timur. Aksesnya mudah dan banyak opsi transportasi umum. Namun, sebelum benar-benar berlibur ke TMII Indonesia, lanjutkan dulu membaca artikel ini untuk memperkaya informasi, terkait wahana, daya tarik, jam buka, serta harga tiket TMII.

Daya Tarik Taman Mini Indonesia Indah

Menempati luas area kurang lebih 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta hadir sebagai kawasan wisata bertemakan budaya Indonesia. Tempat ini menjadi miniatur yang merangkum kebudayaan suku-suku daerah. Beraneka rupa produk seni dan budaya tersaji secara tematik dalam bingkai yang rekreatif.

Selain berbagai aspek kekayaan alam budaya Indonesia, wisatawan juga bisa menyaksikan pemanfaatan teknologi modern di sini. Dengan harapan menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air, ide Taman Mini Indonesia dicetuskan Ibu Tien Soeharto di tahun 1970. Dibangun tahun 1972 dan diresmikan 20 April 1975.

Dengan kawasan yang luas, area Taman Mini Jakarta juga mencakup danau arsipel yang unik. Di tengah danau tersebut terdapat gambaran kepulauan Indonesia. Selain itu, di kawasan Taman Mini Indonesia juga terdapat berbagai museum, taman rekreasi dan hiburan, taman flora dan fauna, hingga taman monumental.

Anjungan Adat Daerah

Anjungan Daerah merupakan salah satu daya tarik utama Taman Mini di Jakarta. Tempat di mana pengunjung bisa menyaksikan beragam arsitektur bangunan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Ada sekitar 33 Anjungan Daerah mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia, untuk mewakili lambang kesatuan.

Menariknya, desain tiap rumah adat di TMII tetap menyesuaikan bangunan aslinya, baik ukuran, susunan ruangan, bentuk atap, ragam hias, hingga detail lainnya, seperti tangga dan jendela. Bahkan, ada juga rumah tradisional yang dipindahkan langsung dari daerah asal. Rumoh Aceh Cut Meutia adalah contohnya.

Anjungan Daerah tidak hanya mencakup arsitektur bangunannya saja. Ruangan rumah adat di TMII Jakarta juga menjadi tempat pameran dan peragaan berbagai benda bersejarah, pakaian adat, dan benda kesenian. Termasuk juga hasil kerajinan dan benda-benda budaya lainnya yang merupakan warisan bangsa.

Ragam Museum TMII

Selain Anjungan Daerah, di Taman Mini Indonesia Indah pengunjung juga bisa menjelajahi berbagai museum. Ada Museum Transportasi, Museum Minyak & Gas Bumi, Museum Perangko, Museum Penerangan, Pusat Peragaan IPTEK, Museum Listrik & Energi, Museum Olah Raga, Museum Keprajuritan, serta Museum Pusaka.

Ada juga Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Telekomunikasi, Museum Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal, Museum Asmat, Museum Timor Timur, Museum Hakka Indonesia. Lalu ada Museum Serangga & Taman Kupu, serta Museum Fauna Indonesia Komodo & Taman Reptil. Dan yang paling terkenal, Museum Indonesia TMII.

Hiburan dan Rekreasi

TMII juga mencakup beberapa tempat wisata dengan wahana rekreasi. Di sini ada Istana Anak-Anak Indonesia, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D'Motion, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark dan Taman Legenda Keong Emas.

Taman Flora dan Fauna

Tidak hanya Museum Serangga dan Museum Fauna Indonesia Komodo, terkait dengan fauna di TMII juga terdapat taman flora dan fauna. Berbeda dengan museum fauna yang koleksi satwanya dalam kondisi diawetkan, taman fauna di sini lebih mirip kebun binatang. Hewan-hewan di taman fauna dalam kondisi hidup.

Taman fauna di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah antara lain Taman Bekisar, Taman Reptilia, Taman Burung, Taman Kupu, dan Dunia Air Tawar. Selain taman fauna, di TMII Jakarta juga terdapat beberapa taman flora. Di antaranya ada Taman Apotik Hidup, Taman Melati, serta Taman Legenda Keong Mas.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk TMII

Dengan luas area yang mencapai 150 hektar dengan beberapa tempat wisata di dalamnya, jam buka dan harga tiket masuk di TMII pun sangat beragam. Harga tiket pintu masuk serta tiket masuk ke tempat rekreasi dan museum pun berbeda, termasuk jam operasionalnya masing-masing. Berikut adalah rinciannya:

Tiket Masuk Taman Mini Indonesia

Tiket Pintu MasukIDR 25K
Parkir MobilIDR 20K
Parkir Bus/TrukIDR 40K
Parkir MotorIDR 15K
Parkir SepedaIDR 5K
  • Harga di atas berlaku Senin-Jum'at, Sabtu-Minggu, hari libur
  • Perorangan (3 Tahun sudah dikenakan biaya)
  • Hari Senin-Minggu Jam Operasional Pintu Masuk TMII 06.00-18.00

Harga Tiket Masuk Tempat Rekreasi

SnowBay Water ParkTutup
Istana Anak-Anak IndonesiaTutup
Theater IMAX Keong EmasSabtu-Minggu 
Umum /BiasaIDR 35K
VIP /BalkonIDR 60K
Film 4K Umum/BiasaIDR 35K
Film 4K VIP/BalkonIDR 60K
Taman Legenda Keong EmasSenin-Jumat (10.00-17.00)IDR 30K
Sabtu-Minggu, Hari Libur (10.00-18.00)IDR 30K
Petualangan DinosaurusIDR 30K
Mata LegendaIDR 20K
Nirwata KisarIDR 20K
Kapal Bajak lautIDR 15K
Kereta BeosIDR 15K
Ulat SelurIDR 15K
Anak TirtaIDR 25K
Kereta LayangSenin-Jumat (09.00-16.30)IDR 50K
Sabtu-Minggu, Hari Libur (08.30-18.00)IDR 50K
Kereta GantungSenin-Jumat (09.00-16.30)IDR 50K
Sabtu-Minggu, Hari Libur (08.30-18.00)IDR 50K
Kereta Api MiniSenin-Jumat (09.00-17.00)IDR 20K
Sabtu-Minggu, Hari Libur (09.00-18.00)IDR 25K
*) Usia 2 Tahun dikenakan 1 Tiket
Teater 4 DimensiTutup
Sabtu-Minggu, Hari Libur (09.00-17.00)IDR 25K
Sky WorldSenin s/d Kamis (09.00-17.00/*Jumat Libur)Tutup
Sabtu-Minggu, Hari Libur (08.00-17.00)IDR 80K/Pax

Harga Tiket Masuk Museum di TMII

Museum IndonesiaIDR 15K
Museum KeprajuritanIDR 4K
Museum Prangko IndonesiaIDR 5K
Museum PusakaIDR 10K
Museum TransportasiIDR 5K
Museum Listrik dan Energi BaruIDR 10K
Museum TelekomunikasiTutup
Museum Olahraga NasionalIDR 2K
Museum AsmatIDR 10K
Museum Timor-TimurIDR 5K
Pusat Peragaan IPTEKIDR 27.500
Museum Minyak dan Gas BumiTutup
Museum PeneranganBebas Biaya
Bayt AL-QUR'AN dan Museum IstiqlalIDR 5K (Lokal)
IDR 10K (Turis)

Tiket Masuk Flora dan Fauna TMII

Dunia Air Tawar dan Dunia SeranggaIDR 35K
Taman Burung dan Taman BekisarIDR 30K
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman ReptiliaIDR 25K
Harga tiket masuk, jam buka, dan tutup tidaknya objek wisata TMII yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi update harga tiket terbaru, jam operasional terkini, Anda bisa lihat dengan mengunjungi situs resmi TMII. Akses tautannya, DI SINI.

Fasilitas dan Lokasi Taman Mini Jakarta

Sebagai destinasi wisata, salah satu yang populer dan terkenal di Indonesia, fasilitas Taman Mini Indonesia sangat lengkap dan memadai. Saking banyaknya, fasilitas wisata TMII pun terbagi menjadi 4 kategori, yakni hotel dan restoran, toko kerajinan dan galeri, persewaan gedung, serta fasilitas transportasi umum.

Lokasi: JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Peta